INFORMASI UMUM

Aplikasi Visa UK baru bisa diajukan H-3 bulan sebelum tanggal keberangkatan. Tanggal keberangkatan maksimal bisa H-1 bulan sebelum tanggal mulai perkuliahan.Tidak seperti aplikasi Visa Korea Selatan (yang sangat jelas dokumen persyaratan yang dibutuhkan), untuk aplikasi Visa UK ini tidak ada ketentuan yang jelas (jika saya baca di websitenya).

Mengutip dari catatan di grup telegram (ditulis oleh Ayu Siantoro), berdasarkan hasil tanya jawab dengan Visa Officer UK Embassy di acara IBEC (6 Juni 2016, Jakarta), dokumen utama yang dibutuhkan untuk penerima beasiswa LPDP (belum menikah) untuk mengajukan Visa UK adalah sebagai berikut:

  1. Paspor asli dan paspor lama (jika ada)
  2. Confirmation of Acceptance (CAS)
  3. Dokumen bukti kualifikasi yang disebutkan di CAS (biasanya ijazah/dokumen lain yang spesifik disebutkan)
  4. Dokumen jaminan pendanaan (LOG/LOS dari LPDP)
  5. Dokumen bukti kemampuan berbahasa Inggris (IELTS)
  6. Sertifikat Bebas TBC
  7. Academic Technology Approval Scheme (ATAS, jika perlu)

Semua dokumen yang diserahkan harus asli dan apabila bukan dalam bahasa Inggris, harus diterjemahkan ke dalam bahasa Inggris terlebih dahulu. Terkait Akta Kelahiran dan Kartu Keluarga, sebenarnya hal tersebut tidak diperlukan dalam hal pemohon aplikasi visa yang dibiayi oleh lembaga tertentu. Kedua dokumen tersebut hanya untuk membuktikan hubungan antara orang tua dengan pemohon (dalam hal ini siswa akan dibiayai orang tua). Namun untuk penerima beasiswa LPDP yang membawa keluarga, ada persyaratan tambahan yang dijelaskan dalam Dokumen Tier 4 Policy Guidance. Daftar persyaratan dokumen untuk pengajuan Visa UK (Download):

Dokumen asli dan copy dipisah saja (jangan disteples), karena saat penyerahan dokumen, ternyata hanya akan diambil yang copy. Dokumen yang sebaiknya dibuat sebelum aplikasi visa dapat diajukan:

MENGISI FORMULIR APLIKASI VISA
  • Isi formulir aplikasi visa secara online di http://www.visa4uk.fco.gov.uk/ dengan klik ‘Register an Account’
  • Setelah log in, pilih menu ‘Apply for Myself’. Isi data diri dan pilih visa type ‘PBS Tier 4 Student’ khusus untuk Penerima Beasiswa LPDP pilih visa sub type Tier 4 (General) Student, lalu klik ‘Create Application’
  • Klik ‘Go to Application’visa-menu
  • Isi formulir aplikasi visa dengan lengkapCara pengisian bisa lihat panduan di halaman berikut Panduan: Aplikasi Visa UK (Tier 4 General Student)
  • Setelah semua data terisi, klik ‘Confirm Application’Formulir aplikasi yang sudah diisi akan ditampilkan, periksa ulang, jika ada yang salah klik ‘Return to Application’ namun apabila semua data benar klik ‘Submit Application’
  • Kembali ke halaman Home Visa Application, pilih ‘Sign Declaration’Scroll ke bagian paling bawah ke bagian mandatory information
    Signature – Isi dengan nama lengkap kita
    Date Signed – otomatis terisi sesuai tanggal aplikasi diajukan
    Kemudian klik ‘Signing Declaration’

    visa-sign2

  • Kembali ke halaman Home Visa Application, pilih ‘BRP Collection Location’Isi dengan kode pos sesuai tempat Collection BRP akan dilakukan setibanya di UK nanti, bisa diisi dengan kode pos sesuai alamat universitas atau kode pos di kantor pos terdekat dengan alamat tinggal di UK nanti. Kemudian klik ‘Confirm’

