Tips: Belanja Kebutuhan Pribadi untuk Kuliah di Inggris

Setelah mendapatkan akomodasi, hal yang perlu dipersiapkan adalah berkemas (packing) untuk barang yang harus dibawa dari Indonesia dan juga membuat daftar belanja untuk barang yang lebih baik dibeli saat tiba di Inggris. Post terkait tips berkemas bisa lihat di Tips Berkemas untuk Kuliah ke Luar Negeri. Tips yang perlu dicermati sebelum membeli barang di Inggris (PPI London, 2015):

  • Pastikan perlengkapan apa saja yang sudah disediakan oleh akomodasi, sehingga tidak perlu membeli barang yang sudah ada. Contoh: Bagi yang tinggal di student accommodation biasanya setrika dan meja setrika sudah disediakan oleh pihak kampus.
  • Cek terlebih dahulu spesifikasi peralatan yang ada di akomodasi, khususnya terkait peralatan elektronik agar tidak salah beli. Contoh: Untuk memasak dengan kompor listrik biasanya dibutuhkan frying pan atau pots khusus yang berbahan induksi, terdapat mesin cuci tertentu yang membutuhkan detergen berbentuk kapsul dan bukan bubuk.
  • Cek informasi PPI London, jika ada mahasiswa Indonesia yang akan pulang mungkin ada barang-barang yang bisa dilungsurkan atau dibeli dengan harga lebih murah.
  • Jika hendak membeli perlengkapan sekaligus dalam jumlah banyak pastikan ada teman yang bisa membantu untuk membawa barang-barang tersebut, sehingga kita tidak kewalahan menenteng barang-barang belanjaan di kendaraan umum.
  • Buat daftar berisi prioritas barang yang akan dibeli, dahulukan barang yang penting dan mendesak.

Tempat untuk belanja kebutuhan pribadi antara lain: ASDA, Lidl, Primark, IKEA, Tesco, Morrison, Iceland, Sainsbury’s, Marks & Spencer, Waitrose. Supermarket tersebut tersebar di seluruh penjuru London. Meskipun umumnya lebih mahal namun untuk beberapa produk kualitas Sainsbury’s dan Marks & Spencer lebih baik. Sedangkan tempat berbelanja yang paling murah itu Lidl, ASDA, IKEA, dan Primark. Khusus ASDA dan IKEA bisa online shopping. Saya sendiri nanti mungkin akan berbelanja di IKEA, Lidl, dan Primark. Berikut merupakan daftar yang saya susun untuk belanja kebutuhan pribadi nanti (sementara untuk contoh barang dan harganya ikut my own version products wishlist from IKEA ya, hehe).

BEDROOM

Ukuran bedding di Inggris sudah standar, biasanya ada 3, yaitu Single, Double, dan King. Informasi lebih lanjut silakan cek di Wikipedia.

