Panduan: Membuat Visa UK (Standard Visitor)

Untuk keperluan pariwisata (termasuk mengunjungi teman dan keluarga), visa yang dibutuhkan adalah Standard Visitor Visa. Aplikasi visa baru bisa diajukan H-3 bulan sebelum tanggal keberangkatan dan hasilnya selesai dalam waktu 3 minggu (15 hari kerja). Biaya pengajuan Standard Visitor Visa adalah sebesar GBP 89 atau USD 121 (biaya terbaru cek di UK Visa Application Fees atau UK Visa Fees). Pada 23 Agustus 2017 pembayaran visa dengan Kartu Debit Mandiri (Verified by Visa) USD 121 menjadi IDR 1.648.000. Jika visa disetujui, maksimal lama tinggal di UK adalah selama 6 bulan. Cara mengisi formulir aplikasi visa dapat dilihat pada artikel Panduan: Aplikasi Visa UK (Standard Visitor).

PERSYARATAN DOKUMEN APLIKASI VISA

Informasi resmi terkait persyaratan dokumen bisa dilihat di Visit Visa Supporting Documents, berikut dokumen utama yang dibutuhkan untuk mengajukan Standard Visitor Visa UK yang sudah diterjemahkan:

  1. Formulir aplikasi visa dalam bahasa inggris, diisi secara online, dicetak dan ditandatangani oleh pemohon visa. Cara mengisi formulir aplikasi visa secara online dapat dilihat pada artikel Panduan: Aplikasi Visa UK (Standard Visitor).
  2. Paspor dengan masa berlaku lebih dari 8 bulan, serta paspor lama (jika ada).
  3. Bukti keuangan, berupa surat referensi bank dalam bahasa inggris, mutasi rekening atau rekening koran, serta slip gaji (seluruhnya dalam 6 bulan terakhir). Biaya untuk membuat surat referensi bank berbeda-beda, Bank BCA dikenakan biaya IDR 50.000, Bank Mandiri dikenakan biaya IDR 100.000, Bank BRI dikenakan biaya IDR 150.000, dan Bank BNI dikenakan biaya IDR 150.000. Untuk istri yang perjalanannya akan ditanggung oleh suami (surat referensi bank serta mutasi rekening bank atas nama suami), wajib menyertakan surat sponsor dari suami yang menyatakan bahwa suami akan menanggung seluruh perjalanan istri, begitu juga dengan visa anak yang biaya perjalanannya ditanggung oleh orang tua.
  4. Surat keterangan kerja dalam bahasa inggris dengan kop surat dan cap perusahaan, jabatan, keterangan gaji, tanggal mulai bekerja, lama bekerja, konfirmasi izin cuti, kontak perusahaan yang dapat dihubungi, serta pernyataan bahwa karyawan akan kembali bekerja setelah pulang dari Inggris. Untuk yang masih berstatus mahasiswa lampirkan surat sponsor dari orang tua, untuk yang wiraswasta lampirkan surat keterangan usaha, semuanya harus dalam bahasa inggris.
  5. Identitas dan bukti hubungan keluarga berupa kartu tanda penduduk, kartu keluarga, akta kelahiran, dan surat nikah yang diterjemahkan oleh penerjemah tersumpah (sworn translator). Bisa diurus di Worldnet Translation Service (worldnet.andrew@gmail.com) dengan biaya IDR 100.000 / lembar x 4 (untuk KTP, KK, Akta kelahiran, dan Surat Nikah) = IDR 400.000. Untuk jasa penerjemah yang lebih murah, bisa diurus di Unggul Translator (IDR 70.000 per lembar) atau BNS Translation Services (IDR 50.000 per lembar), informasi lebih lengkap bisa baca di artikel Panduan: Mengurus Terjemahan Dokumen untuk Visa UK. Untuk berkas yang diserahkan ke VFS Global, cukup lampirkan fotokopi yang dilegalisir, tidak perlu aslinya.
  6. Bukti izin tinggal, jika mengajukan visa bukan di negara asal. Misalnya paspor Indonesia tetapi sedang bekerja di Korea Selatan dan mengajukan Visa UK dari Korea Selatan, harus ada bukti izin tinggal yang valid di Korea Selatan. Untuk yang tinggal di Indonesia dan mengajukan Visa UK dari Indonesia, persyaratan ini bisa diabaikan.

