Panduan: Membuat Akta Lahir, Paspor, dan Visa Bayi di Inggris

PROLOGUE
Ternyata, hamil dan melahirkan di Inggris banyak tantangannya. Setelah saya dan suami ikhlas untuk berhubungan jarak jauh (long distance marriage), permasalahan berikutnya adalah, terkait asuransi kesehatan serta izin tinggal bayi yang akan lahir nanti. Ternyata, bayi yang lahir di Inggris akan mendapatkan fasilitas kesehatan gratis hingga usia 3 bulan, di atas itu harus bayar sendiri atau opsinya bayar asuransi kesehatan. Untuk bayar asuransi kesehatan, bayi tersebut harus memiliki visa (izin tinggal), dan untuk memiliki visa tersebut tentunya bayi harus memiliki paspor. Awalnya saya kira bayi yang lahir di Inggris mendapatkan fasilitas kesehatan gratis selama 1 tahun pertama, entah dari mana saya berasumsi, ternyata tidak benar, dan begitu saya tahu, saya dan suami cukup panik. Paniknya karena kami tidak akan tinggal bersama di Inggris karena suami masih dalam kontrak bekerja di Korea Selatan. Sedangkan untuk mengurus visa bayi, kedua orang tua harus tinggal di Inggris kecuali jika salah satu meninggal atau memang sudah cerai, rumit bukan.

Artikel ini ditulis untuk persiapan saya dan suami saat bayi kami sudah lahir nanti, tahapannya dari awal hingga akhir agar bayi bisa mendapatkan asuransi kesehatan dan izin tinggal di Inggris. Secara garis besar, tahapan utamanya adalah: (1) United Kingdom Birth Certificate dari Local Register Office; (2) Indonesian Passport & Birth Certificate dari Indonesian Embassy; (3) Tier 4 General Dependant Child Visa dan Baby’s National Health Service.

United Kingdom Birth Certificate

Di Inggris, setiap bayi yang lahir wajib untuk didaftarkan kelahirannya untuk mendapatkan birth certificate (akta lahir) melalui city council atau local register office (semacam kantor pemerintahan) sesuai alamat tempat bayi lahir, bukan sesuai alamat tempat tinggal orang tua, paling lambat 42 setelah bayi lahir. Beberapa rumah sakit bisa langsung menerbitkan birth certificate, tanyakan terlebih dahulu ke rumah sakit terkait, jika tidak bisa berarti memang harus datang ke local register office, tanyakan local register office yang termasuk dalam area yang sama dengan lokasi rumah sakit tersebut, atau bisa cari secara mandiri di Find A Register Office. Misalnya, alamat tempat tinggal orang tua terletak di NW1 3SX hasilnya adalah Camden Register Office, sedangkan alamat rumah sakit tempat melahirkan terletak di N19 5NF hasilnya adalah Islington Register Office. Maka registrasi kelahiran untuk mendapatkan birth certificate adalah di Islington Register Office, bukan di Camden Register Office.

Langkah awal adalah book appointment untuk melakukan registrasi kelahiran (biasanya dilakukan secara online, masing-masing local register office berbeda). Jika orang tua resmi menikah dan tercatat sebagai suami istri, maka salah satu orang tua dapat melakukan registrasi kelahiran ini, tidak perlu keduanya. Saat melakukan registrasi pendaftaran, informasi yang perlu disiapkan antara lain: nama lengkap dan jenis kelamin bayi, tempat dan tanggal lahir bayi, nama lengkap orang tua dan alamat tempat tinggal orang tua, tempat tanggal lahir orang tua, tanggal pernikahan orang tua, pekerjaan orang tua, nama keluarga ibu bayi (mother’s maiden surname).

Setelah mendapatkan jadwal janji temu local register office, dokumen yang perlu disiapkan adalah: (1) Bukti identitas kedua orang tua, bisa berupa paspor, akta lahir, atau surat izin mengemudi; (2) Surat nikah (jika ada); (3) Buku Kesehatan Anak (Child Health Record atau Red Book); (4) Surat pengantar keterangan lahir dari rumah sakit serta nomor NHS bayi, biasanya diberikan oleh rumah sakit setelah bayi lahir.

