Panduan: Membuat Visa UK (Tier 4 General Dependant)

Jika dependant (suami/istri dan anak) akan tinggal bersama selama studi, maka visa yang dibutuhkan adalah Tier 4 General Dependant Visa. Aplikasi visa baru bisa diajukan H-3 bulan sebelum tanggal keberangkatan dan hasilnya selesai dalam waktu 3 minggu (15 hari kerja). Biaya pengajuan Tier 4 General Dependant Visa adalah sebesar £335 ($449) jika dibuat di luar UK atau £457 ($613) jika dibuat saat sudah di UK (biaya terbaru cek di UK Visa Application Fees atau UK Visa Fees). Simulasi perhitungan kebutuhan biaya aplikasi untuk bisa dihitung melalui Simulasi Biaya Visa UK (Tier 4 General Dependant). Jika visa disetujui, maksimal lama tinggal di UK adalah mengikuti main applicant. Cara mengisi formulir aplikasi visa dapat dilihat pada artikel Panduan: Aplikasi Visa UK (Tier 4 General Dependant).

PERSYARATAN DOKUMEN APLIKASI VISA

Informasi resmi terkait persyaratan dokumen bisa dilihat di Guidance for Dependants of UK Visa Applicants Tier 4. Berikut dokumen utama terkait dependant dan main applicant yang dibutuhkan untuk pengajuan Tier 4 General Dependant Visa, yaitu:

  1. Paspor dependant dengan masa berlaku lebih dari 6 bulan, serta paspor lama untuk membuktikan histori perjalanan (jika ada).
  2. Sertifikat Bebas TBC dependant, untuk dependant pasangan (dewasa) wajib melakukan tes tuberkolosis (dengan rontgen) di rumah sakit yang ditunjuk. Untuk dependant anak (khusus anak dengan usia di bawah 11 tahun) tidak perlu rontgen, tetapi tetap harus dibawa ke rumah sakit yang ditunjuk bersama orang tua, ada daftar pertanyaan yang perlu diisi agar dapat dikeluarkan Sertifikat Bebas TBC untuk anak. Informasi lebih lanjut baca Panduan: Membuat Sertifikat Bebas TBC untuk Visa UK.
  3. Bukti hubungan keluarga dependant dengan main applicant, berupa surat nikah, kartu keluarga, kartu tanda penduduk, akta lahir pasangan, dan akta lahir anak (jika ada). Khusus kartu keluarga dan akta lahir wajib diterjemahkan oleh penerjemah tersumpah, kecuali dokumen tersebut sudah bilingual (seperti surat nikah), informasi lebih lengkap bisa dibaca di Panduan: Mengurus Terjemahan Dokumen untuk Visa UK.
  4. Bukti keuangan dependant dan/atau main applicant, berupa surat referensi bank dalam bahasa inggris (yang berisi nomor rekening, nama pemilik rekening, dan jumlah uang yang ada di rekening), mutasi rekening atau rekening koran (6 bulan terakhir), serta surat keterangan sponsor dari beasiswa misalnya ‘Letter of Guarantee’ dari LPDP (jika ada). Jika main applicant sudah tinggal di UK lebih dulu sebaiknya sertakan bukti keuangan dari Bank UK, bukan Bank Indonesia. Jika maintenance fee akan diendapkan di rekening main applicant, lampirkan surat keterangan bertanda tangan di atas materai bahwa main applicant memperbolehkan dependant untuk menggunakan dana tersebut untuk hidup bersama selama di UK.
  5. Bukti kualifikasi pendidikan dependant berupa sertifikat ijazah dan transkrip pendidikan terakhir milik (untuk dependant pasangan wajib dilampirkan jika aplikasi diajukan terpisah dengan main applicant) serta sertifikat kemampuan bahasa inggris misalnya TOEFL atau IELTS (jika ada).
  6. Data diri dan bukti status main applicant sebagai pelajar: Paspor main applicant, visa main applicant (biasanya dalam bentuk BRP), Letter of Acceptance (LOA) dari universitas, Confirmation of Acceptance for Studies (CAS), Statement of Student Status (diterbitkan oleh universitas, biasanya oleh student center), Student ID Card, Surat Izin Universitas untuk Membawa Keluarga selama Studi (jika ada).
  7. Bukti dukungan/sponsor main applicant, berupa Sponsor/Invitation/Support Letter yang menyatakan bahwa dependant akan tinggal dengan main applicant di alamat tempat tinggal dan main applicant akan menanggung hidup dependant selama tinggal bersama. Sertakan juga kontrak akomodasi dengan landlord untuk membuktikan alamat tempat tinggal.

