Tips: Hidup Hemat ala Pelajar di Inggris

 TRANSPORTATION
  • 18+ Student Oyster Photocard
    Kartu diskon ini cocok bagi yang sering bepergian di dalam kota London. Untuk full-time student, bisa mendapatkan kartu ini, daftar secara online dengan membayar biaya administrasi sebesar £20 dengan melampirkan beberapa persyaratan (salah satunya ada alamat dan enrolment number, jadi baru bisa mengajukan setelah selesai proses enrolment), nanti kartu akan dikirim ke alamat dalam kurun waktu 2 minggu. Benefitnya jika ada kartu ini adalah bisa membeli Travelcards and Bus & Tram Pass Season Tickets dengan harga diskon 30% plus jika memiliki 16-25 Railcard ada diskon tambahan sebesar 34% untuk off-peak pay as you go fares dan off-peak daily caps untuk Tube, DLR, London Overground, TfL Rail dan hampir semua National Rail di London.
  • 16-25 Railcard
    Kartu diskon ini cocok bagi yang sering bepergian ke luar kota dengan kereta. Untuk full-time student (walaupun umurnya sudah di atas 25 tahun), tetap bisa mendapatkan kartu ini, daftar secara online dengan membayar biaya sebesar £30 untuk 1 tahun atau £70 untuk 3 tahun (update 10/03/2017 sudah tidak bisa beli yang 3 tahun jika umur >25), dengan melampirkan beberapa persyaratan (salah satunya ada alamat dan enrolment number, jadi baru bisa mengajukan setelah selesai proses enrolment), nanti kartu akan dikirim ke alamat dalam kurun waktu 5 hari. Benefitnya, dengan kartu ini akan mendapatkan diskon 30% untuk seluruh perjalanan dengan kereta. Tambahannya, seperti yang telah disebutkan sebelumnya, 16-25 Railcard bisa dihubungkan dengan 18+ Student Oyster Photocard untuk mendapatkan diskon 34% pay as you go fares untuk transportasi di London.
  • Megabus.com
    Cocok untuk yang suka jalan-jalan ke luar kota dengan bus. Tiketnya (jika pesan dari jauh hari), harganya bisa hanya £2, selain itu Megabus juga punya jalur internasional ke luar negeri (salah satunya rute ke Eropa).
COMMUNICATION

Kartu yang paling sering dipakai oleh mahasiswa di Inggris adalah Giffgaff, Three, dan EE. EE lebih mahal dibandingkan kedua kartu sim lainnya dan tidak ada paket unlimited, namun kualitas sinyalnya sangat bagus. Paket internet unlimited Giffgaff £20 sedangkan Three £25 (keduanya mendapatkan bonus telepon dan sms). Kalau dibandingkan yang paling murah memang Giffgaff, karena bonus telepon dan sms unlimited, sedangkan Three hanya dapat 500 menit dan 3000 sms). Minusnya, terkadang Giffgaff dan Three suka tidak ada sinyal jika sedang bepergian ke daerah terpencil. Saya sendiri berencana akan menggunakan Giffgaff Paket Unlimited £20 terlebih dahulu untuk 1 bulan pertama. Hal ini untuk membantu saya dalam beradaptasi dan bepergian saat baru tiba di Inggris, pasti butuh banyak akses untuk rute dan peta, berjaga-jaga agar tidak tersasar. Informasi lebih lengkap bisa baca di Tips: Memilih Sim Card di Inggris.

BANKING

Saat pertama kali datang ke Inggris, baiknya bawa uang tunai secukupnya saja (kira-kira £200-300), lalu bisa tarik tunai menggunakan kartu debit dari Indonesia di ATM sesampainya nanti. Hal yang perlu dipertimbangkan saat tarik tunai adalah nilai tukar, jumlah maksimal penarikan, biaya administrasi, dan biaya dari ATM di Inggris (untuk menghindarinya bisa cari yang ada tulisan “Free ATM”).

Menurut Frega Wenas, setelah membandingkan mengambil uang di ATM menggunakan berbagai kartu debit di Indonesia, ternyata kursnya berbeda-beda, per £1 ATM Mandiri Rp18.089, BRI Rp18.500, CIMB Niaga Rp17.349. Kesimpulannya, nilai tukar CIMB Niaga paling bagus dibandingkan Mandiri dan BRI. Batas maksimal penarikan disesuaikan dengan limit bank di Indonesia. Kalau limit penarikan Rp5.000.000,- berarti maksimal tarik tunai £250, sedangkan jika limit penarikan Rp10.000.000,- berarti maksimal tarik tunai £500. Opsi di ATM penarikan terbesar adalah £800, tapi harus diisi melalui other amount karena opsi tertinggi yang terpampang di layar adalah £500.

