Mathematical Challange Festival V: Matematika untuk Semuanya (1)

BANDUNG, itb.ac.id- Serangkaian acara Mathematical Challange Festival (MCF) V telah sukses diselenggarakan oleh HIMATIKA ITB pada 1-2 November 2010. Dengan tema “Math for All” acara dwitahunan yang telah dilangsungkan sejak 2002 ini ingin memperlihatkan bahwa matematika banyak diaplikasikan di kehidupan sehari-hari.

Konten acara yang berlangsung selama 2 hari ini dilaksanakan di beberapa tempat. Adapun konten acara MCF V terdiri dari Pembukaan dan Penutupan, Kompetisi Matematika Tingkat SMA dan Sederajat Se-Indonesia, Pameran, Seminar Pendidikan, Pelatihan Software, dan Simposium.

Sebuah tarian saman dari Aceh menjadi pembuka dari acara yang juga merupakan bagian dari pra-event Dies Emas HIMATIKA ITB. Acara pembukaan dilanjutkan dengan peresmian acara oleh Dr. Pudji Astuti (Dekan FMIPA ITB), Dr. Janson Naiborhu (Ketua Program Studi Matematika ITB), dan terakhir Ketua MCF V, yaitu Anggamukti Budi mahasiswa dari program studi Matematika ITB angkatan 2007.

Setelah acara pembukaan selesai, acara dilanjutkan dengan Seminar Pendidikan yang bertajuk “Teaching for Learning Mathematic” di Auditorium IPTEKS Campus Center Timur ITB pada pukul 09.00-11.15 WIB. Seminar ini bertujuan untuk membangkitkan semangat mengajar guru matematika agar siswa dapat lebih mudah memahami materi yang diberikan. Pembicara yang hadir adalah praktisi pendidikan yang ahli di bidangnya, yaitu Dr. Wono Setya Budhi (Dosen Matematika ITB) dan Dr. Lucia Retno Mursitolaksmi, M.Si . M.Sp.Ed. (Dosen Psikologi Pendidikan UI).

Diselingi istirahat selama kurang lebih 2 jam, Pelatihan Software “LATEX” diadakan di Laboratorium Komputasi Matematika ITB pada pukul 13.00-15.00 WIB. Pada pelatihan software ini, peserta akan diajarkan bagaimana cara peggunaan Latex yang sangat membantu untuk menuliskan persamaan-persamaan matematika pada tugas dan Tugas Akhir bagi mahasiswa, serta untuk membantu guru menuliskan materi ajar sekolah dan menuliskan soal ujian.

Selain itu terdapat acara Pameran “Math Expo” yang memamerkan karya-karya pemodelan mahasiswa Matematika ITB, permainan rubik, tangram, pentomino, wahana ular tangga, alat peraga matematika dan Techno Presenter Competition antar himpunan di ITB. Pameran ini ditujukan untuk umum. Bertempat di Lapangan Basket Campus Center Barat ITB, pameran ini dibuka selama 2 hari.

Tidak tanggung-tanggung, MCF V yang memang bertujuan untuk mengenalkan matematika ke seluruh Indonesia ini mengadakan kompetisi matematika tingkat SMA dan sederajat se-Indonesia. Kompetisi yang diikuti oleh 14 provinsi ini sudah mengadakan seleksi daerah dari bulan Mei hingga seleksi pusat yang diadakan pada 1-2 November 2010.

Acara pada hari kedua disambut dengan Simposium yang bertema “How does Mathematics Solve a Problem?”. Bertempat di Aula Timur ITBdengan 4 pembicara yaitu, Desimon (Managing Partner PT Simetri International dan Sekretaris Himdasun), Fetra Syahbana (IBM Country Manager Systems & Technology), Dr. Ir. Yanif Dwi Kuntjoro M.S. (Mayor Laut dari Staf Badan Penelitian dan Pengembangan Kementerian Pertahanan RI), dan Franz Dirgantoro (President Director J.O Executive Search). Simposium ini ingin merubah paradigma bahwa lulusan Matematika cenderung menjadi akademisi dan juga ingin menunjukkan bagaimana lulusan matematika menjawab permasalahan yang ada.

Acara yang persiapannya telah memakan waktu lebih dari 8 bulan ini ditutup pada 2 November 2010 dan bertempat di Aula Timur ITB dari 19.00-21.00 WIB. Dalam acara penutupan ini, seluruh elemen yang terkait dengan acara MCF V berkumpul menikmati jamuan Gala Dinner, penampilan dari unit dan band, serta pengumuman pemenang kompetisi matematika tingkat SMA dan sederajat se-Indonesia MCF V.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s