Tips: Memilih Akomodasi untuk Kuliah di Inggris

Jujur, memilih akomodasi ini cukup membuat pusing kepala. Harga akomodasi di Inggris sangat mahal, apalagi di London. Untuk akomodasi, baiknya sudah riset dan pesan dari jauh hari, karena biasanya butuh waktu yang cukup lama untuk mengurus akomodasi ini. Ada beberapa faktor yang bisa dijadikan pertimbangan dalam memilih akomodasi, yaitu:

  1. Occupancy
    Tinggal sendiri (single), bersama pasangan (couple), atau keluarga dengan anak (family) akan mempengaruhi penentuan jenis akomodasi. Saya sendiri sementara akan tinggal sendiri, jadi saya cari akomodasi untuk single occupancy. Insya Allah, suami ada rencana menyusul untuk studi juga di Inggris, jadi dari sekarang juga sudah mulai riset akomodasi untuk couple atau dual occupancy.
  2. Price
    London terbagi menjadi 6 zona, semakin dekat ke pusat kota (Zona 1 dan 2), harga semakin tinggi khususnya di wilayah West, Northwest dan Southwest. Tinggal di luar Zona 1 dan 2 dapat menjadi pilihan yang lebih terjangkau, namun perlu dipertimbangkan juga biaya transportasinya. Untuk yang tinggal sendiri, siapkan budget kira-kira £600-£900 per bulannya jika ingin tinggal di Zona 1-2 atau £400-£600 per bulannya jika ingin tinggal di luar zona tersebut. Oia, jangan lupa cari yang all bills included. Selain itu biaya akomodasi per week tidak langsung dikali 4 untuk mencari tahu biaya per bulannya, biasanya dihitung dengan rumus: Rent Per Person Per Week x 52 / 12, mudahnya bisa lihat di Rent Converter.
  3. Distance
    Jarak dapat menjadi salah satu pertimbangan. Tetapi walaupun jauh, transportasi publik di London sangat handal dan nyaman (bis dan tube). Jadi sepertinya jarak tidak menjadi kriteria yang utama bagi saya dalam menentukan jenis akomodasi. Tipsnya, cari yang dekat dengan halte bus atau stasiun tube, jadi jauh dari kampus bukanlah masalah.
  4. Travel time
    Daripada jarak, saya lebih mementingkan travel time atau waktu tempuh dari akomodasi ke kampus dan sebaliknya. Saya mencari yang total waktu tempuhnya (termasuk berjalan kaki ke stasiun tube atau halte bus) tidak lebih dari 1 jam. Caranya, bisa coba fitur Find Direction di Google Maps untuk mengetahui moda transportasi dan waktu bepergian yang dibutuhkan.
  5. Payment & Contract
    Masalah pembayaran dan kontrak juga menjadi pertimbangan yang cukup penting. Sebaiknya cari yang kontrak dan pembayarannya fleksibel. Mayoritas private halls harus bayar penuh di muka untuk kontrak satu tahun akademik (40-51 weeks), dan jumlahnya itu tidak sedikit lho. Dengan private landlords biasanya harus ada UK Guarantor.
  6. Facility & Environment
    Terakhir, jangan lupa mempertimbangkan kondisi keamanan lingkungan dan fasilitas lainnya seperti supermarket, toko, dan lainnya.

Setelah bertanya kepada rekan-rekan yang sudah memulai kuliah di UCL, saya akhirnya menentukan kriteria utama saya dalam memilih akomodasi adalah single occupancy, budget £700 per bulan (all bills included) dengan waktu tempuh maksimal 1 jam. Kriteria tambahannya antara lain tidak perlu UK Guarantor, kontrak minimal tinggal fleksibel (tidak harus satu tahun akademik), bisa bayar mingguan atau bulanan, tidak perlu deposit yang banyak. Saya sendiri akan berkuliah di UCL (University College London), maka shortlist akomodasi di bawah yang saya tulis adalah yang kira-kira dekat dengan UCL dan sesuai kriteria di atas.

Pada umumnya, ada dua jenis akomodasi untuk pelajar di Inggris yang bisa ditempati, yaitu student halls of residence (asrama, baik yang dikelola universitas atau swasta), dan private landlords (sewa kamar/rumah/flat, bisa melalui landlords langsung atau agen).