 Bank Biaya Administrasi Limit Penarikan / Hari
Mandiri Rp20.000,- Rp10.000.000,-
BCA Rp25.000,- Rp10.000.000,-
BRI Rp25.000,- Rp5.000.000,-
BNI Rp25.000,- Rp10.000.000,-
CIMB Niaga Gratis* Rp10.000.000,-

*) Hanya jika saldo sebelum penarikan ≥ Rp 10 juta, jika dibawah itu dikenakan biaya Rp30.000,-

Perlu diperhatikan bahwa untuk melakukan transaksi pembelanjaan di Inggris, kartu debit harus memiliki chip, kartu debit BNI dan CIMB Niaga sudah ada chipnya, sedangkan kartu debit dari Mandiri, BCA, dan BRI tidak ada. Hal ini cukup penting, karena ada beberapa akomodasi yang hanya menerima pembayaran melalui kartu (tidak bisa tunai), sedangkan bank di UK baru bisa dibuka setelah proses enrolment. Jadi dapat dipertimbangkan (apalagi yang senang bepergian ke luar negeri) untuk membuka rekening di bank yang kartu debitnya memiliki chip.

Selain terkait tarik tunai, hal lain terkait perbankan yang penting untuk dibahas adalah perihal transfer uang dari Inggris ke Indonesia, ada beberapa pilihan:

  • Transfer melalui Transferwise
    Biaya untuk setiap transaksi 0.7% dari nominal yang ingin ditransfer + £1, maksimum transfer bisa sampai £2000. Kelebihannya bisa langsung sampai ke rekening yang dituju, sehingga penerima tidak repot. Untuk yang ingin mencoba Transferwise pertama kali secara gratis (tanpa ada biaya transaksi dengan maksimum transfer sebesar £500), bisa menggunakan tautan berikut:
    https://transferwise.com/u/99a767
  • Transfer melalui Paypal
    Biaya untuk setiap transaksi 0.5% dari nominal yang ingin ditransfer, namun maksimum transfer hanya £150. Kekurangannya uangnya masuk ke paypal penerima, sehingga penerima harus mencairkan terlebih dahulu ke bank lokal di Indonesia, kurang lebih dua hari, sebelum dapat digunakan (gratis apabila mencairkan di atas Rp1.500.000,-).
  • Transfer melalui Bank di Inggris dan Western Union
    Bisa dibaca lengkap di http://triandika.net/2015/01/10/transfer-uang-luar-negeri/ atau di http://www.zaiza-fawwaz.com/2015/07/transfer-uang-luar-negri-yang-paling.html
MEALS

Menurut Puspa, biaya makan jika beli di luar yang paling murahnya untuk satu hari biasanya £10-15. Sedangkan jika memilih untuk memasak, dengan biaya £10-15 tersebut sudah bisa beli bahan masak untuk seminggu (sudah termasuk lauk protein, sayuran, buah, dan beras). Selain itu beli rice cooker di Inggris sekitar £20, namun agak berbeda dengan yang di Indonesia, karena tidak bisa untuk menghangatkan, cek dulu sebelumnya apakah akomodasi yang sudah dipesan memperbolehkan membawa rice cooker atau tidak. Jangan lupa beli tempat bekal dan tempat minum (atau bawa dari Indonesia), yang bisa dihangatkan di microwave. Biasanya di kampus, khususnya di study room, graduate hub, atau departemen selalu punya microwave untuk fasilitas mahasiswa.

GROCERIES

Tips dalam membeli groceries hemat yang pertama adalah beli dengan reduced price! Harganya bisa diskon mulai dari 25% hingga 75% (makin malam). Biasanya sore sudah mulai ada reduced price di beberapa supermarket. Berikut merupakan reduced price untuk tiap supermarket (Sumber: Student Money Saver, 2016):

Supermarket Up to 25% Up to 50% Up to 75%
ASDA 12.00 17.00 21.00
SAINBURY’S 13.00 17.00 20.00
TESCO 08.00 16.00 20.00
CO-OP 08.00 17.00 19.00
MORRISONS N/A 17.00 19.00

Tips hemat yang kedua adalah, manfaatkan fitur cashback yang ada di beberapa supermarket tertentu. Misalnya Asda memberikan garansi harga 10% lebih murah dibandingkan supermarket lain seperti Morrison’s, Sainsbury’s, Tesco dan Waitrose. Asda akan memberikan cashback sebesar perbedaan harga tersebut + 1p, jadi misalnya jika total belanja £5 lebih murah di supermarket lain, Asda akan memberikan voucher senilai £5.01. Informasi lebih lanjut cek How to Womble in Asda Supermarket. Selain promo cashback dari supermarket, ada juga promo cashback dari beberapa aplikasi di telepon genggam, misalnya CheckoutSmart, Shopitize, Shopmium, Shopprize dan Receipt Hog. Informasi lebih lanjut baca di The Ultimate Guide to Supermarket Shopping.

