Panduan: Aplikasi Visa Schengen (Turis) di Kedubes Belanda lewat VFS Global

Isi formulir aplikasi visa dengan mengunduh formatnya di Schengen Visa Application Form. Berikut panduan pengisian aplikasi Visa Schengen (Turis) di Kedubes Belanda melalui VFS Global.

  1. Surname (Family Name): Isi dengan 1 kata nama belakang. Jika nama lengkap terdiri dari 3 suku kata, isi dengan kata terakhir, misalnya Andi Reksa Dirgantara, isi dengan Dirgantara.
  2. Surname at Birth (Former Family Name): Isi sama dengan nomor 1, kecuali jika pernah dilahirkan dengan nama yang berbeda.
  3. First Name(s) (Given Name(s)): Isi dengan nama depan dan tengah (jika ada), misalnya Andi Reksa Dirgantara, isi dengan Andi Reksa.
  4. Date of Birth (day-month-year): Isi dengan tanggal lahir dimulai dari hari, bulan, dan tahun, misalnya 05-11-1990.
  5. Place of Birth: Isi dengan kota tempat kelahiran sesuai paspor.
  6. Country of Birth: Isi dengan negara tempat kelahiran sesuai paspor.
  7. Current Nationality: Isi dengan kewarganegaraan sesuai paspor, yaitu Indonesia.
  8. Sex: Pilih sesuai jenis kelamin pemohon visa.
  9. Marital Status: Pilih sesuai dengan status perkawinan.
  10. In The Case of Minors: Hanya isi apabila bepergian dengan anak kecil atau di bawah umur, jika tidak bisa dikosongkan.
  11. National Identity Number: Isi dengan nomor KTP (Kartu Tanda Penduduk), bukan SIM atau NPWP.
  12. Type of Travel Document: Pilih jenis paspor yang akan digunakan untuk pengajuan visa.
  13. Number of Travel Document: Isi dengan nomor paspor, teliti jangan sampai salah isi.
  14. Date of Issue: Isi dengan tanggal penerbitan paspor dimulai dari hari, bulan, dan tahun, misal 25-12-2015.
  15. Valid Until: Isi dengan batas masa berlaku paspor, dimulai dari hari, bulan, dan tahun, misal 25-12-2020.
  16. Issued By: Isi dengan pihak penerbit paspor atau kantor imigrasi yang menerbitkan paspor, misalnya Jakarta Selatan.
  17. Applicant’s Home Address: Isi dengan alamat rumah tempat tinggal sekarang sesuai KTP dan isi alamat email.
  18. Residence in A Country Other than The Country of Current Nationality? Pilih “No” apabila pemohon aplikasi visa adalah orang Indonesia yang tinggal di Indonesia atau “Yes” apabila pemohon aplikasi visa adalah orang berkewarganegaraan asing yang tinggal di Indonesia.
  19. Current Occupation: Isi sesuai pekerjaan dan lengkapi dengan dokumen yang sah, misalnya surat keterangan kerja yang ada kop dan stempelnya.
  20. Employer and Employer’s Address and Telephone Number: Isi dengan nama, alamat, dan nomor telepon kantor
  21. Main Purposes(s) of The Journey: Pilih jenis kunjungan yang diinginkan, seperti wisata, bisnis, budaya, atau olahraga. Untuk visa tipe turis, pilih “Tourism” untuk visa tipe lainnya bisa menyesuaikan.
  22. Member State(s) of Destination: Isi dengan negara tujuan yang tercantum di rencana perjalanan atau itinerary, misalnya jika pergi ke 3 negara, tulis “Netherlands, Italy, France” (sesuaikan dengan rencana perjalanan).
  23. Member State of First Entry: Isi dengan negara tempat mendarat pertama kali saat datang ke wilayah Schengen, misalnya “Netherlands”.
  24. Number of Entries Requested: Pilih “Multiple Entries” supaya bisa keluar masuk Eropa selama masa berlaku visa masih valid.
  25. Duration of The Intended Stay or Transit: Isi dengan lamanya rencana perjalanan, yaitu jumlah hari berada di wilayah Schengen.
  26. Schengen Visas Issued during The Past Three Years? Disesuaikan, jika pernah mendapatkan Visa Schengen dalam 3 tahun terakhir pilih “Yes” jika belum pernah pilih “No”.
  27. Fingerprints Collected Previously for The Purpose of Applying for A Schengen Visa? Disesuaikan, jika pernah melakukan perekaman data biometrik (sidik jari) untuk pengajuan Visa Schengen pilih “Yes” jika belum pernah pilih “No”.
  28. Entry Permit for The Final Country of Destination: Isi apabila negara tujuan terakhir perjalanan setelah dari wilayah Schengen memerlukan visa lagi untuk masuk.
  29. Intended Date of Arrival in The Schengen Area: Isi dengan tanggal kedatangan di wilayah Schengen, bukan tanggal keberangkatan dari negara asal (kecuali memang tiba di hari yang sama).
  30. Intended Date of Departure from The Schengen Area: Isi dengan tanggal kepulangan dari wilayah Schengen.
  31. Surname and First Name of The Inviting Person(s) in The Member State(s). If Not Applicable, Name of Hotel(s) or Temporary Accommodation(s) in The Member State(s): Isi nama lengkap pihak pengundang, atau apabila tidak ada, isi dengan nama, alamat, nomor telepon, dan email dari tempat penginapan di Belanda yang sudah dipesan sebelumnya.
  32. Surname, First Name, Address, Telephone, Telefax, and E-mail Address of Contact Person in Company/Organisation: Isi apabila ada, kosongkan jika tidak memiliki pihak pengundang.
  33. Cost of Travelling and Living during The Applicant’s Stay is Covered: Pilih sesuai dengan yang menanggung biaya perjalanan selama di wilayah Schengen, apakah biaya perjalanan berasal dari dana sendiri atau ada sponsor. Pilih pula jenis harta yang akan dibawa, bisa pilih lebih dari 1, misalnya uang tunai dan kartu kredit. Lampirkan bukti atau dokumen pendukungnya.
  34. Personal Data of The Family Member Who is An EU, EEA or CH Citizen: Isi jika ada anggota keluarga yang merupakan warga negara EU, EEA, atau CH. Kosongkan apabila tidak ada.
  35. Family Relationship with An EU, EEA or CH Citizen: Isi apabila kamu memiliki hubungan kerabat dengan isian nomor 34. Kosongkan apabila nomor 34 juga tidak diisi.
  36. Place and Date: Tulis kota tempat mengajukan, bisa Jakarta, Surabaya, atau Bali (sesuai lokasi VFS Global), untuk tanggalnya bisa diisi dengan tanggal mengisi formulir atau dengan tanggal janji temu yang sudah dipilih.
  37. Signature: Tanda tangan basah, formulir dicetak terlebih dahulu baru ditandatangani (jika formulir diisi menggunakan komputer).
  38. Place and Date, Signature: Pada halaman ketiga isi lagi sesuai dengan nomor 36 dan 37.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s