Vendor Hunting: Decoration Pt. 1

Hi! Sudah lama tidak update blog ini, niat awalnya sih ingin rajin berbagi setiap ada kemajuan, tetapi apa daya, karena saya masih bekerja kantoran dan sering dinas ke luar kota, jadi hanya bisa mempersiapkan pernikahan saat akhir pekan. Kebetulan kemarin saya dan calon datang ke Wedding Celebration Festival 2015 di JCC Senayan, targetnya adalah vendor dekorasi! Let the hunt, begin!


 

Evlin Decoration

Vendor dekorasi satu ini sebenarnya sebelum kami berkunjung ke booth-nya di pameran, saya sudah saya coba kontak sebelumnya lewat email dan whatsapp namun tidak ada respon sama sekali. Pertama kali dengar itu dari forum Female Daily di thread wedding bells, katanya hasilnya bagus dan rapi dengan harga yang (masih) reasonable.

Saat kami mampir ternyata Evlin Decoration itu salah satu tenant yang paling besar dan megah booth-nya. Marketing-nya juga banyak jadi kami tidak perlu menunggu lama untuk konsultasi. Kami ditangani oleh Mbak Melly (0818179060), tidak langsung oleh Ci Evlin. Kami ambil paket pernikahan di Royal Kuningan Hotel yang di dalamnya sudah ada dekorasi standar, Evlin Decoration ternyata sudah punya paketnya. Jika tidak upgrade, berikut beberapa item dekorasi yang sudah termasuk dalam paket:

  • Pelaminan satu dimensi dengan kain.
  • Standing flower 6 buah dan karpet merah.
  • Wedding gazebo sederhana.
  • Area galeri foto sederhana tanpa backdrop.
  • Backdrop kain untuk entertainment.
  • Area keluarga dan VIP pagar dengan bunga meja.
  • Area penerima tamu termasuk meja angpau.
  • Semua item dekorasi menggunakan artificial flowers.

Kami iseng bertanya untuk upgrade ke fresh flowers itu berkisar IDR 5.000.000 – IDR 10.000.000. Dari portofolio yang kami lihat, ada beberapa model pelaminan dari kain yang sudah cocok dan pengaturan lighting-nya juga cukup elegan, kami tidak ada rencana untuk upgrade ke pelaminan dua atau tiga dimensi (anti-styrofoam, ceritanya ala ala go-green karena kerja di bidang lingkungan hidup). Sayangnya contoh pelaminan tersebut tidak bisa kami foto kalau belum deal, portofolio di situsnya belum terlalu lengkap dan tidak ada akun instagram yang aktif. Sepertinya perlu buat janji langsung dengan Ci Evlin jika ingin konsultasi atau lihat hasil portofolionya.

Ruko Metro Kencana VII Blok Q No. 27
Sunter, Jakarta Utara (Sebelah Apartmen Metro)
Ph. (021) 65835823, 0816831440, 085888186878
evlin.decor@yahoo.co.id / info@evlindecoration.com


 

Grasida Decoration

Tidak banyak yang bisa diceritakan. Sebenarnya vendor ini sudah menyediakan berbagai paket dekorasi (tidak tergantung venue) yang harganya disesuaikan dengan tipe pelaminannya. Harga paketnya dimulai dari IDR 90.000.000 hingga ratusan juta (sejujurnya langsung pusing saat lihat harganya). Setelah menjelaskan konsep dekorasi yang diinginkan (banyak item yang sebenarnya tidak kami perlukan), akhirnya Mbak Anita dari tim Grasida Decor menyebutkan bahwa minimal order di Grasida Decor adalah IDR 45.000.000. Tipe-tipe hasil dekorasinya mirip dengan Evlin Decor. Saya rasa kalau harganya semahal itu, lebih baik ke Evlin Decor.

