Panduan: Settling In at University College London

Di beberapa tulisan saya sebelumnya, sudah sering saya sebutkan bahwa saya mulai studi di bulan April, normalnya tahun ajaran baru dimulai pada bulan September. Begitu selesai daftar ulang (enrolment), saya blank, sebagai pelajar tingkat doktoral, saya tidak tahu harus mulai dari mana (selain bertemu supervisor saya). Saya tidak mendapatkan arahan terkait sistem dan teknologi pembelajaran di University College London. Oleh karena itu, saya merasa perlu menuliskan beberapa tips untuk pelajar baru di University College London, apalagi yang tidak ikut induction seperti saya.

  1. Membuat UCL User ID
    UCL User ID sudah bisa didapatkan sejak sudah melakukan pre-enrolment. Biasanya 1 bulan sebelum mulai studi, calon pelajar UCL akan menerima email dengan subject “UCL Pre-Enrolment Service Now Available…” salah satu kontennya yaitu adalah informasi mengenai tata cara mendapatkan UCL User ID dan membuat UCL Password. Contoh UCL User ID: ucfbmic (terdiri dari 7 digit).
  2. Akses UCL Email
    Setelah mendapatkan UCL User ID, UCL email address akan diberikan saat mulai studi. Namun kenyataannya saya sudah langsung dapat email address langsung setelah mendapatkan UCL User ID (satu bulan sebelum mulai studi). Sebenarnya UCL User ID dan UCL Password bisa langsung digunakan untuk akses email melalui Outlook Office 365. Sebaiknya tunggu email address atau email alias dikirim oleh pihak UCL, untuk penggunaan secara eksternal.
  3. Membuat UCL ID Card
    UCL ID Card dapat dibuat setelah melakukan daftar ulang (enrolment) dan mendapatkan Statement of Student Status. Lokasi pembuatan UCL ID Card di Andrew Huxley Building, cukup bawa Statement of Student Status dan Pasport. Foto langsung disana dan UCL ID Card langsung jadi dalam waktu kurang dari 5 menit.
  4. Koneksi Internet dengan WiFi / Wireless Network
    Pilih jaringan “Eduroam”
    Masukkan UCL User ID dan Password
    Contoh UCL User ID: ucfbmic@ucl.ac.uk
  5. Akses Publikasi dari UCL Library
    Masukkan UCL Library Barcode dan PIN
    Barcode (11 digit) dapat dilihat di belakang UCL ID CardPIN (4 digit) terdiri dari tanggal dan bulan lahir (15 Maret, PIN = 1503)
  6. Unduh Peranti Lunak Gratis
    University College London menyediakan beberapa peranti lunak (software) gratis selama menjadi pelajar di UCL, beberapa di antaranya adalah Microsoft Office 365, Skype for Business, AutoCAD, ENVI, Mathematica, MatLab, NAG, Origin, PDF Converter Pro, SAS, SPSS, dan masih banyak lagi. Sedangkan ada juga beberapa peranti lunak yang dapat dibeli dengan harga diskon khusus pelajar, seperti Adobe dan EndNote.
  7. Simpan Data di Cloud dan File Storage
    Masukkan UCL User ID dan Password
    Contoh UCL User ID: ucfbmic@ucl.ac.uk
    Saya lebih memilih untuk menyimpan seluruh data riset di aplikasi cloud storage, OneDrive dari UCL karena kapasitasnya yang besar, mencapai 1TB (termasuk data email). Namun selain cloud storage, UCL juga menyediakan file storage sebesar 100GB di Filestore @ UCL Service yang bisa diakses melalui laptop pribadi, caranya bisa lihat di File Storage @ Personal Laptop.
  8. Akses Moodle untuk Unduh Bahan Ajar
    Masukkan UCL User ID dan Password
    Contoh UCL User ID: ucfbmic
    Aplikasi untuk unduh bahan ajar dan wadah pengumpulan tugas (pribadi maupun kelompok), khususnya untuk master students. Untuk research students berguna untuk unduh bahan ajar dari courses (lihat bagian 10).
  9. Mengisi Research Log untuk Pelajar Riset
    Masukkan UCL User ID dan Password
    Contoh UCL User ID: ucfbmic
    Khusus untuk research students, setiap 3 bulan sekali harus mengisi research log, sederhananya seperti laporan kemajuan riset secara singkat. Untuk penerima beasiswa LPDP, research log ini juga dapat digunakan sebagai persyaratan untuk mengajukan Living Allowance secara rutin.
  10. Daftar Course untuk Pelajar Riset
    Masukkan UCL User ID dan Password
    Contoh UCL User ID: ucfbmic
    Khusus research students, sebagai persyaratan lulus, harus mengikuti course untuk mendapatkan minimal 20 poin setiap tahunnya (total 60 poin dalam 3 tahun, total 80 poin dalam 4 tahun). Setelah daftar, jika ada keperluan mendadak, bisa dibatalkan minimal 3 hari sebelum course berlangsung, jika tidak dibatalkan dan tidak dihadiri akan kena cancellation fee sebesar £50.
  11. Kebutuhan untuk Print, Scan, dan Copy
    Setiap student akan mendapatkan free credit sebanyak £12.00 untuk melakukan print, scan, dan copy di UCL. Jika sudah habis, harus beli credit secara online, cek dan beli Print@UCL Credit di UCL Check Print Credit dan UCL Buy Print Credit. Biayanya untuk scan gratis, caranya bisa cek di UCL How To Scan, sedangkan biaya untuk print dan copy mulai dari 5p per halaman A4 hitam putih, 25p per halaman A4 warna, biaya lebih lengkapnya bisa lihat di UCL Print Charging. Lokasi untuk print bisa dilihat di UCL Print Device Locations. Informasi lebih lengkap dan menggunakan servisnya bisa baca di UCL Print Copy Scan atau UCL Library Print Service.
  12. Mengelola Referensi dengan Mendeley (Menyusul)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s