Vendor Hunting: Wedding Organizer

Pencarian vendor kali ini merupakan titah dari orang tua saya yang tidak ingin merepotkan keluarga dan saudara saat acara pernikahan nanti. Mereka ingin agar keluarga menikmati acara saja, tidak repot kesana kemari untuk mengurusi acara. Awalnya, I’ve no idea at all mengenai vendor yang satu ini maka mulailah saya mencari beberapa kandidat, sumber utama saya itu dari thread The Wedding Bells di Forum Female Daily.

 

Bantu Manten (Vita 081298571003)

Tahu vendor ini dari sahabat saya yang tahun lalu baru saja menikah. Berhubung dia menikah di Pondok Indah Lestari yang harus mengambil paket all in one, terpilihlah paket dari Bantu Manten oleh sahabat saya. Waktu tahun lalu, saya tidak begitu memperhatikan performanya sebenarnya, karena belum ada rencana menikah. Sepertinya sih acara jalan lancar-lancar saja. Kalau tidak salah sempat ada sedikit pembengkakan biaya di luar harga paket karena perlu tambah ini itu.

Saya mulai kontak-kontakan dengan Mbak Vita dan kesan pertama, sigap sekali, whatsapp saya hampir selalu dibalas dengan cepat. Saya dan keluarga calon juga sempat bertemu di salah satu open house wedding venue di bilangan Fatmawati. Mereka memiliki banyak paket pernikahan termasuk wedding planing di berbagai tempat. Kalau mau tinggal kontak mereka, sebutkan tipe venue yang diinginkan dan perkiraan jumlah undangan, nanti mereka akan rekomendasikan tempat-tempatnya. Nah, setelah dihitung-hitung, keluarga saya lebih condong untuk mengurus semuanya sendiri dan hanya memakai jasa wedding organizer hanya pada hari acaranya saja. Dipikir-pikir selera orang kan berbeda-beda, takutnya kalau pakai perantara yang menjelaskan ke vendor, maksud konsep dan ide yang tersampaikan akan berbeda.

Sayangnya, harga yang ditawarkan untuk mengatur acara full day dimulai dari IDR 25.000.000. Kalau tidak salah jika lengkap dengan wedding planning-nya, bisa mencapai IDR 40.000.000. Out of budget sekali. Dengan terpaksa, vendor ini tercoret dari list.

 

Serenity Wedding Organizer (Irene 08568855624)

After I read the review from this blog. I’ve tried to contact them as well by whatsapp.  Sayangnya sudah full-booked untuk April 2016. Harganya IDR 10.000.000 untuk full day service dengan tim yang turun sebanyak 6 orang. Nothing much I can say for this vendor, tapi bisa baca review dari blog lain itu helpful sekali..

 

Mawar Prada (Ambar 0818725465)

I know this vendor from instagram. Keluarga sangat suka dengan konsep pernikahannya Gista & Wishnutama. Mulailah saya menelisik, siapa vendor yang mengorganisir acara pernikahan mereka, ternyata dari Mawar Prada. Saya coba kontak lewat nomor yang ada di instagram kalau tidak salah dengan Mas Ario, tetapi agak slow respond untuk urusan organizer, sepertinya Mas Ario yang menangani dekorasi, jadi Mawar Prada ini juga ada jasa untuk dekorasinya. Pada akhirnya saya minta kontak Mbak Ambar dan minta tolong untuk dikirimkan proposal penawaran untuk pengaturan pernikahan selama satu hari penuh. Harganya ternyata lagi-lagi di luar budget, yaitu IDR 30.000.000. Belum sempat ketemu sih, tapi dengan terpaksa (lagi), coret dari list.

