Vendor Hunting: The Rings

Pencarian cincin tunangan dan kawin ini cukup memakan waktu yang lama. Sebenarnya mungkin tidak lama sih, tapi belum menjadi fokus kami. Pada awalnya kami hanya ingin ada cincin kawin saja, tidak perlu ada cincin tunangan, takut double lagi biayanya. Tetapi, memang dasar wanita, saat liat inspirasi cincin dari Pinterest, banyak contoh cincin tunangan yang ditumpuk (a.k.a stacking rings) dengan cincin kawin, biasanya modelnya solitaire sebagai engagement ring dan listring sebagai cincin kawinnya. Jatuh cinta seketika. Dimulailah pencarian cincin kawin mulai dari toko yang di mall dan toko emas biasa.

 

Untuk kalian yang lebih suka beli emas di mall, berikut beberapa toko yang saya survey, yaitu: Frank & Co, Miss Mondial, dan The Palace. Ketiga toko ini masih satu perusahaan. Miss Mondial versi menengah, sedangkan The Palace merupakan versi yang paling terjangkau. Untuk pembelian cincin kawin di toko emas di mall, lebih ekonomis pilih yang modelnya sudah tersedia. Jika ingin buat sesuai selera, biaya minimumnya sangat tinggi, kalau tidak salah sekitar IDR 40.000.000 di ketiga toko. Saya dan calon sempat mampir ke Frank & Co di Pondok Indah Mall, harganya hmmmmmm… Lumayan, berkisar IDR 10.000.000 hingga IDR 20.000.000 untuk sepasang cincin kawin.

Untuk Miss Mondial, harganya di bawah itu, dan lagi bisa ada diskon 10%. Ada cincin solitaire yang menarik hati dengan berat emas 1.84 gram dan total berlian 0.097 crat dihargai IDR 5.720.000, harga tersebut belum termasuk diskon 10%. Saya waktu itu dilayani oleh Mas Dean (082112712461) di Miss Mondial Mall Taman Anggrek. Sebenarnya saya juga sempat mampir ke Miss Mondial di Trans Studio Mall, bertemu dengan Mbak Novi (087847277779), orangnya sangat baik, saya pertama kali berkonsultasi lama tentang cincin dengan Mbak Novi ini. Awalnya saya datang ke Miss Mondial karena baca kalau tidak salah bisa buat cincin dengan berlian warna merah muda di sini, namun setelah ditanyakan ke bagian produksi, harganya sangat membengkak, jadi mari lupakan impian pakai cincin rose-gold dengan berlian merah muda, hehe.

Sedangkan di The Palace, harganya sangat sangat sangat (sampai tiga kali) terjangkau. Satu buah cincinnya ada yang IDR 3.000.000-4.000.000, ya walaupun berliannya memang kecil sih, hanya sekitar 0.1 carat. Tapi di The Palace bisa dapat potongan lagi sebesar IDR 300.000 untuk pembelanjaan minimal IDR 5.000.000 dengan promo dari BCA. Saya dilayani oleh Mbak Orin (08561122067) di The Palace Mall Taman Anggrek. Cincin listring model D15000814 (1.40 gram emas + 22 butir berlian total 0.122 crat) yang saya taksir dihargai IDR 5.980.000 dan cincin solitairenya model D15002305 (1.30 gram emas + 0.056 crat berlian) IDR 4.000.000 (keduanya belum diskon 10% dan dipotong IDR 300.000). Kelebihan beli cincin di The Palace, after service-nya sangat menjanjikan, seperti resize dan chrome gratis selamanya.

 

Toko Mas Kaliem

No review needed sebenarnya (versi toko emas bukan di mall). Tinggal googling langsung keluar semua pengalaman para bride-to-be dalam hunting cincin kawin di Kaliem. I just want to wrap up a bit. Tokonya ada dua, di Blok M Square (khusus cincin kawin) dan di Melawai Plaza (perhiasan selain cincin kawin). Modelnya banyak sekali dan beragam, sayang tidak boleh difoto. Jika tidak menemukan yang cocok, bisa buat sesuai model yang diinginkan. Bahan cincin bisa dari perak, paladium, emas kuning, emas putih, hingga rose-gold. Harga emasnya saat saya kesana IDR 420.000 per gram, belum termasuk ongkos buatnya. Nah, ongkos buat cincin di Kaliem itu dihargai pergram, dan proses tawar menawar dilakukan disini. Saya waktu itu dihargai IDR 630.000 per gram kalau tidak salah. Setiap pembelian cincin kawin akan mendapatkan bonus kotak cincin yang dapat dipilih sesuai ketersediaan stok. Menurut saya pelayanan di Blok M Square sangatlah baik, mau bertanya dari a-z tetap dilayani, berbeda dengan toko yang di Melawai Plaza. Saya tanya harga cincin solitaire dan listring, mereka hanya menjawab sekitar sekian (tidak menyebutkan harga pasti, mungkin dikira cuma iseng tidak akan beli kali ya..) dan lagi, mereka tidak terima pembuatan cincin berlian di bawah 0.3 crat. Walaupun toko ini sangat terkenal dengan kualitas yang baik dan murah, namun saya rasa harganya masih belum masuk budget, coret dari daftar.