Ada dua jenis birth certificate yang diterbitkan di Inggris, yaitu: (1) Short version atau short birth certificate, hanya ada identitas bayi, gratis tanpa dipungut biaya; dan (2) Full version atau standard birth certificates, ada identitas bayi serta orang tua bayi, ada biaya £10 yang harus dibayarkan. Prosesnya sangat cepat, sekitar 30 menit dan birth certificate langsung jadi di hari yang sama. Jadi perlu buat versi yang mana? Akta lahir yang diakui di Indonesia dan yang dapat dijadikan syarat untuk pembuatan paspor di Indonesian Embassy hanya standard birth certificate (full version).

Indonesian Passport & Birth Certificate

Untuk mengajukan aplikasi imigrasi atau visa, bayi harus memiliki paspor sesuai kewarganegaraan dari konsulat, kedutaan, atau lembaga terkait. Di Inggris, pembuatan Paspor Republik Indonesia tidak bisa diwakilkan kepada orang lain atau melalui pos, melainkan harus dilakukan oleh pemilik/pemegang paspor (bayi) dan datang ke Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) di London, pastikan datang sesuai dengan Jam Pelayanan Kekonsuleran. Persyaratan permohonan paspor baru adalah sebagai berikut:

  1. Lapor Diri, sebenarnya proses lapor diri bisa melalui Portal Online namun karena ada isian data paspor sedangkan bayi belum ada paspor, maka untuk lapor diri bayi harus dilakukan secara offline manual langsung datang ke KBRI London (Unduh Formulir Lapor Diri).
  2. Formulir Permohonan Paspor Republik Indonesia yang sudah diisi lengkap, ditandatangani oleh kedua orang tua, dan dibubuhkan cap jempol jari kanan bayi pada kolom yang tersedia (Unduh Formulir Permohonan Paspor Republik Indonesia Perdim-14).
  3. Surat Pernyataan Tidak Berkewarganegaraan Asing, karena Indonesia tidak mengakui dua kewarganegaraan (Unduh Surat Pernyataan Tidak Berkewarganegaraan Asing).
  4. Passport Photo sebanyak 4 lembar dengan latar foto berwarna putih, biasanya berkisar £6 untuk 6 lembar foto.
  5. Dokumen Persyaratan (asli dan fotokopi), berupa standard birth certificate, paspor kedua orang tua, izin tinggal orang tua, surat nikah orang tua, dan kartu keluarga (jika ada).

Biaya untuk pembuatan paspor biasa baru adalah sebesar £20 dan pembayaran hanya dalam bentuk Postal Order atau Bank Draft kepada Indonesian Embassy atau dengan kartu debit pada saat pengambilan. Jika bayar menggunakan Postal Order (wesel uang, bayar melalui kantor pos terdekat) ada fee tambahan sebesar £2.50. Paspor bisa diambil di KBRI London 7 hari kerja setelah semua dokumen masuk dengan lengkap. Jika berhalangan untuk ambil langsung paspor bisa juga dikirim melalui pos, jadi saat penyerahan dokumen disertai dengan Special Delivery Envelope dengan alamat pengiriman yang lengkap termasuk kode pos, bisa beli di kantor pos seharga £7.25 untuk amplop ukuran A4.

KBRI London tidak menerbitkan Akta Lahir, namun bagi WNI yang melahirkan di Inggris Raya dan Irlandia dapat mengurus Surat Keterangan Kelahiran, dengan mengisi lengkap Formulir Permohonan Surat Tanda Kelahiran beserta 2 saksi, serta melampirkan persyaratan berikut:

  1. Paspor kedua orang tua (asli dan fotokopi)
  2. Akta kelahiran anak (asli dan fotokopi)
  3. Surat nikah orang tua (asli dan fotokopi)

Biaya untuk mengurus Surat Keterangan Kelahiran ini gratis dan tidak dipungut biaya, tetapi dari salah satu artikel menyebutkan bahwa biayanya £10, nanti akan dipastikan lagi setelah ditanyakan ke KBRI London.