STUDENT HALLS OF RESIDENCE

Student Halls of Residence ini kalau di Indonesia biasa disebut asrama. Asrama di London ini ada yang dikelola oleh universitas atau swasta.

University Halls of Residence merupakan asrama yang dikelola oleh kampus, biasanya lokasinya dekat dengan kampus sehingga dapat ditempuh dengan berjalan kaki. Ketersediannya terbatas dan biasanya diprioritaskan untuk pelajar tingkat pertama. Selain itu, ada juga Intercollegiate Halls of Residence yaitu asrama yang dikelola oleh University of London (perserikatan universitas kampus di London) dan hanya dapat ditempati oleh full-time students dari beberapa universitas yang tergabung dalam University of London tersebut, UCL termasuk salah satunya. Untuk dapat menempati asrama dari kampus ini, biasanya harus mengajukan aplikasi secara formal lewat universitas (hanya buka pada waktu tertentu, sebelum mulai tahun ajaran akademik baru), kontrak tinggalnya pun mengikuti tahun ajaran akademik (40-51 weeks). Jika setelah mengajuka aplikasi, diterima dan mendapatkan offer, khusus untuk UCL Student Halls of Residence akan diminta untuk melakukan pembayaran security deposit £500. Daftar asrama yang dikelola oleh kampus (UCL Student Halls of Residence dan Intercollegiate Halls of Residence) dapat dilihat pada tabel berikut:

Residence Fees (Per Person Per Week)
UCL Halls of Residence, Astor College N/A
UCL Halls of Residence, Ifor Evans Hall £143.43–£235.90
UCL Halls of Residence, Ramsay Hall £155.47–£258.93
Intercollegiate Halls of Residence, The Garden Halls £189.39-£258.65
Intercollegiate Halls of Residence, College Hall £210.39-£360.22
Intercollegiate Halls of Residence, Connaught Hall £139.91-£360.22
Intercollegiate Halls of Residence, Lilian Penson Hall £177.45-£336.49
Intercollegiate Halls of Residence, International Hall £198.35-£470.02
Intercollegiate Halls of Residence, Nutford House £133.89-£339.68
Intercollegiate Halls of Residence, Clandon House £82.18-£95.97
Intercollegiate Halls of Residence, Gower Street £350.66-£460.81

Selain Student Halls, UCL juga menyediakan Student Housing. Saya sendiri juga kurang paham bedanya apa, tapi informasi lebih jelas dan daftar pilihan akomodasi dapat dilihat langsung di UCL Student Housing.

Private Halls of Residence adalah asrama yang dikelola oleh pihak swasta. Biasanya lokasi cukup strategis, walaupun ada yang jauh dari universitas, tapi pasti aksesnya mudah (dekat dengan stasiun tube atau halte bus). Fasilitasnya juga sudah disesuaikan dengan kebutuhan pelajar. Situs untuk mencari Private Halls of Residence yang saya gunakan adalah Student.com dan UCL Website. Setelah semua situs saya pelajari, akhirnya saya membuat shortlist untuk private halls (untuk single occupancy) yang dapat dilihat pada tabel berikut.