Ph (021) 56957045, 081932888186 (Anita), 081210676169 (Melinda)
grasida@windowslive.com


 

Pisilia Decor

Vendor kedua terakhir yang dikunjungi, karena saya sudah bosan berulang-kali menjelaskan konsepnya, akhirnya ganti calon saya yang jelaskan. Kami berkonsultasi dengan Mbak Irene, kesan pertamanya kurang humble, mungkin karena sudah malam dan hari terakhir pameran juga kali ya. Portofolionya seperti Evlin Decor juga, dengan harga yang reasonable juga, sepertinya masih satu kelas dengan Evlin Decor. Tidak banyak juga yang bisa diceritakan karena saya pribadi kurang sreg juga. Tetapi Mbak Irene janji akan kirim quotation dari konsep dekorasi yang kami inginkan dalam minggu ini, kita lihat saja nanti.

Ph. (021) 51497019, 087884672518 (Irene), 0811821298 (Lia)
pisilia.decoration@yahoo.com


 

Mwangi Decor

Jika vendor lain, wedding consultant-nya itu perempuan, kalau di Mwangi Decor, berbeda, semuanya laki-laki. Kami disambut dua orang yang keduanya super bersemangat saat menjelaskan Mwangi Decor. Again and again, nothing much to say terkait vendor ini. Setelah kami jelaskan konsep dekor, mereka janji kirim quotation harga sesuai konsep dalam waktu minggu ini.

Jl. Sulaiman Dalam (Samping Pusat Promosi Bunga)
Rawa Belong, Jakarta Barat
Ph. (021) 53660836, 081574777888 (Hendra)
hendra@mwangi.com


 

Swan Decoration

Ketemunya sama Mbak Cynthia, baik dan ramah sekali orangnya. Kalau deal di pameran dapat bonus dekorasi untuk holy matrimony atau tea pai reception. Di sini kami mendapat banyak insight tentang harga-harga standing flower dan dance floor. Dance floor dengan melanin putih, lebih mahal daripada yang dari kayu coklat. Sama seperti vendor dekorasi yang lain, Mbak Cynthia janji mengirimkan quotation harga setelah pameran selesai melalui email.

Green Bay Pluit Apartment Tower F 10 BG
Ph. 081323332931
theswandesign@gmail.com


 

Arlia Design

Sejujurnya saya agak lupa ini vendor dekorasi yang seperti apa. Saya ada kartu namanya namun lupa momen saat konsultasi di pamerannya. Saya sepertinya konsultasi dengan Mbak Liana (081315091509). Walaupun lupa, tapi vendor ini ternyata yang pertama kali kontak saya by phone, sayang sekali saya lagi meeting.

Ratu Nusantara Building 3rd Floor
Jl. Musi No. 36, Jakarta
Ph. (021) 3512686, 0816854578 (Ardi)


 

Airy Designs

Pada awalnya sangat segan untuk berkonsultasi dengan vendor ini. Selain sudah sangat tersohor, kalau dari portofolio instagramnya terlihat sangat mahal sepertinya. Apalagi semenjak Airy Designs menjadi vendor dekorasi pernikahan salah satu artis terkenal (try googling, Andien-Ippe Wedding). Pertama kali berkunjung, semua tim-nya sedang full menangani calon pengantin lain. Akhirnya kami keliling ke yang lain dulu, sampai untuk yang kedua kali berkunjung, kami bertemu dengan Mbak Dwi (081288809880). Oia, menurut saya pribadi, dekorasi booth Airy Designs paling juara di WCF 2015. Elegan sekali, cantik, rapi, dan terlihat ‘dekat’ dengan pengunjung karena memberikan kesan yang nyaman, agak sulit menjelaskannya, tetapi ya begitu deh…..

Mbak Dwi pada awalnya menunjukkan foto-foto portofolio Airy Designs, saya sih sudah percaya sajalah, hasilnya pasti bagus. Jadi kami tidak terlalu lama melihat portofolionya. Mbak Dwi kemudian membuka file excel dari laptopnya, lalu setelah kami jelaskan konsep dekorasi yang diinginkan, Mbak Dwi mulai menginput ke file template tersebut. Jadi Mbak Dwi menyesuaikan dengan permintaan yang kami ajukan. Perhitungannya transparan sekali, per area dan per item dapat terlihat harga satuan dan totalnya, karena kuantitasnya dapat kita ubah sesuai kebutuhan. Untuk satu item dengan tipe dan ukuran yang berbeda pun harganya nanti langsung menyesuaikan.