Terakhir ada dokumen administrasi yang perlu dilampirkan juga sebagai persyaratan saat janji temu, antara lain:

  1. Appointment Confirmation Barcode
  2. Signed Visa Application Form
  3. Visa Payment Confirmation
  4. IHS Payment Confirmation

Semua surat yang diterbitkan sebagai persyaratan dokumen visa harus bertanggal kurang dari 31 hari sebelum pengajuan aplikasi visa (saat bayar aplikasi visa secara online). Semua dokumen yang diserahkan harus asli (jangan lupa fotokopi seluruh persyaratan dokumen tersebut) dan apabila bukan dalam bahasa Inggris, harus diterjemahkan ke dalam bahasa Inggris terlebih dahulu dengan penerjemah tersumpah (informasi terkait penerjemah tersumpah bisa dibaca di Panduan: Mengurus Terjemahan Dokumen untuk Visa UK). Selain itu, beberapa dokumen tambahan ini tidak wajib dilampirkan, namun jika ada bisa disertakan saat pengajuan, antara lain:

  • Bukti hubungan dependant dengan main applicant (untuk memperkuat bukti hubungan keluarga, khususnya long distance marriage) berupa foto pernikahan, foto bulan madu, foto liburan bersama, lengkap dengan keterangan waktu dan lokasinya, undangan pernikahan, surat keterangan saksi yang ditandatangani oleh saksi diatas materai, semua bukti yang menunjukkan bahwa main applicant dan dependant benar-benar berhubungan dari lama.
  • Bukti izin tinggal dependant, jika dependant mengajukan visa bukan di negara asal. Misalnya dependant memiliki paspor Indonesia tetapi sedang tinggal di Korea Selatan dan akan mengajukan Visa UK dari Korea Selatan, harus ada bukti izin tinggal yang valid di Korea Selatan.
BIAYA APLIKASI VISA

Biaya yang harus dipersiapkan untuk mengajukan Tier 4 General Dependant Visa antara lain (1) Biaya Aplikasi Visa, dibayarkan secara online saat pengajuan visa; (2) Biaya Asuransi Kesehatan (NHS), dibayarkan secara online saat pengajuan visa; dan (3) Persyaratan Maintenance Fee, tidak dibayarkan dan hanya ditunjukkan sebagai persyaratan dokumen visa. Simulasi perhitungan kebutuhan biaya aplikasi untuk bisa dihitung melalui Simulasi Biaya Visa UK (Tier 4 General Dependant). Ketiga komponen biaya tersebut tidak harus disediakan dalam mata uang GBP, namun bisa dalam mata uang IDR dan mengacu pada Oanda untuk acuan konversi mata uang.

Biaya Aplikasi Visa
Biaya pengajuan Tier 4 General Dependant Visa adalah sebesar £335 ($449) jika dibuat di luar UK atau £457 ($613) jika dibuat saat sudah di UK (biaya terbaru cek di UK Visa Application Fees atau UK Visa Fees).

Biaya Asuransi Kesehatan (NHS)
Biaya asuransi kesehatan atau NHS ini sebesar £150 per tahun khusus untuk visa pelajar atau dependant dari yang memiliki visa pelajar. Jumlah yang harus dibayarkan tergantung pada lama visa yang diberikan dengan pembulatan 6 bulan (diatas 6 bulan biaya asuransi kesehatan dibulatkan 1 tahun dan dibawah 6 bulan biaya asuransi kesehatan dibulatkan 1/2 tahun), panduan perhitungannya bisa lihat di Immigration Health Surcharge Calculation. Untuk studi jenjang master biasanya visa diberikan 1,5 tahun, sedangkan untuk studi jenjang doktoral biasanya visa diberikan 4,5 tahun.

Persyaratan Maintenance Fee
Maintenance fee ini tidak dibayarkan, namun wajib dibuktikan bahwa memang tersedia dan buktinya dijadikan persyaratan dokumen visa yang harus dilampirkan saat janji temu. Biaya maintenance fee di London minimal £845 per bulan, jika di luar London minimal £680 per bulan, dan dikalikan dengan 9 bulan (informasi terbaru lihat di Guidance for Dependants of UK Visa Applicants Tier 4). Minimal mengendap di rekening selama 28 hari sebelum mengajukan visa. Uang tersebut bisa diendapkan di rekening main applicant atau dependant atau bahkan gabungan dari kedua rekening, tetapi disarankan semua jadi satu di rekening main applicant, agar dependant dianggap benar-benar bergantung pada main applicant atau pasangan yang mendapatkan visa utama.