Residence and Fee (Per Person Per Week) Additional Fees Payment, Contract, Distance
Viridian Housing, Helen Graham House Zone 1
Single £184.86
Twin £120.51
– Holding Deposit of a week rent
– Room Key Deposit of £10
Weekly basis
Min. 6 weeks
Walk 15 minutes to UCL
Viridian Housing, Goldsmiths House Zone 1
Standard Single £141.61
Large Single £152.42
– Holding Deposit of a week rent
– Room Key Deposit of £10
Monthly basis
Min. 6 weeks
Walk 20 minutes to UCL
Unite Students, North Lodge Zone 3
Basic ensuite £150
Classic ensuite £170
Holding Room Deposit of £250 Full amount or in 2 instalments
Contract 51 weeks
Tube 20 minutes to UCL
We Are Homes For Students, Southwark Townhall Zone 2
Classic Non Ensuite £160
Holding Room Deposit of £150-250 Full amount or instalments*
Contract 51 weeks
Tube 35 minutes to UCL
We Are Homes For Students, Kensal Green Garrow House Zone 2
Garrow Twodio £170
Holding Room Deposit of £150-250 Full amount or instalments*
Contract 51 weeks
Tube 25 minutes to UCL
Unite Students, Bernard Myers House
Studio N/A
Classic ensuite £166
Holding Room Deposit of £250 Full amount or in 2 instalments
Contract 51 weeks
Bus 50 minutes to UCL
CRM Students, The Arcade Zone 2
Standard £159
Standard Plus £179
Holding Room Deposit of £250 Full amount or in 3 instalments*
Contract 40-51 weeks
Bus 30 minutes to UCL
International Student House Zone 1
Single from £185.85 to £238.70
Twin from £126.35 to £178.50
Triple from £100.10 to £113.05
Quad £79.80
– Holding Room Deposit of £600
– Room Key Deposit of £10.00
– Membership Fee of £25.00
– Alumni Fee of £30.00
2 Instalments
Contract 40 weeks
Walk 15 minutes to UCL
Unite Students, Station Court Zone 3
Classic ensuite £175
Holding Room Deposit of £250 Full amount or in 2 instalments
Contract 51 weeks
Tube 20 minutes to UCL
Collegiate, Charles Morton Court
Classic Ensuite £182
Ensuite £182
Holding Room Deposit of £250 Payment unknown
Contract 51 weeks
Bus 35 minutes to UCL
CRM Students, Felda House (Wembley)
Bronze Ensuite £175
Silver Ensuite £180
Holding Room Deposit of £250 Full amount or in 3 instalments*
Contract 40-51 weeks
Tube 25 minutes to UCL
CRM Students, Grand Felda (Wembley)
Twodio £170
Threedio £185
Holding Room Deposit of £250 Full amount or in 3 instalments*
Contract 40-51 weeks
Tube 25 minutes to UCL

Selain shortlist di atas, sebenarnya ada akomodasi lain yang saya minati, tetapi beberapa harganya tidak masuk ke dalam range budget yang sudah saya tentukan atau lokasi kurang sesuai.

PRIVATE LANDLORDS / AGENT

Jika ingin mencari akomodasi dari private landlords atau agen, lebih murah untuk tinggal bersama share dengan pelajar lainnya daripada sendiri. Setelah dihitung-hitung, tinggal sendiri di shared room dengan private landlords atau agent harganya tidak jauh berbeda dengan tinggal di university / private halls.  Situs untuk mencari akomodasi dari private landlords atau agent di Inggris:

  • Spareroom
    Banyak pilihan untuk sewa kamar (shared room), opsi pencarian sangat detail, selain mencari berdasarkan area, bisa juga mencari berdasarkan waktu tempuh dari stasiun tube. Properti yang disewakanoleh Spareroom ada yang melalui private landlords langsung, ada yang melalui agen.
  • Zoopla
    Banyak pilihan untuk sewa rumah/apartement (shared house/flat), opsi pencarian hanya bisa berdasarkan area. Properti yang disewakan oleh Zoopla ada yang melalui private landlords langsung, ada yang melalui agen.
  • Openrent
    Pilihan untuk sewa kamar/rumah/apartement (shared room/house/flat) tidak terlalu banyak, tidak sebanyak di Zoopla, Spareroom, atau Rightmove. Opsi pencarian bisa berdasarkan waktu tempuh ke suatu lokasi. Seluruh properti yang disewakan oleh Openrent tidak melalui agen.
  • Rightmove
    Banyak pilihan untuk sewa rumah/apartement (shared house/flat). Properti yang disewakan oleh Rightmove lebih banyak yang melalui agen daripada yang melalui private landlords langsung.

Dalam mencari akomodasi dengan agen, perhatikan betul reputasi agen properti. Banyak pelajar yang pada akhir masa kontrak, tidak dikembalikan uang depositnya. Daftar agen yang terpercaya di London untuk pelajar bisa dilihat di situs Housing London. Namun, beberapa rekan saya yang sudah lulus, menyarankan untuk menggunakan agen Amber Marsh dan Foxton.

