Panduan: Membuat Sertifikat Bebas TBC untuk Visa UK

Sertifikas Bebas TBC untuk syarat Visa UK hanya bisa dibuat di 4 rumah sakit yang bekerja sama dengan UKVI. Sertifikat Bebas TBC ini masa berlakunya 6 bulan, jadi sudah bisa disiapkan sebelum proses pengurusan visa (yang baru bisa dimulai H-3 bulan).  Berikut merupakan 4 rumah sakit yang bekerja sama dengan UKVI:

  1. RS Premier Bintaro
  2. RS Premier Jatinegara
  3. RS Internasional Bali
  4. RS Premier Surabaya

Kebetulan, domisili saya di daerah Bintaro Jaya, jadi panduan ini untuk di RS Premier Bintaro, namun sepertinya di rumah sakit lain juga sama seharusnya. Sebelumnya saya membaca panduan dari blog ini, kurang lebih masih sama namun ada beberapa urutan yang berbeda.

RS PREMIER BINTARO

Pendaftaran

Bisa datang langsung ke RS Premier Bintaro Unit Medical Check Up (MCU), lokasinya di sebelah Poli Anak dan di seberang restoran MM Juice, kalau tidak tahu, tanyakan Customer Service dekat Lobby. Di meja registrasinya Unit Medical Check Up, silakan informasikan bahwa ingin membuat Sertifikat Bebas TBC sebagai persyaratan Visa UK, nanti akan diberikan formulir sebanyak 5 halaman untuk diisi (ada isian alamat tinggal di UK, jika belum ada, bisa diisi dengan alamat universitas saja).

Apabila datang dari luar kota, baiknya daftar dulu lewat telepon (021) 27625500 ext. 4 untuk bagian Medical Check Up. Informasikan tujuan Pemeriksaan TBC sebagai persyaratan visa UK sesuai hari dan jam yang dikehendaki, sebutkan pula nama lengkap dan nomor telepon genggam yang dapat dihubungi (boleh daftar beberapa nama sekaligus). Saya mencoba untuk daftar dulu sebelumnya lewat telepon, tapi sangat sulit terhubung, akhirnya saya datang langsung saja.

Pada saat hari pemeriksaan, usahakan tidak sedang batuk pilek dan jangan lupa untuk membawa dokumen persyaratan, yaitu:

  1. Paspor asli (tidak perlu fotokopi)
  2. Pas foto 4×6 sebanyak 2 lembar (latar warna bebas)
  3. Biaya pemeriksaan Rp 690.000,-

Pemeriksaan

  1. Setelah formulir diisi dengan lengkap, serahkan paspor dan pas foto. Kemudian saya diberikan gelang/pita pasien, ditimbang tinggi dan berat badannya serta ditensi.
  2. Selanjutnya saya dijadwalkan untuk konsultasi dengan dokter, dokter sempat meminta paspor saya untuk dicek sebentar. Dokter hanya konfirmasi bahwa tidak sedang batuk pilek, tidak  pernah terkena TBC, tidak tinggal satu atap dengan yang terkena TBC, dan lainnya. Kira-kira konsultasi dengan dokter hanya 2-3 menit. Setelah konsultasi dengan dokter, saya mendapat surat rujukan untuk rontgen.
  3. Sesuai arahan, saya menuju Unit Radiology dan menyerahkan surat rujukan yang saya dapat dari Unit Medical Check Up, paspor kembali diminta untuk dicek sebentar.
  4. Setelah diverifikasi, saya masuk ke dalam ruang foto x-ray, ganti baju untuk dirontgen. Untuk yang rambutnya panjang, harus diikat sehingga tidak ada yang jatuh ke leher.
  5. Selesai dirontgen, kembali ke Unit Medical Check Up dan selesaikan pembayaran.

Pembayaran

Pembayaran dilakukan dengan menyebutkan untuk pembayaran Sertifikat Bebas TBC, nama panjang, serta tanggal lahir. Jangan lupa untuk ambil nomor antrian di mesin sebelumnya. Lokasi pembayarannya di kasir Poli Anak (sebelah ruang Medical Check Up), total biaya Rp 690.000,- Terakhir, mengambil hasil dengan membawa bukti pembayaran atau kuitansi asli. Pengambilan Sertifikat Bebas TBC ini tidak dapat diwakilkan karena perlu verifikasi dan ada proses penandatangan sertifikat.

Saya melakukan registrasi pada pukul 09.00 WIB dan seluruh prosedur selesai sekitar pukul 11.00 WIB termasuk waktu tunggu dan antri. Ternyata Sertifikat Bebas TBC saya bisa langsung diambil pada pukul 15.00 WIB pada hari itu juga, cepat sekali ya.