    visa-brpvisa-brp2

  • Kembali ke halaman Home Visa Application, pilih ‘Book Appointment’Select your appointment location – Saya pilih Jakarta. Opsi lainnya Surabaya/Bali
    Visa appointment type – PBS Tier 4 Student, kemudian klik ‘Next’
    Select Appointment Date and Time – Pilih sesuai keinginan

    visa-book1

PEMBAYARAN IHS & APLIKASI VISA
  • Kembali ke halaman Home Visa Application, pilih ‘Pay for IHS’Pay towards your healthcare in the UK – Bagian paling bawah klik ‘Continue’
    Given name – Isi dengan nama depan
    Family name – Isi dengan nama belakang
    Email – Isi dengan benar karena bukti pembayaran akan dikirim melalui email
    Nationality – Isi sesuai paspor
    Visa Route – PBS Tier 4 Student
    Visa Type – Tier 4 (General) Student
    Course Start Date – Isi sesuai CAS
    Course End Date – Isi sesuai CAS
    Pasport Number – Isi sesuai paspor
    Date of Birth – Isi sesuai paspor
    Setelah semua terisi klik ‘Save and Continue’ lalu masuk ke halaman selanjutnya bagian paling bawah klik ‘These details are correct’ masuk lagi ke halaman selanjutnya ‘Declaration’ klik ‘I agree’ terakhir klik ‘Pay Now’ setelah semua terisi dengan benar, klik ‘Make Payment’
  • Kembali ke halaman Home Visa Application, pilih ‘Pay for Application’visa-payment
  • Setelah selesai pembayaran IHS dan Aplikasi biasa, untuk memastikan bahwa pembayaran telah berhasil, jangan lupa untuk cek email, seharusnya ada 2 email terkait IHS dan 3 email terkait Aplikasi Visa, total 5 email dengan subject berikut:a.  Your Immigration Health Surcharge payment
    b. IHS000000000 :your immigration health surcharge reference number
    c. Visa4UK – Confirmation Of Your Visa Application Payment
    d. Visa application appointment confirmation
    e. Visa Application Confirmation Email for GWF000000000
  • Pembayaran IHS dan Aplikasi Visa dapat menggunakan kartu kredit ataupun debit yang sudah di verified dari mastercard/visa. Khusus pembayaran online melalui debit, servis ini harus diaktifkan dulu, khusus Bank Mandiri, bisa diaktifkan melalui internet banking.visa-payment4
  • Pada 7 Februari 2017, total biaya IHS (4 tahun) yang saya bayar $877.5 sedangkan untuk Aplikasi Visa biaya yang saya bayar $426.0. Sejak Januari 2019, biaya IHS per tahunnya naik dari sebelumnya £150 per tahun, menjadi £300 per tahun. Untuk program doktoral berjangka waktu 4 tahun, total yang harus dibayarkan adalah £300 x 4.5 tahun, yaitu £1350; sedangkan untuk program master berjangka waktu 1 tahun, total yang harus dibayarkan adalah £150 x 1.5 tahun, yaitu £450.
  • Batas pembayaran IHS dan Aplikasi Visa adalah 3 jam. Jika melewati dari batas pembayaran tersebut, maka jadwal appointment hangus, dan harus rebook lagi. Ada kemungkinan tanggal dan waktu yang sebelumnya tidak tersedia dapat kembali tersedia.
APPOINTMENT PENGAJUAN APLIKASI VISA
