Review: Baju Bayi Merk Lokal (Fluffy, Libby, Velvet, Nova, Miyo, Boogy Baby, dll)

Baju bayi, merupakan salah satu kebutuhan yang wajib dibeli di dalam daftar perlengkapan belanja untuk newborn. Kebutuhan baju bayi banyak sekali jenisnya, antara lain baju tanpa lengan (kutung/singlet), baju lengan pendek, baju lengan panjang, celana pop, celana pendek, celana panjang, popok kain, bodysuit (jumper), sleepsuit, dan lain sebagainya. Kalau kata teman, saudara, dan ibu saya, baju bayi itu dipakainya hanya sebentar karena bayi cepat sekali besarnya, lebih baik cari yang tidak terlalu mahal namun kualitas bahannya juga baik yang lembut untuk kulit bayi, apalagi kalau kulit bayinya sensitif. Jangan tergoda untuk membeli baju bayi lusinan tanpa merk dan tanpa sertifikasi, takutnya bahannya terlalu tipis dan kasar untuk kulit bayi. Di artikel ini ada beberapa baju bayi merk lokal yang memang sudah memiliki sertifikasi SNI agar aman dipakai di kulit bayi, antara lain baju bayi merk fluffy, libby, velvet, nova, miyo, nary, boogy baby, miabelle, kazel, dan little q.

FLUFFY

Baju bayi merk fluffy ini tergolong mudah didapatkan dengan berbelanja secara online maupun offline. Bahannya lembut dan halus hampir sama dengan merk lain, serta sudah memiliki sertifikasi SNI. Terkecuali baju bayi fluffy tipe neci, agak kasar bahannya. Motif baju bayi merk fluffy mayoritas polos dan salur. Harga baju bayi merk fluffy tergolong murah. Kekurangannya, karet celana fluffy lebih ketat daripada celana merk libby dan nova.

LIBBY

Baju bayi merk libby ini sudah banyak yang mengulas, merk paling favorit sejuta umat, bahannya halus lembut, harganya tidak terlalu mahal, bahkan tergolong murah. Baju bayi merk libby juga sudah memiliki sertifikasi SNI. Bahannya sedikit lebih tebal dari baju bayi merk fluffy. Motif baju bayi merk libby mayoritas standar polos. Bahannya tidak terlalu tebal namun tidak terlalu tipis juga, masih adem atau tidak panas saat dipakai. Baju bayi merk libby ini tidak melar dan warna masih bagus setelah cuci dengan mesin cuci. Kekurangannya, bahannya kurang menyerap keringat dan kainnya cepat berbulu.

VELVET

Baju bayi merk velvet sangat awet, dicuci setiap hari menggunakan mesin cuci namun motif dan warnanya tidak luntur (mbladus), juga tidak melar. Bahannya mirip dengan baju bayi merk nova, bagus, halus (walaupun tidak sehalus merk libby atau boogybaby), tidak terlalu tebal dan tidak terlalu tipis juga (sedikit lebih tebal daripada libby), adem tidak panas, menyerap keringat, sehingga cocok di cuaca panasnya siang dan cocok untuk dipakai tidur di malam hari. Baju bayi merk velvet sudah mendapatkan sertifikasi internasional EOKO-TEX STANDART 100 Class 1 (sertifikasi keamanan khusus untuk pakaian bayi dan anak) karena sudah menggunakan bahan yang sehat dan aman khususnya untuk bayi yang memiliki kulit sensitif. Kelebihannya, selain motifnya yang sangat beragam tergolong ramai (tidak tersedia warna polos), jika dibandingkan dengan baju merk nova atau merk lainnya, baju merk velvet ukurannya juga sedikit lebih besar, big cut (ukuran newborn bisa untuk bayi dengan berat 3-5 kg). Harga baju merk velvet lebih murah dibandingkan baju merk nova. Kekurangannya, untuk celana bayi, banyak yang mengatakan bahwa karetnya terlalu kencang jadi lebih baik pilih merk lain khusus untuk celananya. Baju bayi merk velvet juga tidak terlalu banyak variasi produknya.

