Panduan: Membuat Visa Schengen (Tourism / Visitor Family & Friends) dari UK lewat VFS Global Italy

Sebelumnya, panduan untuk membuat Visa Schengen dari Indonesia sudah pernah ditulis (Panduan: Membuat Visa Schengen (Turis) di Kedubes Belanda lewat VFS Global), kali ini panduannya sedikit berbeda karena saya mengajukan Visa Schengen untuk saya dan anak saya dari VFS Italy di London, Inggris. Kami berencana untuk mengunjungi adik saya dan istrinya yang sedang studi di Milan dan baru saja melahirkan anak pertamanya! Ini pertama kalinya juga saya mengajukan Visa Schengen dan pergi ke Eropa (selain Inggris tentunya). So excited!

Visa Schengen ini menjadi syarat mutlak untuk mengunjungi satu atau lebih negara-negara Anggota Schengen yang berlaku selama sampai 90 hari dalam periode 6 bulan khususnya dengan tujuan bisnis dan wisata/liburan ke Eropa. Dengan Visa Schengen, bebas masuk ke dalam 26 negara dalam Wilayah Schengen. Namun hanya 22 dari 28 negara anggota EU (European Union) Member yang melaksanakan persetujuan Schengen antara lain: Austria, Belgia, Republik Ceko, Denmark, Estonia, Finlandia, Perancis, Jerman, Hongaria, Itali, Yunani, Latvia, Lithuania, Luksemborg, Malta, Belanda, Polandia, Portugal, Slovakia, Slovenia, Spanyol dan Swedia. Termasuk 4 negara yang bukan anggota EU, namun melaksanakan persetujuan Schengen antara lain Swiss, Norwegia, Liechtenstein dan Islandia. Negara Monako, Andora, San Marino dan Vatikan mengijinkan pemegang visa Schengen untuk masuk daerah mereka tanpa formalitas apapun. Namun Visa Schengen tidak berlaku untuk anggota EU berikut, yaitu Inggris, Irlandia, Siprus, Bulgaria, Rumania dan Kroasia.

Kedutaan mana yang harus dituju untuk mengajukan aplikasi Visa Schengen? Pengajuannya bisa di negara tempat mendarat pertama kali saat datang ke wilayah Schengen atau di negara dengan durasi tinggal paling lama. Kali ini, saya mengajukan lewat VFS Italy.

BIAYA DAN LAMA PROSES APLIKASI VISA SCHENGEN

Berdasarkan informasi dari VFS Italy in London, ada beberapa tipe Visa Schengen yang dapat diajukan, yaitu Tourism, Visitor Family & Friends, Conference, Business, dan Airport Transit. Pada artikel ini, yang dibahas adalah tipe Visa Visitor Family & Friends, perbedaan dengan tipe Tourism akan dijelaskan nanti. Biaya Visa Schengen tipe Visa Undangan (Keluarga/Teman) Belanda via VFS Global terbagi menjadi 2, yaitu biaya Visa Schengen sebesar EUR 60 (GBP 53.40) dan biaya jasa VFS Global sebesar GBP 14.65. Total biaya untuk pembuatan Visa Schengen yaitu GBP 68.05. Waktu pemrosesan legal untuk Visa Schengen ialah 15 hari kalender. Pemohon visa dapat mengajukan aplikasi visa paling cepat 3 bulan sebelum keberangkatan ke Italy, dan selambat-lambatnya 5-10 hari kerja sebelum tanggal keberangkatan.

PERSYARATAN DOKUMEN APLIKASI VISA

Persyaratan dokumen aplikasi Visa Schengen melalui VFS Italy di London dapat dilihat pada tautan resmi berikut: Schengen Visa Document Checklist (Tourism) dan Schengen Visa Document Checklist (Visit Family/Friends). Berikut detail dari dokumen utama yang dibutuhkan untuk mengajukan Visa Schengen yang sudah diterjemahkan (jangan lupa bawa aslinya dan fotokopi di kertas A4 jangan dipotong, untuk semua dokumen persyaratan 1 rangkap):