  • Usahakan hadir 10 menit sebelum jadwal appointment, biasanya dipersilakan masuk 5 menit sebelum jadwal appointment.
  • Dilarang membawa laptop ke dalam, untuk yang membawa harus dititipkan ke petugas disamping pintu masuk dengan biaya Rp 35.000,-.
  • Saat masuk, tunjukkan paspor dan lembar appointment dengan barcode. Petugas keamanan akan memberikan 2 form checklist, untuk diisi saat mengantri nanti. Telepon genggam harus disilent dan ada pemeriksaan isi tas.
  • Ambil nomor antrian dengan memberitahu ke petugas keamanan di depan pintu bahwa akan mengurus Visa UK, nanti nomor antrian diambilkan oleh petugas tersebut.
  • Setelah masuk ruangan, akan ada petugas di balik meja yang membantu untuk melakukan pemisahan copy dokumen persyaratan dengan diberi separator (kertas berwarna). Saat 2015 dulu saya mengajukan Visa UK juga, tidak ada tahap ini, jadi begitu masuk ruangan langsung duduk antri saja, setelah bertanya ke petugasnya memang ini tahapan baru yang dimulai tahun 2017.
  • Setelah selesai diberi separator, tinggal tunggu hingga nomor antrian dipanggil, perhatikan di layar, jangan sampai terlewat. Sambil menunggu, isi 2 form checklist yang diberikan sebelumnya, pertanyaan seputar dokumen apa yang sudah dilampirkan, tulis dengan lengkap, dan pastikan mencentang dengan tepat, jangan sampai ada yang tertinggal. Setelah dipanggil, serahkan dokumen persyaratan (hanya yang copy) ke petugas, pastikan sudah lengkap. Ternyata yang asli tidak dilihat sama sekali, tapi untuk amannya tetap dibawa saja.
  • Kalau sudah diisi, petugas akan menawarkan prosesnya mau yang regular atau prioritas. Pembuatan secara regular kurang lebih 15 hari, sedangkan pembuatan secara prioritas maksimal 5 hari kerja sudah selesai (tambahan biaya Rp 2.550.000,-hanya bisa dibayar dengan kartu kredit/debit, tunai sudah tidak bisa). Visa juga bisa dikirim dengan ekspedisi dengan biaya tambahan sebesar Rp 130.000,-.
  • Setelah selesai, petugas memberikan tanda transaksi atau tanda terima berkas serta format surat kuasa (jika pengambilan akan diwakilkan, bawa surat kuasa tersebut, fotokopi ktp yang diwakilkan dan mewakilkan). Seluruh berkas diambil oleh petugas (hanya yang copy).
  • Selanjutnya tunggu dipanggil untuk BRP Collection. Saat masuk ke ruang BRP Collection, lihat ke kamera atas selama beberapa detik (tidak boleh menggunakan kontak lensa atau kacamata), lalu pengambilan sidik jari dipandu langsung oleh petugas.
  • Setelah BRP Collection selesai, selanjutnya menunggu kembali untuk dipanggil wawancara. Wawancaranya dengan teleconference. Pertanyaannya sederhana seperti, what is your name, why do you wanna study in the UK, why do you pick this course, why do you want to go to that university. Proses selesai, tinggal tunggu hasil.
  • Appointment saya pada 8 Februari 2017 pukul 12.00, selesai semua proses 13.20 (agak lama saat menunggu wawancara).
CEK STATUS APLIKASI VISA