Rumah Sakit Premier Bintaro
Jl. MH Thamrin Blok B3 No.1
Bintaro Jaya Sektor 7 Kawasan Niaga
Tangerang Selatan 15224
Jam operasional: 09.00-15.00 WIB

RS Premier Bintaro dapat dijangkau dengan transportasi umum Commuter Line (turun di Stasiun Jurangmangu) dan disambung dengan layanan ojek online yang cepat dan nyaman.

RS PREMIER JATINEGARA

Langkah-langkah pembuatan Sertifikat Bebas TBC di RS Premier Jatinegara, saya kutip dari blog berikut:

  1. Daftar dulu melalui telepon 1500908 di bagian Medical Check Up untuk Tes TBC Visa UK. Dokumen yang perlu disiapkan adalah paspor asli yang masih berlaku dan pas foto 4×6 latar belakang warna biru.
  2. Begitu sampai di RS Premier Jatinegara, langsung ambil nomor antrian di lobby sebelah kiri dari arah masuk. Ambil antrian untuk bagian Medical Check Up. Setelah melakukan administrasi, pergi ke lantai 7 (Bagian Medical Check Up). Usahakan datang dari pukul 09.00 WIB karena sistem menganut first come first serve. Semakin telat, semakin lama menunggu.
  3. Hanya ada satu ruangan di Lantai 7, langsung menuju ke ruangan sebelah kanan saat keluar lift untuk bertemu perawat dan menyerahkan berkas.
  4. Isi formulir dan kuesioner mengenai latar belakang dan riwayat penyakit TBC. Tidak banyak yang perlu diisi, hanya 5-10 menit dibutuhkan untuk mengisinya. Saat mengisi lembar sertifikat harus benar-benar teliti karena itu yang akan dicetak di Sertifikat Bebas TBC, jangan sampai salah isi, terutama nomor paspor.
  5. Tunggu panggilan untuk melakukan foto rontgen dan setelah selesai konfirmasi lagi draft sertifikat apakah sudah sesuai atau belum.
  6. Setelah selesai lakukan pembayaran, simpan bukti pembayaran yang harus dibawa untuk pengambilan hasilnya.
  7. Jika pengambilan ingin diwakilkan, buat surat kuasa yang formatnya bisa minta ke perawat. Orang yang mewakilkan hanya perlu membawa surat kuasa dan bukti pembayaran.
  8. Sertifikat Bebas TBC dari RS Premier Jatinegara ini jadi satu hari setelah hari pemeriksaan. Jika tidak ditelepon oleh pihak RS karena ada hasil yang abnormal, maka hasil bisa diambil siang hari dari pukul 12.oo-15.30 WIB.

RS Premier Jatinegara
Jl. Raya Jatinegara Timur No. 85-87
Jatinegara, Bali Mester, Jakarta Timur 13310

RS Premier Jatinegara dapat dijangkau dengan transportasi umum Commuter Line (turun di Stasiun Jatinegara disambung dengan angkot biru ke arah Kampung Melayu) atau Transjakarta (turun di halte RS Premier atau Kampung Melayu) atau dengan layanan ojek online yang cepat dan nyaman.

FREQUENTLY ASKED QUESTIONS

Jika ingin membawa keluarga/dependent bagaimana?
Buat suami/istri dan anak berusia di atas 11 tahun dokumen yang diperlukan sama saja. Tesnya boleh tidak bersamaan. Tapi kalau berangkatnya bersamaan, hasil tes baru dikeluarkan kalau semuanya yang akan berangkat sudah tes juga.

Bagaimana jika dependantnya anak kecil yang belum berusia 11 tahun?
Cukup tes kesehatan saja. Tidak perlu dirontgen. Dokumennya yang dibutuhkan: (1) Paspor asli yang akan digunakan untuk berangkat; (2) Pasfoto berwarna ukuran 4×6 sebanyak 2 lembar; (3) Akte kelahiran; dan (4) Buku imunisasi.

Bagaimana jika sedang hamil?
Syaratnya tinggal ditambah surat persetujuan untuk dirontgen oleh dokter kandungan, surat persetujuan ini juga harus mencantumkan usia kehamilan. Jika memang dokter tidak setuju, ada dua opsi: (1) Lakukan sputum test (tes dahak), dilakukan di rumah sakit selama tiga hari (pagi), prosedur dan hasil tesnya cukup lama bisa 4-6 bulan, persiapkan jangka waktu yang panjang sebelum keberangkatan; (2) Meminta dokter kandungan (bisa di RS Premier Jatinegara dengan biaya kira-kira Rp 500.000,-) untuk menuliskan surat persetujuan yang menyatakan kalau rontgen boleh dilakukan dengan perisai tambahan, di RS Premier Jatinegara bisa minta perisai (double shield).

One thought on “Panduan: Membuat Sertifikat Bebas TBC untuk Visa UK

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s