Bagi yang ingin mencari akomodasi lewat private landlords atau agen dari beberapa situs yang saya sebutkan sebelumnya, perlu diingat bahwa turn over rate akomodasi di London sangat tinggi. Tidak ada gunanya mencari akomodasi dari jauh-jauh hari, misalnya semenjak 3 bulan sebelum kedatangan, percuma, karena sistemnya siapa cepat dia dapat.

Mencari sekelompok teman untuk shared house/flat merupakan langkah awal yang bisa dilakukan dari jauh-jauh hari. Sepakati terlebih dahulu kriteria pencarian (misal biaya, lokasi, preferensi) untuk memudahkan proses saat viewing nanti.

Proses selanjutnya, baiknya datang 2-4 minggu sebelum mulai perkuliahan, tinggal sementara dulu di Airbnb atau LHA London sambil melakukan viewing ke calon-calon akomodasi yang diinginkan. Jika sudah ada sekelompok teman yang akan tinggal bersama, tidak perlu semuanya datang lebih awal, karena viewing bisa diwakilkan oleh satu orang saja. Menurut senior yang sudah lama tinggal di London, viewing itu wajib dilakukan sebelum kontrak dengan private landlords atau agent untuk memastikan bahwa akomodasi sesuai dengan yang diiklankan. Jika sudah ada akomodasi yang cocok, langsung deposit sebelum diambil oleh orang lain.

Untuk memilih akomodasi di dekat University College London (UCL), berikut referensi tube station terdekat beserta waktu tempuhnya.

PERBANDINGAN BERBAGAI TIPE AKOMODASI
Tipe Akomodasi Kelebihan Kekurangan
Student Halls
  • Nyaman dan biasanya fasilitasnya sudah sesuai dengan yang dibutuhkan pelajar
  • Umumnya aksesnya baik, biasanya lokasi dekat dengan universitas
  • Banyak teman, mudah untuk bersosialisasi
  • Tidak repot karena semua tagihan sudah termasuk (internet, listrik, air)
  • Khusus university halls tidak dapat memilih hall yang diinginkan
  • Khusus private halls biasanya harga sewa dan uang muka yang harus dibayar lebih mahal, dan beberapa ada yang butuh UK Guarantor
  • Siap dengan perilaku pelajar lain (ribut, kotor, dan lainnya)
Private Landlords
  • Bebas memilih lokasi dan dengan siapa akan tinggal
  • Ada berbagai macam tipe akomodasi (kamar, flat, rumah)
  • Harga relatif lebih murah
  • Kamar cenderung lebih besar, jika sewa rumah/flat, bisa dapat ruang tamu dan pekarangan
  • Harus mengurus tagihan air, listrik, gas, dan internet sendiri
  • Berhubungan langsung dengan landlords atau agent
  • Perlu memiliki kontak emergensi jika ada masalah dengan listrik, bangunan, dan lainnya
  • Tidak bisa cari dan book dari jauh-jauh hari
  • Beberapa agen butuh UK Guarantor
MY PICK

Setelah membandingkan akomodasi satu dan yang lainnya, untuk masa awal studi, saya memilih untuk tinggal di private halls.

Kenapa? Ada beberapa alasan. Pertama, masa studi saya dimulai April 2017, sedangkan kebanyakan university halls yang daftarnya harus formal melalui universitas, buka pendaftaran untuk mulai ditempati pada September 2017. Jadi university halls bukan pilihan yang tepat untuk saya. Kedua, sebenarnya saya berniat untuk tinggal di shared house atau shared flat bersama pelajar lainnya, mencari dari private landlords. Namun lagi-lagi, kebanyakan pelajar mulai studi pada September 2017, agak sulit mencari partner untuk menyewa house/flat bersama. Apalagi untuk sewa room/house/flat dari private landlords agak ribet, beberapa agen ada yang mensyaratkan UK Guarantor, atau harus membayar bills sendiri. Saya rasa untuk masa awal studi, saya ingin cari yang praktis dulu saja. Mungkin jika sudah siap, dan ada teman/suami untuk share house/flat bersama, dapat dipertimbangkan.