  1. Formulir aplikasi visa yang sudah diisi lengkap dan ditandatangani. Formulir aplikasi visa dapat diisi secara online di Schengen Visa Online Application Form. Tata cara mengisi formulir aplikasi visa baca di artikel Panduan: Aplikasi Visa Schengen (Turis).
  2. Paspor asli dengan masa berlaku lebih dari 6 bulan saat meninggalkan wilayah Schengen dan fotokopi paspor khusus halaman yang ada data diri dan riwayat perjalanan (cap visa). Jika ada paspor lama yang sudah tidak berlaku maka fotokopi paspor lama dan baru masing-masing satu rangkap. Bawa paspor asli terbaru saat pengajuan visa.
  3. Bukti izin tinggal di Inggris (UK Biometric Residence Permit) asli dan fotokopi.
  4. Pas foto terbaru ukuran 3.5 x 4.5 cm dengan latar belakang putih (1 lembar). Ketentuan pas foto untuk Visa Schengen Italy bisa lihat di Schengen Visa Photo Guideline 2018.
  5. Bukti pekerjaan atau pelajar asli, harus ada kop suratnya, ditandatangani, dan baru (tidak lebih dari 1 bulan). Untuk yang pelajar seperti saya, bisa minta Statement of Student Status ke kampus (harus yang terdaftar atau fully enrolled) untuk ditujukan ke Kedutaan Besar Italia di London.
  6. Bukti keuangan, dapat berupa UK bank statement asli (harus di current account tidak bisa di saving account) selama 3 bulan terakhir. Harus tertulis nama, alamat, dan saldo yang mencukupi untuk perjalanan ke Eropa (minimal £50 per hari per orang, di luar biaya akomodasi dan transportasi).
  7. Bukti perjalanan, berupa tiket pesawat pulang pergi yang sudah dibayar lunas (tidak bisa hanya reservasi) dengan menyebutkan nama dan tanggal kepergian serta kepulangan.
  8. Bukti akomodasi, berupa reservasi hotel (untuk Visa Tourism) atau surat undangan asli (untuk Visa Visitor Family & Friends). Untuk reservasi hotel, bisa dari Booking.com dengan syarat harus tertulis nama, tanggal, dan alamat dari hotel tersebut. Untuk surat undangan dari teman atau keluarga, harus sesuai format (Original Invitation Letter), asli, ditandatangani dan wajib melampirkan paspor dan bukti izin tinggal (kalau di Italy berupa Permesso di Soggiorno) dari pengundang.
  9. Bukti asuransi perjalanan, asuransi perjalanan harus atas nama pemohon visa, berlaku selama melakukan perjalanan ke wilayah Schengen, dan dapat menanggung minimal EUR 30.000. Agen asuransi yang biasa dipakai oleh pelajar di London (untuk annual multi trip ke Eropa) antara lain Money Super Market (1 tahun GBP 35.00), Insure and Go (1 tahun GBP 30.99), Coverwise, dan Post Office (1 tahun GBP 34.52). Saya sendiri pakai Insure and Go. Anak saya yang akan berumur 1 tahun saat perjalanan nanti ikut dalam polis asuransi tersebut dan ternyata tidak ada biaya tambahannya. Untuk asuransi dari Post Office agak rumit kalau tidak terdaftar di GBP dan sebagainya (Fadhila Hijria). Untuk yang mengajukan visa sebagai keperluan studi misalnya untuk conference, bisa pakai asuransi perjalanan dari universitas, gratis (Ian). Saya sendiri pernah pakai dari UCL saat field trip ke Indonesia.
  10. Pembayaran, dilakukan secara langsung, dibayarkan saat janji temu secara tunai. Per November 2018 total biayanya adalah GBP 68.05 per orang (dewasa), GBP 45.85 per anak (umur di atas 6 tahun), dan GBP 14.65 per anak (umur di bawah 6 tahun).

JANJI TEMU PENGAJUAN APLIKASI VISA

Setelah berkas dan dokumen persyaratan lengkap maka langkah selanjutnya adalah: Membuat Janji Temu di Pusat Aplikasi Visa Italy di London. Selain di London, janji temu bisa juga dilakukan di Pusat Aplikasi Visa di Manchester atau Edinburgh. Saat membuat janji temu di aplikasi tersebut, perhatikan hal-hal berikut:

  • Isi nomor paspor yang benar.
  • Isi tanggal lahir dan tanggal berakhir masa berlaku paspor.
  • Isi nama lengkap sesuai dengan paspor.
  • Isi nomor telepon dan alamat surat elektronik yang benar.