Proses pembuatan Visa UK adalah 15 hari kerja. Setelah 15 hari kerja, biasanya akan ada notifikasi melalui email bahwa visa telah selesai di proses, namun memang tidak diinformasikan hasil pengajuannya diterima atau ditolak. Biasanya, jika ditolak akan disertai surat yang menjelaskan alasan pengajuan visa ditolak. Apabila sudah lewat dari 15 hari kerja dan belum menerima email, bisa jadi salah input email, kalau sudah seperti ini bisa langsung datang ke VFS dan mengambil visanya.

INFORMASI PENTING & TAUTAN UNDUH CONTOH DOKUMEN

Visa yang diberikan adalah entry clearance visa / visa sementara yang berlaku 30 hari saja dari tanggal kedatangan yang dipilih. Maka, setibanya di UK, jangan lupa untuk Collect BRP (Biometric Residence Permit) di kantor pos atau universitas, agar mendapatkan Student Visa sesuai jangka waktu masa perkuliahan.

  1. Completed Visa Application (Download)
  2. Appointment Booking Confirmation (Download)
  3. Sertifikat Bebas TBC dan Radiology Report (Download)
  4. Letter of Acceptance dari University College London (Download)
  5. Email Bukti Pembayaran Visa (Download)
  6. Email Bukti Pembayaran IHS (Download)
RINCIAN BIAYA PENGURUSAN VISA TIER 4 GENERAL STUDENT (PhD)
Rincian Biaya* Jumlah (Rp)
Sertifikat Bebas TBC (RS Premier Bintaro) 690.000
Translasi Dokumen (Unggul Translator) 358.000
Visa Tier 4 General Student ($426) 5.735.006
Immigration Health Surcharge ($877.5) 11.710.238
Priority Service Visa (Opsional) 2.550.000
Total Biaya 21.043.244

*) Pengeluaran di atas belum termasuk biaya photocopy, transportasi, dan lainnya. Tips: Pada saat pembayaran Visa / IHS, JANGAN menggunakan Paypal, langsung saja menggunakan kartu kredit/debit yang nanti akan diverifikasi melalui sms, karena kalau lewat Paypal akan kena charge lagi, saya kena Rp800.000-an, sedih sekali.

FREQUENTLY ASKED QUESTIONS

Tautan penting:

Referensi lain untuk pembuatan Visa UK (Tier 4 General Student):

PETA LOKASI

VFS Global
Kuningan City Mall Lt. 2, Jl. Prof. DR. Satrio No.18, RT.14/RW.4
Karet Kuningan, Setiabudi, Jakarta Selatan 12940

19 thoughts on “Panduan: Membuat Visa UK (Tier 4 General Student)

  1. Mbak Shinta,

    Saya mau tanya soal UKVI,
    Mbak Shinta dulu mengambil tes IELTSnya kapan Mbak?
    Terkait peraturan ini :
    https://www.idp.com/global/aboutus/news/update_ielts_trf
    yang menyebutkan, bahwa untuk apply visa Tier 4, harus mengambil tes IELTS UKVI.
    Padahal saya terlanjur mengambil tes IELTS “biasa” . Jujur saya tahunya IELTS cuma 1 jenis, IELTS “biasa “, tidak ada jenis yang IELTS UKVI. Dan disebutkan bahwa di IELTS UKVI ada unique reference number.
    Padahal sejak sebelum daftar tes, saya ngobrol ke pihak IDP, bahwa saya mau kuliah lanjut S2 di UK. Dan di form IELTS application tidak ada pilihan untuk mengambil UKVI atau non-UKVI. Dan saat itu saya anggap tes IELTS semua sama saja.
    Akhirnya di TRF saya tidak ada unique reference number (UKVI number)
    Pertanyaan saya :
    Masih bisakah saya mendaftar visa Tier 4 ke UK?
    Terima kasih

    Like

    1. IELTS setahu saya sama saja mas, tidak ada yang UKVI atau NON UKVI. Ambil di British Council atau TBI gtu asal resmi ga masalah. IDP lembaga terpercaya kok, jadi bisa dipercaya. Jadi jawaban saya, bisa ya Mas.

      Like

  2. halo… saya mau tanya, saya rencana ingin kuliah di UK, dan saya di sponsori oleh kakak kandung saya. sementara saya dan kakak saya berbeda KK. bisa dibantu, dalam hal ini apa yang harus saya perbuat?

    Like

    1. Halo, setahu saya biasanya bisa disponsori oleh orang tua, saya tidak tahu apakah kakak kandung bisa menjadi sponsor atau tidak. Tapi kalau mau coba, sebaiknya sertakan KK keduanya, kan ada nama orang tuanya tuh, bakal sama kan nama ibu & bapaknya. Tetapi baiknya telepon UKVI saja untuk mengetahui apakah boleh disponsori oleh kakak kandung/tidak.