NOVA

Baju bayi merk nova bahannya bagus dan halus lembut (halusnya mirip dengan baju bayi merk lain), kainnya paling tebal tapi tetap adem menyerap keringat, namun harganya memang paling mahal di antara baju bayi merk lain. Baju bayi merk nova ini sudah ada sertifikasi SNI. Cukup sulit untuk dibeli secara online. Tersedia motif polos namun variasi bermotif tidak terlalu banyak. Tidak melar dan berbulu setelah pemakaian dalam waktu yang lama dan dicuci dengan mesin cuci. Hindari membeli baju bayi merk nova tipe neci, karena bahannya agak kasar, khawatir membuat gatal di kulit bayi. Secara umum, ukurannya lebih besar dibandingkan merk lain sehingga bisa terpakai untuk waktu yang cukup lama (tidak mudah kekecilan untuk dipakai bayi).

MIYO

Baju merk bayi ini adalah second line baju bayi merk nova. Motifnya tersedia garis-garis, set warna merah polos, dan set warna putih polos. Baju bayi merk miyo termasuk yang paling halus dibandingkan dengan merk lain, bahannya tipis, adem, dan menyerap keringat. Harganya termasuk paling terjangkau, mirip dengan baju bayi merk libby. Kekurangannya, selain ukuran cutting yang kecil, jika terlalu sering dicuci bisa melar ke samping. Celana bayi miyo termasuk yang paling nyaman untuk bayi karena karetnya bisa melar banyak.

LAINNYA
  • Boogy Baby
    Boogy baby, tidak terlalu banyak yang mengulas, namun ternyata bagus kualitasnya. Bahannya lebih tebal dari libby dengan tingkat kehalusan dan keademan yang sama. Baju warna putih polosnya terang dan tidak buluk.
  • Miabelle
    Produk unggulannya baju bayi merk miabelle adalah bodysuit atau jumper polos dengan pilihan warna pastel.
  • Kazel
    Produk unggulannya baju bayi merk kazel adalah bodysuit atau jumper polos dengan pilihan warna cerah dan beragam.
  • Nary
    Baju merk nary ini bahannya termasuk halus, tapi mahal dan size kecil juga.
  • Little Q
PERBANDINGAN CUTTING & UKURAN
  • Ukuran NB, baju merk nova dan nary tergolong kecil sehingga pas untuk bayi newborn, perbandingannya kira-kira sedikit lebih kecil dari merk libby dan fluffy.
  • Ukuran NB, baju merk velvet sedikit lebih besar dibandingkan dengan baju merk libby dan fluffy yang ukurannya hampir sama, kira-kira baju ukuran NB velvet sama dengan (bahkan sedikit lebih besar dari) baju ukuran S libby dan fluffy.
  • Ukuran NB baju merk nova, nary, libby, dan fluffy tergolong kecil, sehingga cepat kekecilan untuk dipakai newborn.
  • Ukuran S, M, L, baju merk velvet jauh lebih besar dibandingkan dengan merk fluffy atau libby. Ukuran S baju merk miyo sama seperti ukuran S baju merk libby, namun hanya beda di kancing (libby berkancing 4, miyo berkancing 3).
  • Ukuran NB, celana panjang libby cuttingnya sangat kecil, lebih baik ambil yang ukuran S (3-6 bulan).
  • Ukuran S, celana panjang miyo besar sekali, lebih besar dari merk velvet dan libby. Untuk celana panjang velvet ukuran NB juga cuttingnya cukup besar.
  • Baju bayi merk velvet lebarnya lebih kecil dibanding miyo dan fluffy, tetapi lebih panjang. Sehingga baju bayi merk velvet hanya cocok untuk bayi yang tidak terlalu gemuk, karena jika dipakai di bayi yang gemuk, jatuhnya baju bayi merk velvet kepanjangan tetapi sudah ketat untuk bagian perutnya.
  • Karet celana merk libby dan fluffy, keduanya terlalu ketat, kadang membuat bekas merah di kulit bayi. Karet celana miyo bisa melar cukup besar, sehingga lebih nyaman di kulit bayi dibandingkan merk lain.
PERBANDINGAN HARGA

Tabel perbandingan harga ini rencananya akan diperbarui secara berkala, silakan berikan komentar di bawah artikel ini (lengkapi dengan tanggal pembelian dan nama tokonya), jika ingin berkontribusi untuk diperbarui dengan harga terbaru. Berikut perbandingan harga (mulai dari, akan ada perbedaan harga tergantung motif/jenis) dari beberapa merk baju untuk ukuran NB (0-3 bulan).