Vendor ini sangatlah customized, saat dicoba perhitungannya, angka dekorasi dari Airy Design mencapai IDR 100.000.000 rupiah. Ternyata mahalnya di pelaminannya. Untuk yang ingin menggunakan Airy Designs, tetapi dengan budget yang terbatas, mungkin bisa tanpa pelaminan dengan konsep wedding yang mingle. Enaknya, Airy Designs bisa hanya dekorasi area foyer saja, atau foyer dan vip, dan lainnya, pokoknya sangat dapat disesuaikan kebutuhan deh. Kami sendiri sudah menyampaikan konsep dan ide-ide kami, nanti Mbak Dwi juga akan mengirimkan quotation-nya. Saya dan calon jatuh hati dengan vendor ini. Semoga nanti tidak terlalu bengkak harganya. Aamiin.

Jl. Gunawarman No. 30, Kebayoran Baru
Jakarta Selatan


 

Arvore Decoration

Paket dekorasi yang ditawarkan mulai dari harga IDR 75.000.000 dengan detail 4 unit meja penerima tamu, 2 unit meja souvenir, 1 photo booth corner, 1 wedding gate, 8 standing flowers, 1 rose petal carpet, 1 wedding stage, 1 mini garden, 1 music stage, 1 screen frame, 5 vip tables, 2 handbouquets, 20 unit corsages, 1 unit tea pay room, 1 unit bride’s room. Bisa tambah pohon, lighting, ice sculpture, atau kain penutup sesuai permintaan. Nothing much to say, kami hanya sebentar disini.

Ph. (021) 53665368, 0818906090 (Antonius), 0818902616 (Lucy)
arvore.wedding@yahoo.com / arvore.office@yahoo.com


 

Dalang Indonesia

Ketemu vendor yang satu ini cukup lucu karena sebenarnya tidak terdaftar dalam peta pameran, jadi saya tidak tahu kalau mereka ikut pameran. Awalnya saya sudah sempat tahu dari instagram, bagus hasilnya, tapi sebenarnya bukan style saya saja, mereka tipenya lebih yang natural, tradisional, kayu, hijau, tanaman, dan seperti itu. Sedangkan konsep dekorasi saya ingin yang sederhana minimalis namun elegan, klasik dengan nuansa warna putih, cream, dan rose-gold.

Kebetulan diarahkan oleh Rose Arbor Seserahan untuk berkonsultasi ke vendor ini. Saat kami ke sana, ternyata tim-nya lagi keluar. Akhirnya kami hanya meninggalkan nama dan kontak di buku tamunya. Saat saya sedang istirahat untuk solat di lantai bawah, Mbak Maya dari Dalang Indonesia whatsapp saya, katanya mereka sudah kembali ke booth. Selesai solat, saya kembali ke Dalang Indonesia untuk yang kedua kalinya, ternyata (lagi), Mbak Maya dan tim sedang keluar untuk solat. Gagal ketemu sudah dua kali. Akhirnya kami keliling dulu ke vendor dekorasi yang lain. Sebelum kami solat lagi ke bawah, berbekal rasa penasaran, kami coba datang lagi ke Dalang Indonesia, kalau gagal lagi, ya sudah lah, beda tipe juga dekorasinya.

Alhamdulillah, ternyata usaha yang ketiga berhasil. Mbak Maya dan Mas Ucha dari Dalang Indonesia juga orangnya baik dan ramah sekali. Mungkin karena masih muda, mereka juga menangkap ide kami dengan baik. Kami yang kesulitan mengkomunikasikan keinginan kami terkait pelaminan dari kain yang sederhana namun elegan, dijawab sudah oleh gambar-gambar yang ditunjukkan dari telepon genggam Mas Ucha.