 

Sekar Lestari (Rini 085779074407)

I knew this vendor from this post. Lalu saya mulai menelusuri akun instagramnya dan pada awalnya bertanya untuk dekorasi acara pelamaran. Dikarenakan oleh adanya kebutuhan untuk wedding organizer saya sekaligus menanyakan tentang jasa wedding organizer. Kami akhirnya bertemu dengan Mbak Rini, di Pondok Indah Mall dan presentasinya cukup menarik. Walaupun lebih banyak orang tua saya yang berbincang dengan Mbak Rini. Harga yang mereka tawarkan mulai dari IDR 12.500.000 untuk acara setengah hari, lalu IDR 15.000.000 untuk acara satu hari penuh dari pagi hingga malam dengan tim yang turun kurang lebih 10 orang. Orang tua saya memiliki permintaan khusus mengenai penghulu, intinya untuk pengurusan berkas, memastikan kedatangan penghulu, sampai antar dan jemput penghulu kalau memang dibutuhkan. Untuk permintaan ini ada charge tambahan lagi yaitu sebesar IDR 2.500.000 (katanya termasuk juga biaya ‘ekstra’ untuk penghulu). Totalnya jadi IDR 17.500.000 untuk mengakomodir kebutuhan kami. Still on the list.

 

FLOrganizer (Fransisca 08567123200)

I’ve get to know this vendor from Female Daily Forum. Saya bertemu dengan Mbak Sisca kemarin (08/12) di Plaza Senayan. Janjinya pukul 17.30, tetapi saya terlambat dikarenakan oleh kemacetan Jakarta yang sangat gila (besoknya libur ditambah dengan hujan). Untung ibu saya sudah sampai duluan, jadi pertemuan tersebut bisa langsung dimulai tanpa saya. Walaupun terlambat, Mbak Sisca sangat baik, tetap menunggu saya dan dengan sabar menjelaskan kembali dari awal. Saya merasa sangat klik untuk berbicara dengan Mbak Sisca ini, mungkin karena seumuran.

Dengan harga IDR 11.000.000 (lagi promo dari harga aslinya IDR 13.800.000) untuk wedding organizer full day dengan tim yang turun kurang lebih 7-8 orang, Mbak Sisca memberikan banyak bonus tambahan seperti confetti, dekorasi kamar pengantin sederhana, gratis peminjaman kimono, bantal cincin, dan lainnya. Mbak Sisca juga bisa antar jemput penghulu jika dekat, namun jika jauh ada biaya tambahan sebesar IDR 500.000. Untuk pengurusan dokumen sepertinya kurang berpengalaman, ibu saya kurang percaya untuk hal ini. But anyhow, this vendor is definitely still on my list!

 

Kunci Kastil (Mike 08119725665)

Tidak terlalu banyak ekspektasi saat bertemu vendor ini. Dari awal hanya bertanya ala kadarnya lewat whatsapp, dan Mas Mike ini mengajak saya untuk bertemu. Akhirnya kami bertemu sore tadi (09/12) di Central Park, saya ditemani ibu saya yang menyusul di tengah pertemuan. Tak disangka, ibu saya jatuh hati dengan vendor ini, katanya presentasinya impresif dan menjanjikan. Masih muda dan enerjik, cepat menangkap konsep yang kami inginkan, namun tidak terlalu muda. Kata ibu saya ini penting supaya bisa berhadapan dengan keluarga besar dan vendor lain.

Penawaran harga yang diberikan oleh Kunci Kastil adalah IDR 4.500.000 untuk half day dan IDR 7.500.000 untuk full day dengan tim yang turun kurang lebih 7-8 orang. Kurang lebih yang ditawarkan sama dengan vendor yang lain. Perbedaan yang sangat terlihat sebenarnya ada di pick up wedding stuff, menurut saya ini sangat berguna sekali, karena biasanya cukup repot untuk mengurus transportasi mengantar souvenir dan lainnya. Tambahannya lagi, pengurusan berkas ke penghulu, antar dan jemput free of charge! Mereka juga mau menerima permintaan-permintaan tambahan di luar proposal yang mereka berikan. For service and price like that? Definitely on my (and my mom) list!

 

Setelah bertemu dengan beberapa vendor di atas, saya lebih nyaman dengan FLOrganizer karena orangnya asyik-asyik dan sangat nyambung plus banyak bonus, ibu saya lebih cocok dengan Kunci Kastil, dan bapak saya dengan Sekar Lestari (karena bapak saya khawatir tentang urusan dengan penghulu itu), nah lho beda semua. Sepertinya kami tidak akan cari-cari vendor lain lagi untuk wedding organizer, dan akan memutuskan satu dari tiga opsi pilihan tersebut. I will update this post after I deal with one of these vendors.

2 thoughts on “Vendor Hunting: Wedding Organizer

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s