Herry Dharmawan: Bergerak Bersama Rakyat Menuju Kemandirian Indonesia

BANDUNG, itb.ac.id- “Terbangunnya Pondasi KM-ITB Secara Sinergis dan Harmonis yang Bergerak Bersama Rakyat Menuju Kemandirian Indonesia” itulah yang menjadi visi Herry Dharmawan, yang terpilih sebagai Presiden KM-ITB Periode 2010-2011.

Petikan pertama dari visi yang dibawa Herry yaitu membangun pondasi yang baik didasari dari analisis kondisi keadaan kampus saat ini. Tahun ini merupakan tahun pertama kepengurusan KM-ITB berhubungan dengan Rektorat ITB yang baru. “Membangun pola komunikasi dan koordinasi yang baik antara KM-ITB dengan Rektorat ITB merupakan langkah awal yang harus saya lakukan dalam mencapai visi saya,” ujar Herry saat diwawancarai Kantor Berita USDI.

 

Tanggung Jawab dan Regenerasi

Herry sangat sadar bahwa dia sebagai Presiden KM-ITB memiliki tanggung jawab yang sangat besar untuk meneruskan kepengurusan dengan lebih baik lagi. “Masih banyak yang harus diperbaiki lagi dari kepengurusan sebelum-sebelumnya untuk ke depannya,” ujar Herry setelah berbagi pengalaman bersama Presiden KM-ITB periode-periode sebelumnya. Baik itu dari sistem pendokumentasian, keuangan, sampai manajerial.

Untuk memperbaiki hal tersebut, Herry akan mengatasinya dengan “Bangunlah Jiwanya, Bangunlah Raganya.” Presiden KM-ITB akan memperbaiki sistem kaderisasi untuk ‘membangun jiwanya’ dan membangun sistem manajerial yang baik untuk ‘membangun raganya’.

 

Tetap Optimis

Waktu kuliah yang semakin padat, informasi yang kurang tersampaikan, dan budaya yang berbeda-beda. Ketiga hal itulah yang menurut Herry menjadi tantangan dalam mencapai visinya. Walaupun sulit dan banyak hambatan, mahasiswa dari Program Studi Aeronautika dan Astronautika ITB angkatan 2006 ini mengaku optimis untuk dapat mencapai visinya tersebut. Menurutnya visi dia masih dapat dicapai, karena ada penekanan pada kata ‘menuju’. Dia mengakui bahwa untuk mencapai kemandirian Indonesia tidak bisa langsung, namun ada prosesnya yaitu untuk yang sekarang adalah berusaha membangun karakter mahasiswa. Apalagi didukung juga oleh keadaan kampus yang menurutnya cukup kondusif.

Banyak hambatan yang dilalui oleh Herry secara pribadi selama menerima amanah menjadi Presiden KM-ITB hingga sekarang, baik itu hambatan internal maupun eksternal. Namun untuk menjawab tantangan dan hambatan yang telah disebutkan sebelumnya, Herry sendiri berupaya untuk mendekatkan diri dengan masa kampus. Selain itu Herry tidak bekerja hanya sendiri, melainkan ada menteri-menterinya yang siap mendukung Herry untuk menjawab tantangan tersebut.

 

Sinergis dan Harmonis

Seluruh civitas akademika ITB memiliki banyak perbedaan, seperti unit dan himpunan. Namun perbedaan tersebut tidak menghalangi Herry untuk mensinergisasikan dan mengharmonisasikan satu ITB. Walaupun memang berbeda-beda, namun keseluruhannya saling melengkapi untuk mencapai tujuan bersama, menuju kemandirian Indonesia.

Untuk mencapai hal tersebut mahasiswa jaman sekarang seharusnya tidak lagi berpikir untuk sekedar menjadi mandor-mandor peradaban, tetapi juga sebagai solusi dari permasalahan yang ada di Indonesia. “Bergerak Bersama Rakyat” menjadi salah satu solusi konkrit.

 

Pengabdian Masyarakat untuk Bergerak Bersama Rakyat

“Bergerak Bersama Rakyat” akan menjadi slogan yang sering digaungkan selama satu tahun ke depan. Herry melihat sekarang mahasiswa semakin lama semakin jauh dari masyarakat, padahal mahasiswa itu sendiri termasuk bagian dalam masyarakat tersebut. Oleh karena itu,  ada 4 program kerja dari Divisi Pengabdian Masyarakat yang Herry tonjolkan, yaitu revitalisasi gelap nyawang, desa mitra, rumah belajar, dan ganesha rescue. Keempatnya tidak dapat berhasil dijalankan jika tidak ada hubungan yang harmonis antara KM-ITB, himpunan mahasiswa jurusan, unit, dan rektorat.

 

Untuk ke depannya Herry tentunya berharap KM-ITB lebih baik lagi dari tahun ke tahun. “Selain itu gerakan mahasiswa juga harus semakin inovatif dengan berupaya untuk membangun bangsa. Sudah saatnya gerakan mahasiswa berubah format. Saya ingin KM-ITB memberi contoh dan menjadi pelopor bagi pergerakan mahasiswa ke depannya.”

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s