Kategori Baju Fluffy Velvet Libby Nova Miyo
Baju tanpa lengan 11.900 22.917* 10.800 11.400 10.800
Baju lengan pendek 14.950 26.000*   12.600  18.900 11.700
Baju lengan panjang  13.500 31.000* 15.300  20.700 12.600
Celana pop 14.700 13.625  10.800  N/A 10.800
Celana pendek  13.200   N/A  11.700  17.100 11.700
Celana panjang  14.900 15.300 14.400 20.700 14.400
Popok kain  N/A 11.988 11.025  N/A  11.025
Bodysuit   N/A  N/A 20.700  N/A 18.900
Sleepsuit  N/A 27.134  27.000  N/A 22.500
Topi   N/A  N/A  12.600  15.300 11.700
Sarung tangan/kaki   N/A   N/A  11.700  10.800 9.900
Sapu tangan   N/A   N/A N/A  N/A 5.100
Gurita   N/A   N/A  N/A   N/A 6.525
Slabber   N/A   N/A  15.300   N/A 14.400
Bedong   N/A 41.913  N/A   N/A 37.500
Washlap   N/A   N/A 13.500   N/A N/A
Handuk   N/A   N/A 61.200   N/A N/A

*) Setelan termasuk atasan dan bawahan (baju dan celana). Tabel di atas adalah perbandingan harga satuan per 28 Agustus 2017 (Lemari Anak: Libby, Nova, Miyo; Pabrik Baju Bayi: Fluffy, Velvet).

BELI DI MANA?

Masing-masing toko biasanya menjual baju bayi dengan merk yang berbeda-beda, misalnya toko A hanya menjual baju merk 1, 2, dan 3, untuk baju merk 4 harus cari ke toko B. Untuk mempermudah calon ibu dalam survey dan membeli baju bayi (setelah menentukan pilihan), bisa melihat daftar berikut.

  • ITC Cempaka Mas Audrey Baby Shop: Velvet, Libby, Nova, Little Q
  • ITC Cempaka Mas Jessen Baby Shop (Shopee):
  • ITC Kuningan Fanny Baby Shop (Shopee): Libby, Fluffy, Little Q
  • ITC Kuningan Jungle Baby Shop: Velvet, Nova, Libby
  • ITC Kuningan Ocha Baby Shop:
  • ITC Kuningan Baby & Co:
  • ITC Kuningan Happy Bear Baby Shop:
  • ITC Mangga Dua Chubby Baby Shop (Shopee): Miyo
  • ITC Mangga Dua Shinta Baby Shop:
  • Toko Mae Bebe, Bintaro: Nova, Velvet, Little Q
  • Toko Bebelove, Bintaro: Velvet, Libby
  • Toko Suzanna Baby Shop, Pondok Indah:
  • Orami (Webstore): Velvet, Boogybaby, Kazel, Babyhelu, Ninnette
  • Lemari Anak (Shopee/Tokopedia): Miyo, Libby, Nova, Fluffy, Velvet
  • Everlasting Babyshop (Instagram/Shopee/Tokopedia): Velvet, Libby, Miyo
  • Happy Born Baby Shop (Instagram/Webstore): Libby
  • Natasha Baby Shop (Webstore/Tokopedia): Miyo, Libby, Velvet, Nova
  • Bunnybear Baby Shop (Instagram/Shopee): Libby, Miyo, Nova, Velvet
  • Ogy Baby Shop (Instagram): Libby, Miyo, Velvet
  • Baby Katie Stuff (Instagram/Shopee): Libby
  • Pabrik Baju Bayi (Webstore/Instagram): Libby, Tokusen, Velvet, Fluffy
  • Little Angel Vio Baby Shop (Instagram/Tokopedia/Shopee):
  • Lavie Baby House (Webstore/Instagram): Nova, Libby
  • Anindhita Clodi Shop (Shopee/Webstore):
REFERENSI

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s