Panduan: Membeli Asuransi Perjalanan untuk Visa Schengen

Untuk membuat Visa Schengen, salah satu dokumen persyaratan wajib yang harus dipenuhi oleh pemohon aplikasi adalah asuransi perjalanan (travel insurance) dengan jumlah pertanggungan minimal sebesar EUR 30.000 atau USD 50.000 untuk satu orang/individu dalam tiap perjalanan. Masa berlaku asuransi harus sesuai dengan durasi perjalanan, tidak boleh kurang, misalnya perjalanan total 9 hari, tidak bisa beli asuransi perjalanan hanya 7 hari saja. Asuransi perjalanan merupakan asuransi untuk menutupi biaya medis, pembatalan perjalanan, kehilangan bagasi, kecelakaan penerbangan, dan kerugian lainnya yang terjadi saat bepergian baik perjalanan domestik maupun internasional.

Daftar perusahaan asuransi perjalanan yang diterima untuk aplikasi Visa Schengen bisa dilihat secara lengkap di Informasi tentang Asuransi Kesehatan Perjalanan. Mulai dari AXA, AXA Mandiri, ACA, ACE, AIG, ZURICH, MEGA INSURANCE, AIA, dan masih banyak lagi. Hasil riset dari beberapa travel blogger, asuransi perjalanan yang paling sering direkomendasikan adalah AXA, AXA Mandiri, dan ACA.

  • Untuk AXA dan AXA Mandiri itu berbeda perusahaan, keduanya bisa dibeli secara online dan polis dikirim melalui email. AXA Mandiri pembayarannya hanya bisa menggunakan kartu kredit visa atau mastercard. AXA pembayarannya lebih beragam, bisa melalui Grup Alfa, Doku Wallet, transfer via bank, dan kartu kredit. Benefit yang ditawarkan AXA dan AXA Mandiri lebih banyak dibandingkan ACA. Jika mengambil paket family AXA dan AXA Mandiri jadi lebih murah dibandingkan ACA.
  • Untuk ACA sepertinya hanya bisa beli secara manual (datang ke kantornya), atau lewat telepon dan email (+62215760608), pembayaran bisa transfer dan pengiriman polis langsung lewat email dan fisiknya akan dikirim dengan ekspedisi pengiriman 1 hari kerja setelah transfer. ACA bisa mengembalikan premi sebesar 75% jika polis batal (visa ditolak atau tidak jadi berangkat), sedangkan AXA dan AXA Mandiri tidak ada pengembalian premi. Premi ACA untuk individu tergolong murah jika dibandingkan AXA dan AXA Mandiri.
  • Oia, teliti sebelum membeli, sebenarnya paket keluarga untuk annual jatuhnya lebih murah, tetapi harus berangkat pada waktu yang bersamaan dan tujuan yang sama pula. Saya sendiri salah beli (untuk orangtua saya), karena mereka berangkat dengan jadwal yang berbeda, jadi saya harus tambah biaya lagi untuk memecah paket annual menjadi 2 orang. Berikut saya tuliskan kembali ketentuan dari AXA dan AXA Mandiri untuk paket keluarga annual, hanya berlaku apabila: a) Pemohon Utama yang melakukan perjalanan sendirian; b) Pemohon utama yang melakukan perjalanan dengan pasangan yang ditanggung ke tujuan yang sama dan dalam jangka waktu yang sama; c) Seorang tertanggung dewasa melakukan perjalanan dengan Anak/Anak-anak yang ditanggung ke tujuan yang sama dan dalam jangka waktu yang sama. Apabila dua atau lebih tertanggung perorangan yang tertera dalam Program Keluarga melakukan perjalanan ke tujuan yang berbeda dalam jangka waktu yang sama, pertanggungan akan secara otomatis dianggap hanya berlaku untuk perjalanan dari pemohon utama.
ACA TRAVEL SAFE

ACA Travel Safe merupakan asuransi perjalanan yang terkenal paling murah (jika dibandingkan dengan AXA atau AXA Mandiri) untuk perusahaan asuransi perjalanan yang namanya cukup besar. Sebenarnya banyak yang lebih murah lagi, tetapi kadang tidak reliable, jadi lebih baik bayar lebih tetapi asuransinya dapat diandalkan.

  1. Cara membeli harus lewat email. Isi atau unduh Formulir Asuransi ACA Travel Safe.
  2. Kirim formulir yang sudah diisi melalui ke travel.insurance@acains.com, formulir harus sudah terisi dengan lengkap.
  3. Jika sudah lengkap, akan ada email balasan terkait pembayaran. Metode pembayaran bisa dengan transfer antar bank, kirim bukti transfer melalui email.
  4. Setelah pembayaran berhasil, polis akan dikirim melalui email dan fisiknya akan dikirim melalui ekspedisi pengiriman.

