Tips Memilih Sim Card di Inggris

Sekarang, komunikasi untuk saya itu sudah seperti kebutuhan pokok, khususnya internet. Sebenarnya ada banyak sekali jaringan telekomunikasi di Inggris, namun saya hanya akan membahas 3 provider utama yang biasanya paling sering digunakan oleh student di Inggris, yaitu Giffgaff, Three, dan EE.

Pada dasarnya ada 2 tipe kartu sim, yaitu (1) Pay monthly (pascabayar) dan (2) Pay as you go (prabayar). Pada post kali ini, saya khusus membahas yang pay as you go saja ya. Untuk tipe kartu pay as you go, mirip seperti kartu sim di Indonesia, untuk dapat aktif digunakan sebelumnya harus top up dulu (isi pulsa). Setelah top up, untuk penggunaan internet yang lebih hemat, baiknya beli paket yang sekalian sudah ada telepon, sms, dan internetnya (istilahnya pack untuk provider EE, add-on untuk provider Three, dan goodybag untuk provider Giffgaff). Berikut perbandingan paket dari ketiga provider tersebut.

THREE

Khusus untuk provider Three, ada fitur “Feel At Home” yang jika digunakan bepergian ke luar Inggris, misalnya Eropa, tidak ada biaya tambahan lagi untuk roaming. Three merupakan provider yang paling murah kuota internetnya, dibandingkan dengan kedua provider lainnya, namun walaupun begitu, di Inggris, khususnya di London sudah banyak WiFi gratis, jadi tidak perlu membeli banyak kuota. Kekurangannya, di beberapa daerah, provider Three ini sinyalnya kurang bagus. Informasi lebih lengkap terkait paket dari Three bisa dilihat di tautan berikut.

Three Add-On £5 £10 £20 £25
Data 500 MB 1 GB 12 GB Unlimited*
Minutes 100 mins 300 mins 500 mins
Texts 3000 texts 3000 texts 3000 texts
Days 30 days 30 days 30 days 30 days

*) Maximum 12GB for internet use.

Untuk paket dari Three yang “Pay Monthly” bisa dicek di tautan berikut. Bisa dibaca di bagian paling akhir, bahwa saya akhirnya memakai Three Contract Advanced Plan yang £19 per bulan (30GB Data, Unlimited Texts, 600 Mins). Jauh lebih hemat dibandingkan Three Pay As You Go £25.

EE

Khusus untuk provider EE, jika kuota dari pack telah habis, maka bisa beli tambahan kuota (add on), informasi selengkapnya bisa lihat di tautan berikut. Selain itu, semakin sering membeli pack EE, maka bisa dapat bonus lebih banyak (free boost), minimal 3 kali beli untuk paket dengan masa aktif 30 hari atau 12 kali beli untuk paket dengan masa aktif 7 hari, informasi selengkapnya bisa lihat di tautan berikut. Walaupun agak lebih mahal, untuk kualitas EE ini paling bagus, jaringannya paling kuat dan cepat, menjangkau sampai ke desa-desa kecil.

EE Pack £1 £5 £10 £15 £20 £25
Data 100 MB 150 MB 1 GB 4 GB 3 GB 4 GB
Minutes 10 mins 50 mins 100 mins 250 mins 750 mins 1000 mins
Texts 10 texts 250 texts 1000 texts Unlimited Unlimited Unlimited
Days 7 days 30 days 30 days 30 days 30 days 30 days
GIFFGAFF

Khusus untuk provider Giffgaff, kita bisa pesan sim card untuk dikirim ke Indonesia (gratis, termasuk biaya pengiriman) sebelum pergi ke Inggris, jadi saat mendarat nanti, bisa langsung aktif telepon, sms, dan internet. Kuota dan kontraknya cenderung fleksibel dan termasuk murah. Informasi lengkap terkait paket dapat dilihat di tautan berikut. Semua proses mulai dari beli kartu sim, aktivasi kartu sim, hingga isi pulsa bisa dilakukan sendiri. Namun, sama seperti Three, kekurangannya Giffgaff, di beberapa daerah sinyalnya kadang kurang bagus. Jika ada yang mau dipesankan sim card Giffgaff untuk kirim ke alamat Indonesia, bisa email ke hello@shintamichiko.com agar bisa dapat free credit sebesar £5, lumayan.