Setelah beberapa lama konsultasi, mereka katanya bisa saja mengerjakan dekorasi dengan tema dan konsep yang kami sampaikan. Mbak Maya berpesan untuk kirim contoh gambar dari Pinterest yang sudah saya simpan melalui whatsapp. Dunia memang sempit, Mbak Maya dan Mas Ucha ini juga ternyata senior kami, mereka lulusan Arsitektur ITB 2004. Oia, sebenarnya sebelumnya saya sudah request for quotation di Royal Kuningan by email. Harganya mulai dari IDR 108.000.000 hingga IDR 128.000.000 tergantung tipe pelaminannya dari gebyok atau styrofoam. Paket tersebut baru termasuk area penerima tamu, jalur salaman, dan area pelaminan. Harganya lagi-lagi bikin sakit kepala. Semoga nanti saat Mbak Maya sudah kirim harganya sesuai dengan konsep yang kami inginkan, tidak over budget buat kami, semoga dapat diskon junior-senior juga. Aamiin.

Jl. Sawah Lunto 45, Manggarai, Jakarta
Ph. 0818778926
contact@dalang-indonesia.com / info.dalang@gmail.com


 

Image Decoration

Target utama kami (saya lebih tepatnya, hehe) datang ke WCF 2015 adalah untuk konsultasi dengan vendor ini. Berdasarkan hasil analisis saya, Image Decoration merupakan salah satu vendor yang paling sering disebut oleh para penghuni forum Female Daily. Kelasnya ditengah-tengah, bukan yang super mahal atau super murah juga. Hasilnya, tidak perlu ditanya. Saya sudah sering berkunjung ke akun instagram-nya, setiap ada gambar yang baru diunggah, saya selalu unduh untuk dijadikan referensi.

Sebelumnya, saya sudah sempat kontak dengan Ko Ivan pada September lalu saat belum dapat venue, katanya harganya mulai dari IDR 50.000.000 dan biasanya sudah dapat yang standar seperti pelaminan, area penerima tamu, area galeri foto, area vip, dan area musik. Ko Ivan meminta untuk memastikan dahulu tempatnya karena beda tempat akan beda harga. Setelah saya deal dengan Royal Kuningan Hotel sebagai venue pernikahan nanti, saya langsung kontak Ko Ivan lagi melalui whatsapp, namun yang balas jadi bukan Ko Ivan, melainkan Ci Lendy. Quotation harga dekorasi di Royal Kuningan Hotel mulai dari IDR 80.000.000 (semua item dekorasi menggunakan fresh flowers).

  • Pelaminan (model custom).
  • Kursi pengantin 1 set.
  • Karpet panggung dan mini-garden.
  • Standing flowers 6 buah dan karpet rose petals.
  • Area galeri foto, backdrop dengan meja konsul.
  • Wedding gazebo ukuran 3×3 m atau 2 pohon.
  • Area penerima tamu, backdrop, 3 buah meja angpau dengan bunga.
  • Backdrop kain untuk entertainment.
  • Area keluarga dan VIP dengan 3 buah rangkaian bunga.
  • Backdrop area ruang tea pai (lokasi di hotel).
  • Handbouquet & corsage pengantin (mawar).
  • Corsage keluarga 15 buah.
  • Bingkai screen 1 buah.

Harganya lumayan ya, untuk hitungan acara yang hanya (kurang lebih) 4 jam saja. Saya sudah konsultasi dengan orang tua dan sepertinya over budget jika harus sampai sebesar itu. A little bit sad, because this vendor is my first choice. Tapi, ya secara logika memang sayang uangnya juga sih. Dengan berbekal harga awal yang cukup mahal tersebut, saya sebenarnya tidak memiliki ekspektasi apa-apa saat konsultasi di booth-nya Image Decor.

Saat pertama kali masuk WCF 2015, kami langsung menuju booth Image Decoration. Setelah menunggu antrian kurang lebih 15 menit, akhirnya kami ditangani oleh Ci Tammy. Menjelaskan konsep dekorasi yang agak sedikit berbeda sesuai dengan keinginan orang tua saya, Ci Tammy dengan cepat menangkap idenya dan membuat sketsa di atas denah Royal Kuningan yang saya bawa. Saya juga menunjukkan gambar-gambar ide dan detail dekorasi yang saya simpan dari Pinterest. Ci Tammy kemudian bertanya tentang budget, dan kami sambil tertawa dengan ‘lempeng’ menyebutkan budget yang bahkan kurang dari setengah harga yang awalnya diusulkan oleh Ci Lendy. Pada akhirnya, katanya Ci Tammy nanti akan ‘coba’ disesuaikan misalnya campur antara penggunaan artificial dengan fresh flowers dan sebagainya. Dalam minggu ini, Ci Tammy akan kirim proposed budget dengan kebutuhan yang sudah disesuaikan, semoga harganya masuk dan disetujui oleh orang tua dan calon mertua. Aamiin.