Berikut harga premi per 23 Agustus 2017.

  • Worldwide, Tahunan, Individu 1 orang $190.00 (VIP)
  • Worldwide, Tahunan, Individu 1 orang $109.00 (Executive)
  • Worldwide, Tahunan, Keluarga 2 orang $380.00 (VIP)
  • Worldwide, Tahunan, Keluarga 2 orang $218.00 (Executive)
  • Worldwide, Tunggal 30 Hari, Individu 1 orang $71.00 (VIP)
  • Worldwide, Tunggal 30 Hari, Individu 1 orang $45.00 (Executive)
  • Worldwide, Tunggal 30 Hari, Keluarga 2 orang $142.00 (VIP)
  • Worldwide, Tunggal 30 Hari, Keluarga 2 orang $90.00 (Executive)
AXA MANDIRI TRAVEL

Setelah membandingkan semua paket asuransi, akhirnya saya pilih AXA Mandiri Travel karena lebih murah saat ada promo di bulan Agustus, ada diskon sebesar 17%. ACA terkenal murah, tadinya saya hampir beli asuransi perjalanan di ACA, ternyata setelah dibandingkan, untuk tipe perjalanan setahun atau annual trip preminya jauh lebih murah di AXA Mandiri. AXA Mandiri pembayarannya hanya bisa menggunakan kartu kredit visa atau mastercard. Detail manfaat untuk Paket Platinum dapat dilihat diunduh pada AXA Mandiri Travel Detail Benefit.

  1. Beli online bisa langsung buka Portal AXA Mandiri Travel.
  2. Pilih tujuan ada 4 pilihan, yaitu: seluruh dunia kecuali schengen, seluruh dunia termasuk schengen, special asean plus, dan domestik.
  3. Pilih jenis perjalanan ada 2 pilihan, yaitu singkat (sekali perjalanan) atau setahun (beberapa kali perjalanan dalam 1 tahun, maksimal 60 hari tiap perjalanan).
  4. Pilih tanggal keberangkatan dan tanggal kembali untuk yang pilih jenis perjalanan “singkat”, untuk yang pilih jenis perjalanan “setahun” sudah langsung otomatis dihitung tanggal kembalinya.
  5. Pilih jenis program ada 2 pilihan, yaitu “individu” atau “keluarga”.
  6. Pilih “Cek Harga” lalu akan ditampilkan beberapa paket asuransi perjalanan sesuai kriteria pemilihan di halaman sebelumnya, namun untuk Schengen hanya ada Paket Platinum, lalu pilih “Lanjut”. Berikut harga premi per 23 Agustus 2017.
    Worldwide Include Schengen, Setahun, Individu 1 orang $135.00 > $112.05
    Worldwide Include Schengen, Setahun, Keluarga 1-2 orang $185.00 > $153.55
    Worldwide Include Schengen, Singkat 30 Hari, Individu 1 orang $70.00 > $58.10
    Worldwide Include Schengen, Singkat 30 Hari, Keluarga 1-2 orang $105.00 > $87.15
  7. Isi data diri tertanggung utama, tanggal lahir, nomor paspor, serta ahli waris. Isi pula informasi kontak berupa nomor telepon, email, dan alamat. Pastikan email yang diisi benar karena polis akan dikirim melalui email, lalu pilih “Lanjut”.
  8. Baca persetujuan dan lanjutkan ke halaman pembayaran.
  9. Isi data diri pemegang kartu, berupa nama, email, telepon, dan alamat penagihan kartu kredit pada halaman pembayaran.
  10. Selanjutnya akan masuk ke halaman Doku Pay, isi 14 digit nomor kartu kredit, nama pada kartu kredit, masa berlaku kartu kredit, dan tiga digit kode yang tertera di belakang kartu kredit. Tunggu sms verifikasi masuk ke nomor telepon yang sudah didaftarkan dan masukkan ke halaman Doku Pay.
  11. Polis akan dikirim melalui email yang tertera pada poin nomor 7, tidak sampai 5 menit polis langsung terkirim ke email setelah pembayaran berhasil.
AXA SMART TRAVELLER

AXA Smart Traveller berbeda perusahaan dari AXA Mandiri, merupakan salah satu perusahaan asuransi perjalanan terbesar dan paling banyak digunakan karena kemudahan sistem pembeliannya, walaupun harganya agak sedikit lebih mahal, tetapi ternyata benefit yang didapat jauh lebih banyak dibandingkan dengan ACA. AXA dapat dibeli secara online dan pembayarannya lebih beragam, bisa melalui Grup Alfa, Doku Wallet, transfer via bank, dan kartu kredit.

