Evaluasi Feature News

Selamat malam Bandung! Di malam yang dingin ini saya ingin menuliskan mengenai pertemuan Magangers Kantor Berita ITB yang ketiga kalinya. Pertemuan ketiga ini (09/10/10) ternyata membahas mengenai artikel yang kami (para magangers) buat untuk tugas 2 dan briefing/penjelasan untuk tugas 3.

Sebelum memulainya, saya (juga) ingin bercerita sedikit mengenai proses input tugas feature news sebelumnya tentang Layanan Produksi Multimedia (LPM) ITB.  Penulisan artikel itu sebenarnya sudah selesai dan sudah dipost di WordPress dari siang hari dengan deadline pada malam harinya pukul 22.00 WIB. Namun saya ternyata lupa untuk mengirim artikel tersebut melalui email. Pada akhirnya malam hari 10 menit sebelum deadline saya setelah selesai evaluasi kegiatan kaderisasi di himpunan langsung mengirimnya.

Keesokan pagi harinya, merupakan pertemuan ketiga. Disinilah cerita dimulai..

Evaluasi, [n] penilaian: hasil — itu hingga saat ini belum diperoleh (Kamus Besar Bahasa Indonesia). Evaluasi menurut saya merupakan salah satu langkah yang sangat perlu dilakukan ketika suatu tindakan selesai dilaksanakan. Jika diibaratkan dalam suatu acara, briefing-eksekusi-evaluasi merupakan satu paket penting yang tidak dapat dipisahkan.

Hal tersebut juga berlaku sama saat saya menulis sebuah artikel (feature news) untuk tugas kedua ini. Sebelum mengerjakan, kami dibriefing pembagian tugas oleh senior di Kantor Berita. Saat ingin menulis artikel, kami eksekusi langsung dengan wawancara narasumber terkait. Hingga ke tahap paling akhir saat artikel tersebut sudah ditulis, maka biasanya sebelum dipublish diperlukan sebuah evaluasi terlebih dahulu. Biasanya artikel dievaluasi dengan cara diedit oleh pemimpin redaksi.

Berhubung tugas kali ini tidak dipost di web itb.ac.id, maka artikel yang kami buat dievaluasi sesudah kami publish di web masing-masing. Banyak evaluasi yang saya dapatkan pada pertemuan kali ini. Evaluasi tersebut antara lain:

  • Artikel yang saya buat ternyata terlalu panjang pada tiap paragrafnya. Solusinya sebaiknya tiap artikel kurang lebih terdiri dari 400 kata dan tidak lebih. Jika terlalu panjang, gunakan sub-judul.
  • Judul dibuat lebih menarik, akan lebih baik jika berjudul “E-Learning yang Berhasil di Indonesia” namun saya kurang setuju karena nanti judul akan tidak nyambung dengan isinya yang lebih berkaitan dengan LPM ITB.
  • Jangan lupa dan takut untuk memasukkan quote-quote dari narasumber karena hal itu akan lebih menghidupkan sebuah artikel.
  • Penting, saat penulisan artikel dilarang keras untuk mencampurkan fakta yang ada dengan opini dari penulis artikel tersebut. Sebisa mungkin dihindari. Coba sampaikan lewat pernyataan-pernyataan dari narasumber.
  • Tata bahasanya diperhatikan lagi, seperti penulisan jabatan, kurangi penulisan kata dalam bahasa inggris, ringkas padat dan penting, penulisan narasumber sebaiknya nama lengkap, format penulisan tanggal dan waktu, kalimat formal, dan lain-lain.

Sejujurnya saat artikel saya dievaluasi, saya sangat takut. Namun dari evaluasi inilah saya akan mendapat pembelajaran agar ke depannya artikel yang saya buat dapat lebih baik lagi. Amin.

Di akhir pertemuan, kami para magangers diberikan tugas ketiga, yaitu meliput acara Pasar Seni ITB 2010 (1o/10/10) dan hasil beritanya akan dipost di itb.ac.id. It’s huge guys, really. Jujur saja, pas mendengar akan dipublish di web, saya sangat merasa tidak siap karena kemampuan saya yang saya rasa masih kurang. Namun setelah dibriefing dan ternyata diberi pembimbing, rasa percaya diri saya kembali hadir. Partner saya dalam mengerjakan tugas ini adalah Fikri dan pembimbingnya adalah Nofri.

Harapan saya setelah mengikuti pertemuan ketiga ini, semoga untuk peliputan di Pasar Seni ITB 2010 besok dapat berjalan dengan lancar dan saya dan rekan-rekan magangers dapat menulis artikel untuk web itb.ac.id dengan baik, amin.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s