 

Sebenarnya saya juga keliling ke toko emas lain di bilangan Melawai dan Blok M, antara lain: Toko Emas Diamond (Blok M Square), Toko Emas Central (Plaza Melawai), dan Toko Mas Sumber Riau (Melawai). Mohon maaf tidak akan banyak cerita mengenai toko-toko tersebut karena kurang sreg dengan pelayanannya, harganya juga rata-rata hampir sama dan tidak jauh berbeda. Ada juga toko emas di Cikini yang terkenal (sudah saya seleksi dari berbagai ulasan di blog-blog wedding preparation), antara lain Toko Emas Menteng Prada, Toko Emas Suki, dan Toko Emas Kenanga. Namun saya tidak sempat mampir ke Cikini. Saya akan langsung mengulas tentang vendor terpilih untuk cincin kawin, yaitu Toko Mas Menteng!

 

Toko Mas Menteng

Awalnya cari toko ini di dalam Plaza Melawai, tidak ketemu. Lalu saat mau kembali ke tempat parkir saat selesai keliling-keliling, tiba-tiba terlihat persis di depan mobil saya. Hahaha, tidak sadar, sepertinya pas tutup saat saya datang karena mungkin itu saat waktunya Shalat Jumat. Saya dilayani oleh Mas Fandi, orangnya baik sekali. Harga emasnya IDR 365.000 per gram belum termasuk ongkos buat. Ongkosnya berbeda-beda per cincin tergantung model, tapi hanya dihitung satu kali buat, bukan per gram seperti Kaliem! Dari harga emas dan ongkos buatnya yang jauh berbeda dari Kaliem, langsung deh, happy saat dengar harganya. Berhubung calon tidak boleh pakai emas, saya juga bertanya harga untuk cincin perak. Cincin perak dengan berat total 5 gram dihargai IDR 450.000, murah! Padahal di toko lain di Melawai dan Blok M, harga perak per gram-nya rata-rata IDR 150.000. Cincin dengan spesifikasi yang saya inginkan dihargai IDR 2.200.000 (cincin solitaire dengan berat emas 2.5 gram dan berlian 0.1 crat) dan IDR 2.000.000 (cincin listring dengan berat emas 1.5 gram dan berlian 22 buah total 0.1 crat).

 

Last choice, if you really don’t have time for hunt the wedding ring, you can surf to orori or nagma jewels to buy it online. Saran saya tetapi lebih baik beli di tokonya sih, bisa langsung coba dan lihat cocoknya bentuk dan warna apa.

 

I did the math. Saya membandingkan spesifikasi berat emas dan crat berlian yang sama di tiga toko, yaitu di The Palace, Orori, dan Toko Mas Menteng (sebenarnya saya juga membandingkan dengan Toko Emas Sumbar Riau, tetapi harganya ratusan ribu lebih mahal daripada Toko Mas Menteng, jadi tidak saya tuliskan).

  • Cincin model solitaire: Orori IDR 4.567.000 (1 gram emas + 0.1 crat), The Palace IDR 4.000.000 (detail menyusul), Toko Mas Menteng IDR 2.200.000 (2.5 gram emas + 0.1 crat).
  • Cincin model listring tanpa list: Orori IDR 5.659.000 (1.5 gram emas + 24 butir total 0.15 crat), The Palace IDR 5.382.000 (1.38 gram emas +22 butir total 0.105 crat), Toko Mas Menteng IDR 2.000.000 (1.5 gram emas + 22 butir total 0.1 crat).

 

Finally, we went with the cheapest one, yaitu Toko Mas Menteng. Mungkin memang kualitas berliannya berbeda, seperti clarity (tidak VVS1, dapatnya VVS2) dan colornya (F), tapi karena saya termasuk yang bukan suka pakai perhiasan, saya rasa tidak perlu yang mahal-mahal. Saya kembali mengunjungi toko tersebut saat weekend dengan calon. Setelah proses pilih memilih dan tawar menawar yang cukup lama, kurang lebih satu jam akhirnya kami memutuskan untuk membeli tiga cincin disana.
1. Solitaire Ring (Engagement Ring): 2.5 gram emas putih + berlian 0.2 crat = IDR 4.200.000
2. Plain Band with Flat Profile (His Wedding Ring): 5 gram perak campur paladium = IDR 1.140.000
3. Listring Ring without List (My Wedding Ring): 1.5 gram emas putih + 10 butir berlian total 0.13 crat = IDR 2.500.000

 

If you notice, he decided to give me 0.2 crat diamond solitaire ring rather than the 0.1 crat one! Happy day! Katanya saya cengar-cengir terus semenjak pulang dari toko emas hingga makan malam. Terima kasih banyak bnb!

 

Other references for hunting the wedding ring! Happy hunting!
http://insanity-love-wedprep.blogspot.co.id/2014/09/beli-cincin-di-toko-emas-menteng.html
http://ismuqori.blogspot.co.id/2015/05/hunting-wedd-ring.html

 

8 thoughts on “Vendor Hunting: The Rings

    1. Halo maaf baru dibalas, rapi kok mbak, sesuai ekspektasi walaupun telat 1 minggu, tp msh dalam waktu yg aman 🙂

      Like

  1. Mbak hasil cincin di Toko Mas Menteng nya gmn? Aku kmrn dari sana juga tapi masih ragu karena yang layanin lempeng banget hahahah

    Like

    1. Kaliem kan di dalem gedung, ini Toko Emas Menteng di luar gedung nya, di pojokan kok, deket parkiran luar, deket gedungnya jg, tapi masih satu area (sama-sama masuk parkirnya). Kontaknya Mas Fandi ada di kartu nama saya simpen di Indonesia mbak, saya kebetulan skrg lagi studi di UK. Maaf ya, nanti pas lagi ke Indo coba aku carikan.

      Like

    1. Hasil cincinya belum sempat saya post, nanti kalau sempat saya post + saya review, tapi bagus sekali kok hasilnya rapi.

      Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s