      Like

  3. Hai, Kak.
    Sangat bermanfaat tulisannya. Saya ada sedikit pertanyaan mengenai English Certificate. Saya berencana mengambil English Course di London dan di sponsori oleh Saudara saya yang tinggal di sana. Jenis visa yang akan saya ajukan adalah Short-term-study, sebagai mana penjelasan yang ada di website gov.uk, mereka menyebutkan “English language qualifications, for example certificates or awards”. Nah, apakah saya bisa menggunakan sertifikat toefl itp saya, karena di website tersebut tidak menjelaskan jenis english certificate tertentu.
    Mohon pencerahannya kak, terima kasih.

    Like

    1. Biasanya yg diperlukan ielts, toefl itp sepertiny sudah tidak bs digunakan lagi, kecuali mgkn toefl ibt kali ya.. nah tapi saya kurang tahu jg kl utk short term apakah syarat tsb wajib atau tidak, karena biasanya wajib utk tier 4 yang student..

      Liked by 1 person

  4. Hi there, thanks for your informative post!!

    Mau double check, jadi sebenarnya Kartu Keluarga + Akte Lahir itu cuma diperlukan kalau dibiayai orang tua kan? Kalau saya membiayai diri sendiri (bank statement + bank letter atas nama saya sendiri) artinya ga perlu, right?

    Lagi kesel soalnya university representative yg di jakarta (orang sini) insist kalau itu perlu untuk indonesian visa applicants.. Padahal kalau saya nanya dgn Student Adviser dari university-nya sendiri di UK, mereka bilang it’s unecessary soalnya Kartu Keluarga itu tidak tercantum di document requirements by Home Office… Yg diperlukan untuk identity proof itu hanya Passport..

    Please let me know.. I’m a bit conflicted :s

    Like

    1. Hai, maaf baru sempat dibalas. Yes betul, sebenarnya gak usah, tapi kalau mau dilampirkan ya gak masalah. Itu lebih menunjukkan hubungan kekeluargaan dengan keluarga yang mau dibawa. Kalau mau lebih fix jawabannya bisa telp ke UKVI yang berbayar itu..

      Like

  5. Halo mbak Sinta, salam kenal saya Windi. Saya berencana untuk visiting research di salah satu universitas di UK. Kalau boleh tahu, skor IELTS yang dibutuhkan untuk membuat Visa UK (Tier 4 General Student) berapa ya? Terima kasih.

    Like

    1. Hai, maaf baru sempat dibalas. UKVI (yang mengeluarkan visa UK) tidak menentukan nilai IELTSnya, tetapi standar tsb biasanya dikeluarkan oleh univ yang akan didatangi tsb.

      Like

  6. Halo Mbak Michiko,

    Terima kasih untuk penjelasannya yang super runtut dan detil 🙂 Saya ingin memastikan pernyataan ini:

    “Terkait Akta Kelahiran dan Kartu Keluarga, sebenarnya hal tersebut tidak diperlukan dalam hal pemohon aplikasi visa yang dibiayai oleh lembaga tertentu. Kedua dokumen tersebut hanya untuk membuktikan hubungan antara orang tua dengan pemohon (dalam hal ini siswa akan dibiayai orang tua). ”

    Apakah artinya sebagai penerima beasiswa (dan tanpa dependant) kita tidak perlu melampirkan akta kelahiran dan kartu keluarga?

    Terima kasih sebelumnya.

    Like

    1. Hai, maaf baru sempat dibalas. Iya, sebenarnya kalau penerima beasiswa tidak perlu. Tapi kalau mau untuk jaga-jaga silakan saja dilampirkan.

      Like

  7. Hi mb Shinta, saya Windi. Saya rencananya mau daftar tier 5 visa. Apa untuk akomodasi kita harus mencantumkan bukti akomodasi seperti tenancy agreement atau enggak ya? Terima kasih.

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s