Tier 4 General Dependant Child Visa

Bayi yang lahir di Inggris tidak langsung memiliki kewarganegaraan Inggris, kecuali salah satu orang tuanya memiliki kewarganegaraan Inggris atau memiliki permanent residence permit untuk tinggal di Inggris. Jika seorang bayi lahir di Inggris, sebenarnya dapat tetap tinggal di Inggris tanpa buat aplikasi imigrasi, namun bayi akan membutuhkan visa jika pergi ke luar Inggris dan akan kembali lagi ke Inggris.

Selain itu, sejak April 2015, bayi yang lahir di Inggris hanya mendapatkan fasilitas kesehatan gratis hingga usia 3 bulan. Setelah berusia lebih dari 3 bulan, jika tetap ingin mendapatkan fasilitas kesehatan, harus mengajukan aplikasi imigrasi (visa) dan saat pengajuan visa tersebut baru bisa melakukan pembayaran asuransi kesehatan (Immigration Health Surcharge). Berdasarkan Immigration Rules Part 8, Paragraph 318H9, pengajuan aplikasi visa anak sebagai student dependant harus memenuhi persyaratan sebagai berikut:

  • Kedua orang tua harus berada di Inggris secara legal, atau
  • Kedua orang tua mengajukan aplikasi bersamaan dengan anak, atau
  • Salah satu orang tua berada di Inggris dan pasangannya mengajukan aplikasi bersamaan dengan anak, atau
  • Salah satu orang tua memiliki hak asuh penuh atas anak, atau
  • Salah satu orang tua sudah meninggal.

Additional Rules for Child Dependant
Peraturan Tier 4 Visa menyatakan bahwa anak dapat menjadi student dependant apabila pasangan juga ikut tinggal di Inggris. Jika pasangan tidak tinggal di Inggris, anak tidak dapat menjadi student dependant. Informasi lebih lanjut dapat dilihat di UKCISA Babies Born In The UK.

Untuk bayi yang lahir di Inggris, pengajuan aplikasi imigrasi (visa) dilakukan melalui sistem khusus, yaitu PBS Dependant Child Immigration Online Application. Namun jika pengajuannya akan dilakukan dari luar Inggris, misalnya di Indonesia, maka hanya dapat dilakukan melalui UKVI Visa4UK Online Application.

Referensi
  1. https://www.islington.gov.uk/birth-death-marriage-and-citizenship/register-a-birth
  2. http://indonesianembassy.org.uk/consular/pelayanan-kekonsuleran-bagi-wni/layanan-paspor
  3. http://indonesianembassy.org.uk/consular/pelayanan-kekonsuleran-bagi-wni/penerbitan-surat-keterangan
  4. http://triandika.net/2015/08/13/membuat-akta-lahir-dan-paspor-bayi-di-uk/
  5. http://utamipungky.blogspot.co.uk/2014/05/info-proses-pencatatan-kelahiran-luar.html
  6. http://www.onepaper.co.uk/wp-content/uploads/2014/12/N13_Bringing_children_to_the_UK.pdf
  7. http://intsupport.southwales.ac.uk/babies/
  8. http://www2.warwick.ac.uk/study/international/immigration/tier4/dependants/
  9. https://www.gov.uk/tier-4-general-visa/family-members
  10. http://students.leeds.ac.uk/info/21520/international_families/700/babies_born_in_the_uk
  11. http://www.lse.ac.uk/intranet/students/ISVAT/currentStudents/DependantsinUK.aspx
  12. https://www.ukcisa.org.uk/Information–Advice/Visas-and-Immigration/Dependants#layer-3382
  13. https://www.sheffield.ac.uk/ssid/international/immigration/overseas/dependants
  14. https://www.internationalstudents.cam.ac.uk/tier-4-dependants

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s