Berita Profil dan Orbituari

Minggu keempat saya magang di Kantor Berita ITB. Ada yang berbeda pada pertemuan kali ini. Saya dan teman-teman tidak menerima SMS Jarkom yang biasa dikirim di malam sebelumnya. Maka, Sabtu pagi hari saya masih bingung, apakah tetap ada pertemuan atau memang tidak ada. Ternyata pertemuan tetap diadakan. Terlambat! Menjadi kata yang sangat cocok untuk menggambarkan diri saya di pagi hari ini.

Diawali dengan keterlambatan, begitu saya masuk ruangan di Gedung Annex Lantai 3 ini. Saya langsung duduk dan diberi kertas, dan pop! Ternyata magangers langsung disuruh merubah tampilan artikel di itb.ac.id yang tadi formatnya wawancara menjadi berita profil. Tanpa arahan yang belum jelas (karena saya telat) dan teori mengenai berita profil yang tidak saya ketahui sama sekali saya pun mengarang seenak hati saya, hehehe..

Selama kurang lebih 20 menit kami menuliskan berita profil tersebut. Setelah itu baru direview kembali mengenai berita profil. Ternyata ada beberapa yang harus diperhatikan dalam membuat berita profil, yaitu:

  • Berita profil harus menggambarkan profil pemimpin institusi, bukan institusi yang dipimpinnya.
  • Berita profil harus menggambarkan visi dan misi dari si pemimpin tersebut.
  • Berita profil termasuk berita fitur jadi harus dalam penulisannya.
  • Selain itu seperti berita yang lainnya, judul harus sesuai, resmi, dan menarik, dalam alinea pertama terdapat kalimat pendahuluan, sebaiknya diberi 2-3 subjudul, lebih baik terdapat kisah-kisah menarik atau pengalaman pemimpin tersebut, dan yang terakhir penutup.

Selain berita profil, pada hari ini kami juga diajarkan mengenai berita orbituari, yaitu berita mengenai orang penting yang sudah meninggal, yang harus mencakup pendahuluan, penjelasan lebih dalam, penjelasan mengenai siapa dia, track recordnya apa, dan testimoni mengenai orang tersebut.

Agenda selanjutnya adalah membahas mengenai peliputan dan artikel Pasar Seni ITB 2010. Setelah sharing mengenai kesulitan dan pengalaman yang didapat, dilanjutkan dengan evaluasi artikel yang telah kami buat. Kebanyakan yang dievaluasi sama, yaitu berita terlalu sedikit dan kurang dikembangkan. Selain itu juga kesalahan-kesalahan yang kami buat lebih bersifat teknis seperti format penulisan tanggal, nama, program studi, dan lain-lain.

Sebenarnya saya berharap evaluasi yang diberikan bukan hanya mengenai format-format kata dan sebagainya, namun lebih ke alur artikel yang dibuat, isinya, dan berbagai hal lainnya yang lebih melihat isi dibanding teknis. Karena kalau format dapat dipelajari dan diingat sendiri, namun kalau pembuatan alur dan sebagainya lebih melihat kemampuan si penulisnya.

Di agenda terakhir, kami diberi tugas untuk membuat berita profil dari pemimpin-pemimpin di civitas akademika ITB. Setelah dibagi-bagi tim dan narasumbernya, pertemuan kali ini pun usai. Oia, dan kami semua magangers diundang untuk makan-makan pada hari Kamis. Namun sialnya, hari tersebut saya ada les bahasa inggris di TBI. Semoga artikel saya selanjutnya dapat berkembang lebih baik dan semoga pas nanti nyusul makan-makannya tidak terlalu telat, amin!

One thought on “Berita Profil dan Orbituari

  1. iya sih…
    kita nya juga mau ngomentarin alur, isi, dan yang sejenisnya (ga teknis doang)… tapi gimana ya,,,

    terlalu banyak yang mau dievaluasi sih, jadinya bingung sendiri. hehehe (becanda).

    Itu akan jadi masukan bagi kita.
    Twank you

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s