  1. Duvet/Quilt
    Persiapan untuk autumn/winter beli yang > 10.5 tog. Biasanya bahan dari down/feather lebih mahal daripada yang terbuat dari polyester, tapi walaupun lebih mahal memang lebih hangat. Pilih yang sesuai dengan budget saja.
    GRUSBLAD Duvet, 12 TOG Single £15
    HÖNSBÄR Duvet, 12 TOG Single £25
  2. Pillows
    Ada bantal yang empuk, ada yang keras, menurut materialnya ada yang terbuat dari down/feather atau polyster, tinggal pilih sesuai selera saja.
    AXAG Pillow, Softer £3; AXAG Pillow, Firmer £4
    JORDRÖK Pillow, Softer £10; JORDRÖK Pillow, Firmer £15
  3. Mattress & pillow protectors
    Ini sebenarnya opsional, tapi dapat membantu kasur dan bantal tetap bersih dan mengurangi kerusakan karena pemakaian.
    ÄNGSVIDE Pillow Protector £1.25
    ÄNGSVIDE Mattress Protector £4.25
  4. Bedding Sets
    Beli 2 untuk dipakai bergantian saat harus dicuci. Bedding sets ini terdiri dari quilt/duvet cover, pillowcases (sarung bantal), dan sheets (sprei). Sebaiknya pilih yang bahannya cotton.
    TRÄDASTER Quilt Cover and 2 Pillowcases Single £4
    KNOPPA Fitted Sheet Single £1.9
  5. Hanger
    Gantungan baju cari yang murah saja karena fungsinya sama. Beli sesuai kebutuhan.
    BAGIS Hanger, In/Outdoor 4 Pack £0.5
  6. Hook
    Penting untuk gantung jaket, tas, atau handuk. Cari yang bisa digantungkan di pintu tanpa harus dipaku dan lain sebagainya.
    ENUDDEN Hanger For Door £1.95
  7. Laundry Bag + Ironingboard
    Cari tempat baju kotor yang bisa sekalian dijadikan tas untuk mempermudah cucian dibawa ke tempat laundry. Ironingboard juga opsional, jika tidak disediakan oleh pihak akomodasi, cari yang kalau disimpan tidak makan tempat, seperti dari IKEA ini bisa digantung jika sedang tidak digunakan.
    JÄLL Laundry Bag With Stand £1.95
    JÄLL Ironingboard, Table £4
  8. Waste Bin
    Tempat sampah pilih yang paling murah saja, pisahkan sampah basah dan sampah kering, biasanya kalau di luar negeri harus dipisahkan.
    FNISS Waste Bin £0.95
  9. Desk Lamp
    Ini juga opsional jika tidak disediakan oleh akomodasi. Cari yang kecil dan tidak makan tempat.
    JANSJÖ LED Work Lamp £10
    HÅRTE LED Work Lamp £15
  10. Cleaning Set
    Peralatan bersih-bersih ini opsional, biasanya bagi yang tinggal di asrama universitas sudah ada vacuum cleaner, tetapi baiknya tetap punya, yang kecil saja, minimal ada sapu dan lap pel. Oia, kanebo (lap mobil), bisa juga digunakan untuk bersih-bersih, dan selama tinggal di Korea Selatan saya akhirnya pakai kanebo untuk lap segala macam mulai dari dapur, meja, hingga lantai, bisa bawa dari Indonesia saja.
    BLASKA Dust Pan and Brush £0.85
  11. Storage Box
    Untuk menyimpan obat-obatan, serta skincare dan makeup. Ini ada banyak sekali pilihan, tinggal search “storage box” di situs IKEA. Beli yang berbahan plastik agar awet dan pilih yang ada tutupnya agar terhindar dari debu. Kalau bisa cari yang bisa di stack agar hemat tempat jika sedang tidak digunakan.
    SAMLA Box starts from £1
    KUGGIS Box With Lid starts from £2.5
    KUPOL Pull-Out Storage Unit 2 Pack starts from £5
    GODMORGON Box with Lid, Set of 5 £10
    TRYGGHET Medicine Cabinet £16
BATHROOM
  1. Towels
    Beli 2 pasang untuk dipakai bergantian saat dicuci. Biasanya terdiri dari handuk muka, handuk tangan, handuk badan. Beli sesuai kebutuhan saja.
    NÄCKTEN Guest Towel 30×50 cm £0.3
    NÄCKTEN Bath Towel 60×130 cm £1.3
    NÄCKTEN Bath Sheet 100×150 cm £1.9
  2. Basket
    Ember kecil atau baskom ini opsional, dibutuhkan jika kamar mandinya di luar atau komunal (shared). Digunakan untuk membawa peralatan mandi setiap mau mandi.
    RISATORP Basket £10
  3. Perlengkapan Toilet dan Kamar Mandi
    Terdiri dari keset kamar mandi dan peralatan pembersih toilet. Opsional, sebenarnya tidak butuh jika kamar mandinya di luar atau komunal (shared).
    NÄCKTEN Bath Mat £1.25
    TACKAN Toilet Brush £0.39
  4. Peralatan Mandi dan Cuci + Tisu Toilet
