Pasar Seni ITB 2010: Kolaborasi Berbagai Universitas dalam Museum Masa Depan

BANDUNG, itb.ac.id – Berawal dari keinginan mengingatkan yang terlupakan, bahwa museum bukan hanya tempat untuk menyimpang barang-barang kuno namun juga sebagai salah satu bagian dari kehidupan masyarakat. Pada hari pelaksanaannya (10/10/10), Pasar Seni ITB 2010 menghadirkan wahana Museum Masa Depan yang bertempat di Gedung CC Barat. Karya-karya yang dipamerkan dalam museum ini merupakan kolaborasi dari berbagai universitas di Pulau Jawa, antara lain Institut Seni Indonesia (ISI) dan Universitas Paramadina yang tentunya diseleksi oleh Jodi Setiawan, mahasiswa jurusan Seni Grafis ITB 2006 yang berlaku sebagai kurator di museum ini.

Sejumlah 42 karya yang ditampilkan dalam Museum Masa Depan ada banyak bentuknya, dari lukisan-lukisan, patung, video mapping catatan kuratorial, instalasi-instalasi, dan masih banyak lagi. Mahasiswa dari ISI banyak yang mengirimkan lukisan-lukisan dengan tema SNI, sedangkan mahasiswa dari Universitas Paramadina mengirimkan karya dengan bentuk instalasi radio-radio kecil. Selain dari kedua universitas tersebut, ada banyak karya yang dibuat dari mahasiswa-mahasiswa FSRD ITB sendiri, antara lain, instalasi ‘The Body Shop’, lukisan, dan instalasi dari mixed media, seperti instalasi ‘Dahaga Kawula Muda’ dan ‘Privacy‘. Mahasiswa jurusan Arsitektur ITB dari IMA-G pun turut menyumbang karya dalam bentuk maket dari stereofoam. Karya tersebut berjudul ‘Tree of Hope‘.

Dari banyak karya tersebut, ada satu karya dari mahasiswa Design Produk yang cukup menarik perhatian pengunjung. Karya tersebut berbentuk kotak dengan lubang yang bisa diintip. Dari lubang tersebut kita dapat menyaksikan sebuah film lengkap dengan suaranya. Karya tersebut membuat antrian yang cukup panjang di sepanjang lorong Gedung CC Barat ITB.

“Walaupun sepertinya kurang teroganisir untuk mengantri masuk ke Museum Masa Depan. Tapi karya-karyanya bagus sekali! Sangat entertaining dan enjoyable. Jadi gak rugi walaupun mengantrinya lama.” Ujar Tiara Rahmayanti Kesuma, salah satu pengunjung dari jurusan Teknik Sipil Universitas Pelita Harapan (UPH) yang sudah jauh-jauh datang dari Jakarta ke Bandung untuk menikmati Pasar Seni ITB 2010.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s