Semua dokumen yang diserahkan harus asli (jangan lupa fotokopi seluruh persyaratan dokumen tersebut) dan apabila bukan dalam bahasa Inggris, harus diterjemahkan ke dalam bahasa Inggris terlebih dahulu. Informasi terbaru (Februari 2017), ternyata persyaratan dokumen boleh fotokopi kecuali surat referensi bank dan surat keterangan kerja. Urutkan semua persyaratan dokumen sesuai Visa Document Checklist untuk mempermudah penyerahan berkas saat janji temu. Selain itu, beberapa dokumen tambahan ini tidak wajib dilampirkan, namun jika ada bisa disertakan saat pengajuan, antara lain:

  • Surat undangan dari teman atau keluarga di UK dan bukti keuangan pengundang bisa berupa mutasi rekening. Jika akan tinggal dengan teman atau keluarga di UK, tuliskan juga alamat tempat tinggalnya di surat undangan tersebut dan kalau bisa lampirkan bukti kepemilikan tempat tinggal tersebut bisa berupa bukti pembayaran tagihan air atau listrik per bulannya (bills) atau tenancy agreement dengan pemilik rumah (landlord).
  • Bukti pemesanan tiket pesawat, hotel, dan asuransi perjalanan. Untuk tiket pesawat jika rutenya lewat negara lain, misalnya Belanda, sertakan juga bukti pemesanan tiket pesawat/kereta untuk dari Belanda ke Inggris. Untuk bukti penginapan di Inggris, bisa reservasi dari Booking atau Agoda yang bisa di batalkan tanpa biaya jika visa ditolak.  Untuk asuransi perjalanan sebenarnya Inggris tidak mewajibkan, namun jika tetap ingin menyertakan ada banyak pilihan mulai dari AXA, ACA, ACE, AIG, ZURICH, MEGA INSURANCE, AIA, dan lainnya, yang penting harus cover minimal EUR 30.000 / USD 50.000 untuk satu bulan perjalanan, biayanya sekitar IDR 600.000 untuk single trip. Karena Inggris tidak punya wilayah eksklusif untuk asuransi, maka pilihan yang cocok adalah travel insurance yang cakupannya global (worldwide).
  • Rencana perjalanan atau itinerary. Sebenarnya tidak wajib, tetapi akan berpengaruh pada perhitungan persyaratan bukti keuangan yang sudah disebutkan sebelumnya. Selain itu, itinerary juga memiliki peran yang lebih penting untuk pihak kedutaan, yaitu bahwa benar bepergian menjadi turis dan tidak berniat menetap di sana (sebagai pengangguran atau gelandangan).
  • Pas foto terbaru 2 lembar (3.5×4.5 cm dengan latar putih). Informasi terbaru, pas foto sudah tidak diperlukan karena akan langsung diambil saat janji temu penyerahan berkas.

Surat-surat yang dijadikan persyaratan dokumen, mulai dari surat sponsor, surat referensi bank, surat keterangan kerja, dan lainnya, semuanya ditujukan kepada:
The Head Of Consulate Visa Section British Embassy Jakarta
Jl. Patra Kuningan Raya Blok L5-6, Jakarta 12950

FORMULIR APLIKASI VISA

Untuk melengkapi dan mengajukan formulir aplikasi visa hanya dapat dilakukan secara online di Website Visa4UK. Silakan mendaftar dan membuat sebuah akun terlebih dahulu.Cara mengisi formulir aplikasi visa dapat dilihat pada artikel Panduan: Aplikasi Visa UK (Standard Visitor).

Setelah selesai melengkapi formulir aplikasi visa, cetak dan tandatangani formulir yang sudah dilengkapi tersebut. Jika tidak memiliki akses ke printer saat mengajukan aplikasi, dapat masuk dan mencetak formulir tersebut kemudian karena sudah mendaftar. Sebelum formulir aplikasi visa ditandatangani, pastikan bahwa informasi dalam formulir benar dan dokumen pendukung asli, serta tidak diubah. Jika tidak memiliki suatu dokumen, sertakan penjelasan mengapa tidak memilikinya.

Setelah melengkapi formulir aplikasi secara online, konfirmasi nomor aplikasi (juga dikenal sebagai ‘referensi GWF’) akan dikirim melalui email. Jangan lupa untuk catat nomor tersebut. Langkah selanjutnya adalah memilih waktu janji temu di pusat permohonan visa melalui layanan pembuatan janji online, janji temu harus tidak lebih dari 90 hari setelah tanggal formulir permohonan visa online dilengkapi dan dikirim. Cara mengisi formulir aplikasi visa secara lebih lengkap dapat dilihat di Panduan: Formulir Aplikasi UK (Standard Visitor).

