Selain baju lokal, yang ulasannya sudah saya tulis di Review: Baju Bayi Merk Lokal (Fluffy, Libby, Velvet, Nova, Miyo, Boogy Baby, dll), saya juga ingin membahas mengenai baju bayi brand impor. Kebetulan saya sendiri memang berdomisili di London, Inggris. Jadi sangat mudah untuk mendapatkan baju bayi dengan merk di atas tanpa harus khawatir membeli yang palsu. Sebenarnya baju bayi merk impor dapat dengan mudah didapatkan di Indonesia, asal dibeli langsung di tokonya (biasanya terdapat di pusat perbelanjaan misalnya, mothercare, next, dan lainnya), walaupun harganya bisa selangit. Sebisa mungkin hindari beli di toko perlengkapan bayi yang terletak di ITC Kuningan, ITC Mangga Dua, dan ITC lainnya, karena banyak yang menjual carter’s palsu (kecuali memang mau beli baju bayi brand lokal, lebih baik ke ITC).

REVIEW

Mothercare. Baju bayi Mothercare tergolong mudah didapatkan karena tokonya banyak tersebar di mall-mall besar di Indonesia. Untuk bodysuit dan sleepsuit, bahannya katun, tebal namun tidak panas, masih cocok untuk dipakai di Indonesia dengan iklim yang panas (asal tidak berlapis-lapis ya pakainya). Untuk bayi saya, dari newborn hingga sekarang berumur 12 bulan, saya langganan beli merk ini untuk baju basic yang dipakai di rumah, yaitu sleeveles bodysuit dan sleepsuitnya, karena di UK brand Mothercare ini termasuk murah (apalagi saya hanya beli yang warna putih, saya memang suka yang polos, jadi lebih murah lagi kalau diskon, hehe). Dicuci berkali-kali tidak jadi melar, kusam, dan berbulu (gerindil-gerindil). Kekurangannya, kalau di Indonesia harganya super mahal, kalau tidak salah bisa sampai Rp 400.000 per set (3 sleepsuit). Padahal kalau beli di UK pas lagi diskon, hanya £6 per set (3 sleepsuit). Bayangkan beda jauh ya harganya. Sedikit tips, mothercare indonesia online kadang suka mengadakan sale event, lebih baik berlangganan newsletter jadi bisa dapat informasi lebih dulu saat ada diskon.

Bonds. Sebenarnya ini merk dari Australia, tapi saya jatuh cinta sekali dengan baju bayi merk Bonds ini, khususnya seri yang wondersuit. Saya malas memakaikan bayi saya atasan dan bawahan, lebih suka memakaikan sleepsuit (baju bayi yang terusan), lebih praktis. Sekarang bayi saya sudah tidak bisa diam saat dipakaikan baju, jadi kalau pakai kancing suka keburu nangis, tapi karena merk bonds ini pakai zip, jadi langsung sret sret sret selesai, pakai bajunya gak kejar-kejaran lagi. Satu lagi, kakinya juga terbuka (bolong), tidak seperti sleepsuit dari Mothercare yang tertutup, jadi untuk bayi yang sudah mulai merangkak dan belajar jalan, lebih baik beli sleepsuit model kaki terbuka. Biasanya untuk pagi-siang di rumah saya pakaikan sleepsuit Bonds, untuk malam saat sudah mau tidur baru saya pakaikan sleepsuit Mothercare.

Zara. Biasanya untuk baju pergi dan winter wear (jaket, topi, sarung tangan), saya selalu beli di Zara tapi hanya saat diskon akhir tahun. Bahannya premium, kualitasnya bagus, dan awet. Model dan warnanya juga tidak norak, favorit banget kalau ke Zara udah satu taste sama saya. Kebetulan saya sangat tidak suka warna-warna cerah, jadi kebanyakan baju bayi saya itu warna putih polos untuk dirumah dan untuk baju pergi hanya hitam, navy, cokelat, dan abu. Hampir tidak ada baju yang melar setelah cuci pakai, tidak seperti merk H&M.

H&M. Untuk baju basic seperti bodysuit dan sleepsuit, bahannya lebih tipis dari Mothercare, tapi tetap halus. Koleksi untuk baju perginya juga bagus-bagus. Cuttingnya pas dan bagus di badan bayi saya. Dicuci berkali-kali warna tidak luntur dan tidak berudul, tapi lama kelamaan agak sedikit melar (di bagian lehernya biasanya).

Next. Saya tidak punya baju rumah brand Next, karena kalau sale selalu kehabisan. Tapi di Inggris, merk Next termasuk merk yang menjadi favorit ibu-ibu disini. Untuk baju pergi punya beberapa. Cuttingnya sedikit lebih besar daripada merk-merk lain. Personally, tidak terlalu suka modelnya, karena untuk baju pergi paling suka brand Zara atau H&M.

Marks & Spencer. Baju pergi dari Marks & Spencer bahannya premium, kualitasnya bagus, modelnya klasik, warnanya dan motifnya tidak norak. Sayang kalau sedang diskon di Inggris, sering kehabisan, baik online maupun offline di toko.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s