Vendor Hunting: Kotak Seserahan

Setelah ‘cuti’ lama dari mengurus persiapan nikah, akhirnya mulai lagi.. Sekarang bagian perintilan, yaitu untuk kotak seserahan! Vendor yang terkenal di instagram itu seperti @byperabot, @rose_arbor_seserahan, @atelier.seserahan, @attila_seserahan. Sebenarnya saya ingin sekali memakai vendor @byperabot, tapi mahalnya mak, mulai dari IDR 350.000 hingga IDR 750.000 per tray, per tray/box yah teman-teman, bukan per set. Sedangkan @rose_arbor_seserahan juga sewanya mulai dari IDR 175.000 per tray. Akhirnya saya mengurungkan niat untuk memakai vendor-vendor tersebut. Jadilah selagi sempat saya mengunjungi Pasar Mayestik (lagi), untuk mencari-cari kotak seserahan yang ekonomis. Hehehe. Lokasinya di Plaza Mayestik (di dalam area Pasar Mayestik) yang gedung baru itu lho, lalu turun saja satu lantai dari sana, langsung banyak bertebaran toko-toko kotak seserahan. Saya keliling ke semua toko, literally semua toko, untuk mendapatkan referensi harga.

Harga kotaknya ternyata bermacam-macam, tergantung tipe apa yang kita mau. Tutup kotak biasa atau tutup kotak mika, bahan kotak dari kertas biasa atau dari wallpaper, tergantung pilihan itu, harganya jadi berbeda. Beberapa harga yang saya ingat, misalnya satu set kotak seserahan (isi 4 dengan ukuran yang berbeda) untuk versi polos dengan tutup kotaknya mulai dari IDR 100.000 hingga IDR 140.000. Jika tutupnya mau ditambah dengan kotak mika, biasanya tambah IDR 110.000 lagi. Sedangkan untuk satu set kotak seserahan untuk versi wallpaper harganya bisa mencapai IDR 250.000.

(Mau upload foto, tapi mager)

Oia bisa beli satuan juga dengan harga IDR 20.000 – IDR 40.000 untuk kotak versi polos. Sedangkan untuk satu set yang versi elegan seperti punya vendor seserahan di instagram itu sekitar IDR 700.000 per set. Saya juga berkunjung ke Toko Gatara Bali, untuk 1 set kotak seserahan versi bali.

(Mau upload foto, tapi mager)

Setelah berkeliling akhirnya saya memutuskan untuk membeli 2 set kotak seserahan versi wallpaper dari Toko Harapan Craft. Sempat baca blog katanya Mbak-Mbak yang jaga disana galak dan jutek sekali harga juga tidak bisa digoyang, ternyata memang benar galak di awalnya, tetapi lama-lama baik kok, dan lagi yang terpenting harganya bisa ditawar! Hahaha. Bonusnya lagi, dia memberitahukan cara-cara dan tips untuk menghias kotak seserahan sendiri, oh so happy! Harga 1 setnya dengan tutup kotak mika dari IDR 250.000 turun jadi IDR 225.000. Saya akhirnya juga beli tutup kotak yang biasa agar kotaknya dapat dipakai kembali. Untuk 1 set kotak (isi 4 buah kotak) + tutup kotak biasa + tutup kotak mika dihargai IDR 350.000. Setelah melalui proses negosiasi yang cukup lama, akhirnya saya dapat dengan harga IDR 325.000! Rejeki memang gak kemana ya.. Alhamdulillah.

Rata-rata seluruh toko disini juga menyediakan jasa hias seserahan, harganya IDR 30.000 hinga IDR 35.000 per kotak standar, untuk mukena IDR 50.000, dan untuk bed cover IDR 100.000. Tapi saya ingin coba hias sendiri jadi beli lah juga hiasan-hiasannya, berikut beberapa item yang saya beli:

  • Bunga plastik dari Toko Harapan Craft IDR 25.000 / buah
  • Kain abutai dari Toko Ikobana IDR 8.000 / meter
  • Kain tile dari Toko Maju IDR 10.000 / meter
  • Pita kertas dari Toko Maju IDR 5.000 / meter

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s