PEMBAYARAN APLIKASI VISA

Untuk melakukan pembayaran aplikasi visa, harus dilakukan secara online dengan menggunakan kartu kredit visa atau master card, atau bisa juga dengan kartu debit yang dapat dipakai transaksi online (misalnya kartu debit mandiri). Setelah pembayaran diterima, konfirmasi pembayaran akan dikirim melalui email dari provider pembayarannya, yaitu WorldPay. Pada 23 Agustus 2017 pembayaran visa dengan Kartu Debit Mandiri (Verified by Visa) USD 121 menjadi IDR 1.648.000, cara mengaktifkan kartu debit mandiri untuk bisa dipakai transaksi online bisa baca di Panduan: Aktivasi VBV Kartu Debit Mandiri untuk Pembayaran Visa UK. Hasil cetak (printout) dari email tersebut sebagai bukti pembayaran harus turut dilampirkan saat melakukan janji temu di pusat permohonan visa.

  • Jika permohonan visa ingin dibatalkan atau ditarik, silahkan gunakan formulir permintaan pengembalian dana agar biaya visa yang sudah dibayar dapat dikembalikan.
  • Jika informasi biometrik telah diserahkan dan/atau permohonan visa telah diproses, anda tidak berhak untuk mendapatkan pengembalian dana baik dari UK Visas and Immigration atau dari pihak penyedia kartu anda.
  • Jika kategori visa yang diajukan salah, maka permohonan visa yang lama harus ditarik dan harus ajukan permohonan ulang. Lakukan permintaan pengembalian dana, dan kemudian lanjutkan dengan pengajuan permohonan visa yang baru.
APPOINTMENT PENGAJUAN APLIKASI VISA

Setelah mengajukan aplikasi visa secara online, melakukan pembayaran, dan membuat janji temu, langkah terakhir yang perlu dilakukan adalah datang ke pusat permohonan visa sesuai dengan tanggal dan jam yang telah dipilih. Di Indonesia, pusat permohonan visa (atau VFS Global) hanya ada di Jakarta dan Bali. Hadiri janji temu di pusat permohonan visa untuk penyerahan berkas formulir permohonan visa yang sudah ditandatangani lengkap disertai dengan dokumen persyaratan yang diperlukan, asli dan fotokopinya. Pada janji temu ini, juga akan dilakukan pengambilan data biometrik dari pemohon visa berupa foto dan sidik jari. Tips saat janji temu di pusat permohonan visa:

  • Pilih janji temu dengan jadwal yang pagi, agar antrian tidak terlalu panjang dan tidak menunggu terlalu lama. Janji temu hanya dapat dilakukan pada hari kerja (Senin-Jumat) pukul 08.00-14.00 WIB.
  • Datang 15 menit sebelum jadwal janji temu, walaupun pelamar visa baru diperbolehkan masuk ke ruangan VFS 5 menit sebelum jadwal janji temu.
  • Jangan membawa terlalu banyak barang/tas, untuk yang bawa laptop harus dititipkan di jasa titip tas dengan biaya IDR 22.000 per barang bawaan.
  • Matikan telepon genggam dan jangan dikeluarkan selama di ruang tunggu jika tidak ingin ditegur oleh pihak sekuriti.
  • Tidak perlu menggunakan fitur notifikasi via sms yang berbayar (IDR 25.000), karena informasi hasil permohonan visa yang telah selesai akan dikirim melalui email (gratis).
PENGAMBILAN PASPOR DAN KEPUTUSAN APLIKASI VISA

Proses pembuatan Visa UK adalah 15 hari kerja. Setelah 15 hari kerja, biasanya akan ada notifikasi melalui email bahwa visa telah selesai di proses, namun memang tidak diinformasikan hasil pengajuannya diterima atau ditolak. Biasanya, jika ditolak akan disertai surat yang menjelaskan alasan pengajuan visa ditolak. Apabila sudah lewat dari 15 hari kerja dan belum menerima email, bisa jadi salah input email, kalau sudah seperti ini bisa langsung datang ke VFS dan mengambil visanya.

Untuk pengambilan paspor dan keputusan aplikasi visa, dilakukan di VFS Global dan wajib membawa tanda terima bukti permohonan visa (kertas putih-dan-pink panjang-panjang yang diserahkan petugas saat melamar visa). Pengambilan bisa diwakilkan oleh orang lain dengan menyertakan surat kuasa (yang menjelaskan hubungan pemohon visa dengan pengambil visa) dan fotokopi kartu identitas (KTP). Pengambilan paspor dan keputusan aplikasi visa hanya bisa dilakukan pada hari kerja (Senin-Jumat) pukul 15.00-17.00 WIB.

TAUTAN PENTING
LOKASI VFS GLOBAL

VFS Global
Kuningan City Mall Lt. 2, Jl. Prof. DR. Satrio No. 18, RT 14 / RW 04
Karet Kuningan, Setiabudi, Jakarta Selatan 12940

REFERENSI

One thought on “Panduan: Membuat Visa UK (Standard Visitor)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s