Catatan Tambahan
Khusus untuk persyaratan maintenance fee, jika main applicant sudah tinggal di Inggris lebih dari 6 bulan dan dependant akan menyusul setelahnya, maka bukti keuangan maintenance fee cukup dikalikan 2 bulan saja (tidak perlu dikalikan 9 bulan).

FORMULIR APLIKASI VISA

Untuk melengkapi dan mengajukan formulir aplikasi visa hanya dapat dilakukan secara online di Website Visa4UK. Silakan mendaftar dan membuat sebuah akun terlebih dahulu. Cara mengisi formulir aplikasi visa dapat dilihat pada artikel Panduan: Aplikasi Visa UK (Tier 4 General Dependant).

Setelah selesai melengkapi formulir aplikasi visa, cetak dan tandatangani formulir yang sudah dilengkapi tersebut. Jika tidak memiliki akses ke printer saat mengajukan aplikasi, dapat masuk dan mencetak formulir tersebut kemudian karena sudah mendaftar. Sebelum formulir aplikasi visa ditandatangani, pastikan bahwa informasi dalam formulir benar dan dokumen pendukung asli, serta tidak diubah. Jika tidak memiliki suatu dokumen, sertakan penjelasan mengapa tidak memilikinya.

Setelah melengkapi formulir aplikasi secara online, konfirmasi nomor aplikasi (juga dikenal sebagai ‘referensi GWF’) akan dikirim melalui email. Jangan lupa untuk catat nomor tersebut. Langkah selanjutnya adalah memilih waktu janji temu di pusat permohonan visa melalui layanan pembuatan janji online, janji temu harus tidak lebih dari 90 hari setelah tanggal formulir permohonan visa online dilengkapi dan dikirim. Cara mengisi formulir aplikasi visa secara lebih lengkap dapat dilihat di Panduan: Formulir Aplikasi UK (Standard Visitor).

PEMBAYARAN APLIKASI VISA

Untuk melakukan pembayaran aplikasi visa, harus dilakukan secara online dengan menggunakan kartu kredit visa atau master card, atau bisa juga dengan kartu debit yang dapat dipakai transaksi online (misalnya kartu debit mandiri). Setelah pembayaran diterima, konfirmasi pembayaran akan dikirim melalui email dari provider pembayarannya, yaitu WorldPay. Hasil cetak (printout) dari email tersebut sebagai bukti pembayaran harus turut dilampirkan saat melakukan janji temu di pusat permohonan visa.

  • Jika permohonan visa ingin dibatalkan atau ditarik, silahkan gunakan formulir permintaan pengembalian dana agar biaya visa yang sudah dibayar dapat dikembalikan.
  • Jika informasi biometrik telah diserahkan dan/atau permohonan visa telah diproses, anda tidak berhak untuk mendapatkan pengembalian dana baik dari UK Visas and Immigration atau dari pihak penyedia kartu anda.
  • Jika kategori visa yang diajukan salah, maka permohonan visa yang lama harus ditarik dan harus ajukan permohonan ulang. Lakukan permintaan pengembalian dana, dan kemudian lanjutkan dengan pengajuan permohonan visa yang baru.
APPOINTMENT PENGAJUAN APLIKASI VISA

Setelah mengajukan aplikasi visa secara online, melakukan pembayaran, dan membuat janji temu, langkah terakhir yang perlu dilakukan adalah datang ke pusat permohonan visa sesuai dengan tanggal dan jam yang telah dipilih. Di Indonesia, pusat permohonan visa (atau VFS Global) hanya ada di Jakarta dan Bali. Hadiri janji temu di pusat permohonan visa untuk menyerahkan formulir permohonan visa yang sudah ditandatangani lengkap disertai dengan dokumen persyaratan yang diperlukan, asli dan fotokopinya. Pada janji temu ini, pemohon visa juga akan diambil data biometriknya berupa foto dan sidik jari.

CEK STATUS APLIKASI VISA

Proses pembuatan Visa UK adalah 15 hari kerja. Setelah 15 hari kerja, biasanya akan ada notifikasi melalui email bahwa visa telah selesai di proses, namun memang tidak diinformasikan hasil pengajuannya diterima atau ditolak. Biasanya, jika ditolak akan disertai surat yang menjelaskan alasan pengajuan visa ditolak. Apabila sudah lewat dari 15 hari kerja dan belum menerima email, bisa jadi salah input email, kalau sudah seperti ini bisa langsung datang ke VFS dan mengambil visanya.

TAUTAN PENTING
LOKASI VFS GLOBAL

VFS Global
Kuningan City Mall Lt. 2, Jl. Prof. DR. Satrio No.18, RT.14/RW.4
Karet Kuningan, Setiabudi, Jakarta Selatan 12940

REFERENSI

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s