Giffgaff Goodybag £5 £5 £7.5 £7.5 £10 £15 £18 £20
Data 100 MB 500 MB 500 MB 1 GB 2 GB 4 GB 6 GB Unlimited
Minutes 125 mins N/A 250 mins N/A 100 mins 1000 mins 2000 mins Unlimited
Texts 500 texts N/A Unlimited N/A Unlimited Unlimited Unlimited Unlimited
Days 30 days 30 days 30 days 30 days 30 days 30 days 30 days 30 days
BASE TARIFFS

Bagaimana jika kuota data, sms, dan telepon habis sebelum masa aktifnya habis berlaku? Setelah kuota habis, maka akan diberlakukan tarif dasar seperti tabel di bawah ini.

Base Tariffs GIFFGAFF THREE EE
Call 15p/min 3p/min 30p/min
Text 5p/text 2p/text 12p/text
Data 5p/MB 1p/MB £1 a day

Informasi tambahan, tidak ada kewajiban untuk isi pulsa tiap bulan, baik untuk Giffgaff, Three, maupun EE, namun nomor akan ditutup jika tidak aktif selama 6 bulan (sebaiknya isi setiap 6 bulan sekali).

MY PICK

Setelah membandingkan ketiganya dan setelah hampir 3 bulan saya tinggal di London, berikut pengalaman saya dalam memilih sim card.

Sebelum berangkat ke UK, saya memesan Giffgaff yang dikirim ke rumah saya di Indonesia (dari jauh hari, kira-kira 1 bulan sebelum keberangkatan), sesampainya di UK saya isi pulsa hanya £5, internetnya cukup untuk dipakai dalam mencari rute transportasi ke akomodasi.

For the long run, I think I will choose either EE or Three, or maybe I’ll have both. Awalnya saya ingin menggunakan kartu EE sebagai kartu utama saya, namun paket internetnya mahal dan ternyata saya tetap butuh paket internet walaupun di akomodasi dan di kampus sudah ada akses internet gratis. Akhirnya saya memilih Three sebagai provider utama saya, 2 bulan pertama saya membeli paket Pay As You Go All In One £25 per bulan (500 Minutes, 3000 Texts, Unlimited Data), di bulan ke-3 saya ganti ke paket Contract Advanced Plan £19 per bulan (600 Minutes, Unlimited Texts, 30GB Data).

Kenapa saya pindah ke Contract (minimal 12 bulan)? Pertama, ternyata unlimited data di Pay As You Go dibatasi hanya 12GB (Lihat di artikel What is all-you-can-eat data?). Kedua, saya akan cukup lama tinggal di Inggris, 4 tahun, jadi menurut saya tidak rugi 12 bulan pertama saya pasti mayoritas berdomisili di Inggris (mungkin beda kasus dengan master student yang waktu studinya hanya 1 tahun, tapi jika datang langsung ambil kontrak, saya rasa tidak masalah). Oia, untuk ambil paket Contract, persyaratannya hanya harus ada kartu debit dari UK Bank.

Beberapa waktu lalu saya sempat pulang ke Indonesia selama 1 minggu karena ada musibah, sudah coba fitur Feel At Home atau Go Roam dari Three. Biasanya kalau ke Indonesia saya aktifkan kembali nomor Telkomsel KartuHalo saya, sekarang jadi tidak perlu ganti sim card dan dihitung-hitung jauh lebih hemat.

Oia, ini trivial, penting tidak penting, saya beli nomor cantik dengan 4 digit terakhir sesuai dengan tanggal lahir saya dari Ebay seharga £1.99 (sudah termasuk biaya pengiriman). Bagi yang tertarik, kata kuncinya, di Ebay bisa cari Gold Number SIM Card atau VIP Number Sim Card. Di Inggris, uniknya bisa transfer nomor, misalnya nomor cantik yang saya beli dari provider EE, saya bisa transfer nomor tersebut ke provider Three hanya dalam waktu satu hari.

Bagi yang ingin menggunakan Giffgaff dan mendapatkan pulsa atau credit gratis sebesar £5 untuk pemakaian sementara sesampainya di Inggris, bisa email ke hello@shintamichiko.com, nanti saya bisa pesankan untuk dikirim ke alamat Indonesia. Selain itu jika belum ada bank Inggris dan ingin beli kartu sim EE dan Three, bisa saya bantu beli tanpa ada biaya apapun, silakan kontak melalui email, senang jika bisa membantu.

More information
http://www.three.co.uk/Support/pay_as_you_go/Phone_tariffs
https://www.giffgaff.com/sim-only-plans
http://shop.ee.co.uk/sim-only/pay-as-you-go-phones#
http://prepaid-data-sim-card.wikia.com/wiki/United_Kingdom
http://rarasuka.wixsite.com/nottinghamnote/kartutelp

6 thoughts on “Tips Memilih Sim Card di Inggris

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s