  • Asda Online. Menurut Puspa, belanja tisu toilet, tisu dapur, pembersih toilet dan kamar mandi, dan barang lainnya yang pasti kita beli secara rutin, lebih murah dibeli secara bulk dari Asda. Beli untuk stok 3-6 bulan. Harganya lebih murah, hemat biaya transportasi juga, tidak ribet bawa belanjaan banyak. Delivery fee biasanya hanya £1-2 atau bahkan gratis. Selain Asda, alternatifnya bisa cek ke supermarket Lidl, Aldi, Morrisons, untuk barang-barang esensial yang rutin dibeli tiap bulan.
  • Poundland dan Poundsavers. Kalau menurut Puspa, di Poundland dan di Poundsavers bisa beli barang-barang unik harga £1 misalnya seperti baking tools, handwarmer, roasting tools, dan lainnya. Menurut Daniel Silalahi, Poundland lebih murah dibanding Tesco untuk beli alat-alat rumah tangga, misalnya panci, tempat minum, sendok dan lainnya. Selisihnya memang tidak banyak, sekitar 20pence, tapi lumayan jika ada beli 5 barang, sudah beda £1.
  • Tesco. Menurut Daniel Silalahi, Tesco lebih murah kalo mau beli bahan makanan, apalagi kalo malam (kira-kira mulai pukul 5pm), ada banyak barang yang reduced price, makin malam biasanya suka sudah habis. Oh iya, kalo kelaparan di siang hari saat bepergian, bisa mampir ke Tesco atau Tesco Express, biasanya ada reduced price untuk beberapa makanan, misalnya sushi dan ham dari harga normal £1.3 menjadi 80p. Informasi tambahan dari Frega Wenas, perkiraan harga bahan makanan di London yaitu: telur di bawah £1, sosis £1, susu, roti, selai coklat yang semuanya berkisar di bawah £1.
  • Sainsbury’s. Sainsbury lebih mahal dr tesco ato poundsland. Tapii, untuk yg mau cari toaster, sansbury ada jual yg murah £10. Bagus (read: mudah digunakan, ringkas, bs utk 2 roti sekali panggang, mudah dibersihkan dan katanya awet). Untuk bahan makanan Sainsbury’s lengkap banget, tapi harganya mahal.
  • EasyJet Supermarket. Katanya menjual bahan makanan, semuanya seharga 25p. Good deal sekali untuk dicoba.
  • Pasar Tradisional Coventry – Warwickshire. Berdasarkan survey yang dilakukan Daniel Silalahi, beli buah apel 8 buah £1, kiwi 6 buah £1, bayam 4 ikat £1, dan ada juga yang menjual bumbu asia walaupun harganya agak mahal.
  • Informasi tambahan dari Frega Wenas, untuk yang baru tiba di London khususnya, belanja lumayan murah di Primark untuk handuk, seprei, baju, dan sepatu dibandingkan Tesco Metro yang juga banyak diskon. Beli handuk di Tesco Metro 2 pieces £10 tapi dapat diskon jadi £8 sehingga per piece £4. Di Primark harga handuk yang sama bisa dapat £3.8. Untuk makanan kalau beli di Tesco atau M&S di malam hari harganya bisa half price, memang tidak sesegar kalau beli pagi atau siang hari. Kemudian kalau beli bahan makanan yang expired-nya sudah dekat harganya juga lebih murah, biasanya price tag nya dibedakan warna, misalnya warna kuning. Jika ingin makan makanan Indonesia, di China Town menjual segala macam bumbu dan makanan. Tapi di daerah Bermondsey ada restoran Indonesia namanya Warung Padang (tidak hanya menjual makanan Padang), harga bervariasi kira-kira £7-8.

Aldi is the cheapest UK supermarket to fill your basket with everyday products, according to a new report by The Grocer. The grocer bought a shopping basket full of staple food and drink, including eggs, bread, pasta, apples, grapes, teabags and cornflakes for their price comparison, buying the cheapest available products at the stores. Cheapest Supermarket (Student Money Saver, 2016):

  • Waitrose – £61.64
  • Sainsbury’s – £57.95
  • Tesco – £53.90
  • Morrisons – £52.06
  • Asda – £50.96
  • Aldi – £40.28
STUDENT DISCOUNT CARD

Untuk yang senang berbelanja, ada baiknya daftar untuk mendapatkan kartu diskon khusus pelajar ini, yang terkenal ISIC, namun di Inggris yang paling banyak partner diskon adalah NUS Extra Card. Harganya £12 untuk 1 tahun, £22 untuk 2 tahun atau £32 untuk 3 tahun. Diskon 10% untuk Megabus, Co-operative Supermarket, Superdrug, Topshop, dan Railcard. Update 10/03/2017 Gratis ISIC Card dengan membeli NUS Extra Card untuk 1, 2, atau 3 tahun.

Untuk yang gratis, bisa coba daftar UNIDAYS atau StudentBeans, diskonnya juga banyak dan tidak kalah menarik dari diskon NUS Extra. Bisa langsung daftar jika sudah pre-enrolment (kalau kuliah di UCL), verifikasi dengan menggunakan email userid UCL. Informasi lebih lanjut atau cara verifikasi via email, bisa tanya via email saja ya ke hello@shintamichiko.com nanti akan dipandu dari sana.

Referensi:
https://pusparaniology.wordpress.com/2015/11/26/tips-berhemat-ala-mahasiswa-di-uk/

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s