  1. Beli online bisa langsung buka Portal AXA Smart Traveller.
  2. Pilih jenis perlindungan ada 2 pilihan, perjalanan tunggal atau perjalanan tahunan.
  3. Ketik tujuan perjalanan, saya ketik “Worldwide” karena tujuan perjalanan ke Britania Raya dan Eropa.
  4. Pilih tanggal mulai dan tanggal selesai masa berlaku polis.
  5. Pilih jenis penumpang ada 2 pilihan, Orang Dewasa atau Keluarga.
  6. Masukkan jumlah Orang Dewasa dan Anak/Pelajar (jika pilih Keluarga).
  7. Pilih mata uang manfaat ada 2 pilihan, IDR atau USD, saya pilih USD.
  8. Masukkan kode promo B01D748G atau B03D708G untuk mendapatkan diskon 10%.
  9. Pilihan paket dan premi akan ditampilkan sesuai kriteria yang dipilih pada halaman sebelumnya. Berikut harga premi per 23 Agustus 2017, khusus Visa Schengen tidak bisa ambil paket yang Gold, harus ambil paket Platinum.
    Worldwide, Tahunan, Individu 1 orang $145.00 > $130.50 (Platinum)
    Worldwide, Tahunan, Keluarga 2 orang $254.00 > $228.60 (Platinum)
    Worldwide, Tunggal 30 Hari, Individu 1 orang $77.00 > $69.30 (Platinum)
    Worldwide, Tunggal 30 Hari, Individu 1 orang $51.00 > $45.90 (Gold)
    Worldwide, Tunggal 30 Hari, Keluarga 2 orang $102.00 > $91.80 (Platinum)
    Worldwide, Tunggal 30 Hari, Keluarga 2 orang $68.00 > $61.20 (Gold)
  10. Isi detail pemegang polis, isian terdiri dari nama depan, nama belakang, tanggal lahir, negara, nomor kartu tanda penduduk, dan nomor paspor.
  11. Isi detail kontak email, nomor telepon, alamat, kode pos, serta kota dan wilayah.
  12. Ceklis syarat dan ketentuan serta kebijakan privasi data, selanjutnya akan masuk ke halaman pembayaran dari Doku Pay, pilihan metode pembayaran (ada kartu kredit, bank transfer, dan convenience store), setelah pilih segera lakukan pembayaran. Jika pilih bank transfer petunjuk pembayaran nanti akan dikirim melalui email.
  13. Polis akan dikirim melalui email yang tertera pada poin nomor 11, tidak sampai 30 menit invoice dan bukti asuransi berupa polis langsung terkirim ke email setelah pembayaran berhasil.
PERBANDINGAN PREMI DAN BENEFIT: AXA, AXA MANDIRI, DAN ACA

Berikut perbandingan premi dan benefit yang didapat dari tiga asuransi perjalanan, yaitu AXA, AXA Mandiri, dan ACA. Tujuan perjalanan yang dipilih untuk dibandingkan adalah Worldwide termasuk Wilayah Schengen.

Asuransi Tahunan, Individu Tahunan, Keluarga Tunggal 30 hari, Individu Tunggal 30 hari, Keluarga
ACA $190 (VIP)
$109 (Executive)
$380 (VIP)
$218 (Executive)
$71 (VIP)
$45 (Executive)
$142 (VIP)
$90 (Executive)
AXA Mandiri $135 (Platinum) $185 (Platinum) $70 (Platinum) $105 (Platinum)
AXA Indonesia $145 (Platinum) $254 (Platinum) $77 (Platinum)
$51 (Gold)
$102 (Platinum)
$68 (Gold)

Benefit yang dibandingkan dibawah ini hanya untuk komponen biaya pengobatan, gigi, dan bantuan darurat (sesuai persyaratan Visa Schengen):

  1. AXA Platinum $200.000
  2. AXA Mandiri Platinum $100.000
  3. ACA VIP $100.000
  4. AXA Gold $50.000
  5. ACA Executive $50.000

Selain komponen biaya pengobatan, gigi, dan bantuan darurat, sebenarnya banyak komponen lainnya yang turut ditanggung oleh asuransi perjalanan, seperti pembatalan perjalanan, penundaan perjalanan, kehilangan bagasi, dokumen/barang hilang, dan lainnya. Cek tautan berikut untuk informasi lebih lanjut terkait benefit:

  1. ACA
  2. AXA Mandiri
  3. AXA Indonesia

Benefit paling lengkap diberikan oleh AXA dan AXA Mandiri, keduanya tidak begitu berbeda, sedangkan ACA tidak selengkap kedua asuransi perjalanan yang telah disebutkan sebelumnya. Setelah saya bandingkan, ternyata jika membeli AXA dengan kode promosi 10% (perjalanan tunggal, individu) harganya tidak jauh berbeda dengan ACA.

REFERENSI

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s