Akhirnya, saya apply ke tiga private halls, yaitu Viridian Helen Graham House, Viridian Goldsmiths House, dan International Student House. Lokasi ketiga private halls tersebut sangat dekat dengan UCL, ke kampus bisa dengan berjalan kaki kira-kira 15-20 menit. Sebenarnya saya lebih cenderung memilih Viridian ketimbang International Student House (ISH), karena ISH banyak biaya tambahannya, kontraknya harus satu tahun akademik, dan harus bayar dalam 2 kali cicilan.

Prosesnya cukup mudah, bisa langsung daftar di situsnya masing-masing, ada beberapa form dan dokumen yang harus dikirim. Untuk Viridian Helen Graham House aplikasi saya masih waiting list dan untuk International Student House aplikasi saya masih dalam pertimbangan. Alhamdulillah dalam waktu hitungan hari, saya mendapatkan offer untuk tinggal di Viridian Goldsmiths House. Depositnya hanya biaya sewa selama 1 minggu (£141.61) bisa dibayar dengan kartu kredit melalui telepon, kontrak fleksibel (minimal tinggal hanya 6 minggu), pembayarannya juga memudahkan tidak memerlukan UK Guarantor dan bisa bayar sewa per bulan.

Update 15/04, setelah hampir 4 minggu saya tinggal di Viridian Goldsmiths House, saya ingin sedikit memberikan ulasan terkait akomodasi ini, karena cukup banyak teman dan rekan yang menanyakan via Whatsapp. Secara keseluruhan, saya sangat puas tinggal di sini. Kamarnya walaupun ukurannya tergolong kecil, namun banyak lemari penyimpanannya jadi barang-barang bisa tersimpan rapi. Kamar mandi dan toiletnya di luar kamar, komunal, namun sangat bersih karena dibersihkan setiap hari. Fasilitasnya cukup lengkap mulai dari kulkas (fridge dan freezer), kompor, oven, microwave, toaster, sink, dan lainnya. Setiap kamar akan diberikan kunci untuk lemari di dapur untuk dapat menyimpan peralatan masak dan bahan makanan kering. Untuk kulkas, setiap kamar juga diberikan 1 box untuk fridge dan 1 box untuk freezer. Kamarnya dibersihkan 1 kali dalam 1 minggu. Untuk cuci baju, tersedia mesin cuci, mesin pengering, dan setrika, tapi harus bayar lagi, biayanya untuk wash £3.2, dry £1.2, dan setrika £0.2. Terkait akses dan jarak, dekat sekali dengan UCL, jalan kaki praktiknya hanya 15-20 menit. Halte bus (Silverdale) dan tube station (Mornington Crescent) juga bisa dicapai 5 menit saja dengan berjalan kaki.

Selain untuk single occupancy, saya juga mulai mencari halls/flat/housing untuk dual occupancy (persiapan jika suami jadi studi di Inggris). Berikut beberapa shortlist yang saya susun untuk catatan pribadi saya nanti:

Residence and Fee (Per Person Per Week) Additional Fees Payment, Contract, Distance
Nansen Village
Studio Flats £632
1 & 2 Bedroom Flats £743-£1002
Bungalows £763-£793
Unknown Unknown
CRM Students, Grand Felda (Wembley)
Dual Occupancy Studio £125
Holding Room Deposit of £250 Full amount or in 3 instalments*
Contract 40-51 weeks
Tube 25 minutes to UCL
CRM Students, Kingston Plaza
Dual Occupancy Studio £155
Holding Room Deposit of £250 Full amount or in 3 instalments*
Contract 40-51 weeks
Rail + Tube 45 minutes to UCL
Platform, Bedford
Studio £695 pcm
One bed £750 pcm
Two bed £895 pcm
Holding Room Deposit of £600
Bills not included
Unfurnished
Monthly basis
Min. 4 weeks
Rail + Tube 75 minutes to UCL
Platform, Stevenage
Studio £775 pcm
One bed £850 pcm
Two bed £1295 pcm
Holding Room Deposit of £600
Bills not included
Unfurnished
Monthly basis
Min. 4 weeks
Rail + Tube 50 minutes to UCL

Referensi:

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s