Jl. Prof. Supomo SH, Komp. Bier No. 1-E, Jakarta Selatan 12870
Ph. (021) 8294400, 08170754943 (Lendy), 08161488962 (Tammy)
lendy.image@yahoo.com / imagelinggar@gmail.com


 

Kesimpulannya sebelum bertemu vendor dekorasi, ada baiknya sudah jelas konsep, tema, dan nuansa warna yang diinginkan, jangan lupa bawa layout venue karena menurut kami, itu sangatlah membantu! Simpan contoh gambar-gambar inspirasi atau referensi  dan detail dekorasi yang kamu inginkan (bisa dari Pinterest, Instagram, atau apapun) dalam satu folder, kalau saya, biar mudah, saya unggah ke blog ini, jadi kemarin saya berulang kali menunjukkan salah satu halaman dari blog ini. Praktis!

Just my two-cents, jika budget-nya terbatas, ternyata campur menggunakan artificial flowers dengan fresh flowers cukup memangkas biaya dekorasi lho!

19 thoughts on “Vendor Hunting: Decoration Pt. 1

  1. Shintamichiko, emang evlin decoration emang rekanan sm RK yaaa? Aku cuma dikasi daftar rekanan 5 ajaaa 😦 Amazing grace, indo dekor, tiara dekor, white pearl sama little angel.. Seriously yg aku tau cuma whitepearl hahahahaha.. Indo dekor byk bad review 😦

    Like

    1. Nah dari RK sebenernya gak dikasi tau ada Evlin, tapi pas aku ke pameran aku tanya ternyata dia ada paketnya.. Ada yang ga perlu upgrade. Tapi kalau mau upgrade aku ada pricelistnya ni utk di Royal Kuningan, ada email kamu kah?

      Like

      1. Hai boleh minta pricelistnya utk dekor royal kuningan? Dan apakah diroyal kuningan package dekor yg didapat harus diupgrade?luxndy@gmail.com
        Thanks yaa

        Like

      2. pricelist dekor royal kuningan dari vendor yang mana mbak? soalnya ada bbrp. iya paket yang dari royal kuningan harus diupgrade lagi yaa 🙂 tapi sesuai selera sih, kalau merasa cukup sih sbnrnya oke oke aja..

        Like

      3. thanks responnya,,, vendor dekor dari image decoration dan kalau boleh minta 2 vendor lainnya yg ga terlalu mahal tp bagus aja 🙂

        Like

      4. Kayanya dlu sih belum rekanan, gak tahu kalau sekarang. Aku gada mbakk yang barunyaa. Bs langsung kontak ke mba sylvi aja ya

        Like

      1. wohhh makasih dear.. iya gpp kok, akhirnya aku gak jadi deal sm dia, heu… aku akhirnya deal sama image dekorrr. kamu bagaimanaa?

        Like

      2. Aku belom deal sm siapa2 nihh shintamichicko, baru ketemunya sama white pearl soalnyaa.. So far, white pearl oke sih dari harga dan performance nya, kmrn itu aku liat dia perform di ritz carlton dan rapiii gituu, apalagi rose petal nya bersihhh.. Ehiya boleh email-in penawaran image dekor nya ga shinta kalo ga keberatan hehe.. Email aku bLqis_6591@yahoo.com.. Kalo kamu mau email penawaran dr white pearl aku juga ada nihhh

        Like

      3. Iyaa sudah aku terima ya shintamichikooo.. Thankyouuu yaa.. Haha haruss itu, kalo uda deal sama vendor uda deh jangan liat yg lain2 lagi.. Kamu nikahan bentar lagi yaa? Sukses yaaah semoga acara lancar tanpa hambatan!

        Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s