Setelah berhasil membuat janji temu secara online, cetak appointment letter yang akan dikirimkan melalui email dan hasil cetak tersebut wajib dibawa saat janji temu. Saat janji temu, yang dilakukan adalah pemeriksaan berkas, pembayaran visa (hanya bisa secara tunai), dan pengambilan data biometrik (foto dan sidik jari). Tidak ada wawancara (interview) dalam janji temu pengajuan aplikasi visa ini.

PENGAMBILAN PASPOR DAN KEPUTUSAN APLIKASI VISA

Pengambilan paspor dan keputusan aplikasi visa (biasanya selesai dalam 5-10 hari kerja) hanya bisa dilakukan pada hari kerja (Senin-Jumat) pukul 16.00 – 17.30 GMT. Pengambilan paspor harus membawa receipt (tanda terima permohonan visa) dan fotokopi paspor.

Pengambilan bisa diwakilkan oleh orang lain dengan menyertakan tanda terima permohonan visa, surat kuasa (yang menjelaskan hubungan pemohon visa dengan pengambil visa), dan fotokopi paspor yang diwakilkan dan yang mewakilkan.

KONTAK VFS GLOBAL

Italy Visa Application Centre
66 Wilson Street
EC2A 2BT London
Email: info.schengen@vfshelpline.com
Telepon: +44 871 376 0023

INFORMASI LAINNYA

Informasi berikut merupakan informasi tambahan dari teman-teman pelajar di London yang mengajukan aplikasi Schengen dari negara selain Italy mengenai lama proses pengajuan visa dan durasi masa berlaku visa yang diberikan. Oia, untuk yang ingin dapat visa dengan masa berlaku di atas 6 bulan, katanya, 1 orang harus memiliki tabungan di current account minimal £2500-£5000 (Linda).

  • Czech. Prosesnya 5 hari kerja dan masa berlaku visa hanya diberikan sesuai durasi perjalanan yang ada di tiket pesawat (Ilma Aulia Zaim).
  • Austria. Senin mengajukan aplikasi, Kamis sudah selesai, masa berlaku hanya 19 hari dan single entry, padahal mengajukan yang multiple entry (Kristian Wongso)
  • France. Prosesnya cepat sekali, 2-3 hari biasanya sudah jadi, tetap amannya ajukan di 5 hari kerja sebelum tanggal keberangkatan. Masa berlaku yang diberikan biasanya cukup lama 6 bulan hingga 1 tahun, namun untuk membuat janji temu (appontment) cukup sulit menemukan tanggal yang tersedia (ramai). Biasanya kalau sudah mengajukan Visa Schengen yang kedua kali juga langsung diberikan visa dengan masa berlaku 1 tahun (Ian, Simson Sinaga, Risa Imanillah).
  • Denmark. Waktu proses visa cepat sekali, 2-3 hari selesai. Paling baik karena masa berlaku yang diberikan 3 bulan hingga sebelum BRP habis masa berlaku, bisa hemat tidak perlu mengajukan visa berulang kali (Risa Imanillah), namun sepertinya bisa diberi lama kalau sudah pernah diberikan visa schengen. Ada juga yang diberikan masa berlaku 6 bulan karena ada surat keterangan dari universitas untuk field trip (Annisa D. Lazuardini) dan 3 bulan (Stephanie Tatimu) dengan proses pengajuan 5 hari kerja.
  • Spain. Pelit, hanya memberikan satu bulan dengan single entry (Ryan Darma). Ada juga yang hanya dapat masa berlaku 5 hari saja (Nura).
  • Netherland. Proses mengajukan visanya cukup lama, minimal 15 hari kerja (2-3 minggu), tidak seperti negara lain yang kurang dari seminggu sudah selesai. Tapi dengan membeli polis asuransi untuk 1 tahun, masa berlaku yang diberikan hingga 1.5 tahun, tidak seperti negara lain Portugal, Germany, dan Greece yang maksimal hanya memberikan masa berlaku selama 4 bulan (Nura A.).
  • Germany. Mengajukan hari Selasa, hari Jumat selesai (Yetty Grace). Masa berlakunya 4 bulan, namun ada juga yang diberikan durasi pendek sesuai itinerary (Nura A., Juan Untung).

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s