    Sabun badan, shampoo, sabun cuci muka, sabun cuci tangan, detergen, softener, tisu toilet dan lainnya. Ada mesin cuci tertentu yang membutuhkan detergen berbentuk kapsul dan bukan bubuk, cek terlebih dahulu. Bisa beli di supermarket terdekat, tetapi yang paling murah biasanya di supermarket jerman, seperti Lidl dan Asda.
KITCHEN
  1. Cookware
    Peralatan memasak minimal ada frying pan, pot/sauce pan, pisau dan talenan (di beberapa tempat, untuk membeli pisau dibutuhkan ID Card sebagai bukti bahwa telah berumur di atas 21 tahun). Kalau bisa cari yang berbahan teflon biar awet. Kalau mau tambah peralatan masak lainnya, disesuaikan saja dengan kebutuhan, tetapi sekedar saran, tidak perlu yang terlalu canggih karena pada akhirnya pasti akan memasak yang simpel dan mudah untuk mengefektifkan waktu.
    ANNONS Pot With Lid £4
    KAVALKAD Frying Pan £2.25
    GNARP 3-Piece Kitchen Utensil Set £1.5
    LEGITIM Chopping Board £1
    ÄNDLIG 3-Piece Knife Set £5
  2. Tableware
    Peralatan makan berupa piring, mangkuk, sendok, garpu, pisau, dan gelas. Kalau bisa cari yang microwave safe.
    OFTAST Plate £0.5
    OFTAST Side Plate £0.5
    OFTAST Bowl £0.5
    INLEDA 16-Piece Cutlery Set £1.45
    IKEA 365+ Mug £0.95
  3. Dishwashing Accessories
    Busa pencuci piring (tapas), lap dapur, sabun pencuci piring.
    SVAMPIG Sponge 3 Pack £0.6
    PLUSSIG Dish-Cloth 4 Pack £0.75
    ANTAGEN Dish-Washing Brush £0.25
  4. Plastic Food Storage
    Penting untuk menyimpan bahan makanan di kulkas. Bisa juga menyimpan masakan untuk disimpan di freezer agar hemat waktu, bisa tinggal dipanaskan jika ingin dimakan.
    PRUTA Food Container, Set of 17 £3.5
    BEVARA Sealing Clip, Set of 30 £1.5
    FÖRNYBAR Freezer Bag starts from £0.75
  5. Spices
    Bumbu-bumbu dasar seperti garam, gula, merica/lada, dan minyak. Bisa beli di supermarket terdekat, tetapi yang paling murah biasanya di supermarket jerman, seperti Lidl dan Asda. Khusus bumbu dan rempah dari Indonesia, bisa beli di Asian Supermarket, yaitu:
    Loon Fung (http://www.loonfung.com/index.html)
    New Loon Moon (http://newloonmoon.com/)
ELECTRONICS
  1. Printer, tinta, kertas. Opsional karena biasanya disediakan juga di sekolah atau universitas. Jika terpaksa beli, sepertinya HP ada diskon khusus pelajar sebesar 30%.
    Argos (http://www.argos.co.uk/static/Home.htm?_$ja=tsid:21348)
    Currys (http://www.currys.co.uk/gbuk/computing/desktop-pcs-317-c.html)
    PC World (http://www.pcworld.co.uk/gbuk/index.html)
  2. Adaptor (colokan kaki 2 Indonesia ke kaki 3 Inggris). Sebenarnya akan lebih multifungsi jika membeli universal adaptor saja sekalian, walaupun lebih mahal tapi bisa dipakai saat bepergian ke negara lain.
  3. Stop kontak. Cari yang soketnya juga universal. Saya beli online di Lazada dengan harga Rp99000 lumayan lagi promo, agak tricky juga carinya ini karena bingung saat mencari produknya kebanyakan keluar yang stop kontak dengan lubang Indonesia. Produk yang sama persis di Amazon UK harganya jadi mahal 4 kali lipatnya. Baiknya beli di Indonesia saja.
  4. Kabel LAN (jika koneksi WiFi di akomodasi kurang baik).
OTHERS
  1. Storage Bag
    Kalau ini bisa bawa dari Indonesia sebenarnya, yaitu kantung belanja, berguna untuk belanja kebutuhan sehari-hari tiap minggu atau tiap bulan.
    FRAKTA Carrier Bag, Medium £0.4
    FRAKTA Carrier Bag, Large £0.4
    FRAKTA Trunk For Trolley £2.5
    DIMPA Storage Bag £2.95
    KNALLA Bag £1.5
    KNALLA Shopping Bag on Wheels £16
  2. Padlock
    Gembok juga lebih baik bawa dari Indonesia karena saya cek dari situsnya IKEA agak mahal harganya.
    FÖRFINA Padlock 2 Pack £3
    FÖRFINA Padlock £3
  3. Wishlist
    Barang-barang yang perlu/tidak perlu, tapi saya tergoda untuk membelinya, hahaha..
    SY 15-Piece Sewing Set £10
    TRYGGHET First Aid Kit £6
    KLIPSK Bed Tray £6
    NJUTA Slippers £2
    KNALLA Rain Poncho £7
    KNALLA Seat Pad £2.5
    STUGVIK Hook With Suction Cup 2 Pack £2.9
    STUGVIK Soap Dispenser with Suction Sup £4.75

Reference:
http://ppilondon.org/studi-di-london/persiapan-kuliah/belanja-kebutuhan-pribadi/

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s